Warisi Peninggalan Lionel Messi, Ansu Fati Pakai Nomor 10 Barcelona

Warisi Peninggalan Lionel Messi, Ansu Fati Pakai Nomor 10 Barcelona

- in DAERAH, DUNIA, NASIONAL, OLAHRAGA, PROFIL
21
0
Warisi Peninggalan Lionel Messi, Ansu Fati Pakai Nomor 10 Barcelona. - Foto: Ansu Fati Pakai Nomor 10 Barcelona.(Getty Images)Warisi Peninggalan Lionel Messi, Ansu Fati Pakai Nomor 10 Barcelona. - Foto: Ansu Fati Pakai Nomor 10 Barcelona.(Getty Images)

Ansu Fati mewarisi nomor 10 Lionel Messi di Barcelona. Pemain berusia 18 tahun itu diharapkan tidak terbebani tidak tertekan dengan warisan itu. 

Nomor 10 di Barcelona pernah dipakai pemain-pemain top, terakhir sudah tentu Lionel Messi. 

Sebanyak 16 Musim berseragam Barcelona dari tahun 2005 (di skuad utama) sampai 2021, Messi mempersembahkan 30-an trofi. 

Messi menjadi ikon klub dan kebanggaan Barcelona. Sayang, cerita manis Messi dan Barca berakhir di musim panas ini kala kontraknya sudah habis dan tidak diperpanjang. 

Messi melanjutkan petualangannya ke PSG. Barcelona harus mencari penggantinya. 

Dilansir dari Marca, nomor 10 Lionel Messi tak lama kosong. Pewarisnya sudah ada, yakni Ansu Fati. 

Ansu Fati merupakan pemain jebolan akademi Barca. Tahun 2020 lalu, Ansu Fati menembus skuad utama. 

Ansu Fati yang kini berusia 18 tahun memang disebut-sebut sebagai calon pemain top. Penyerang sayap itu punya kemampuan dribel yang sip dan kemampuan mencetak gol yang oke. 

Ansu Fati sendiri memakai nomor punggung 22 di musim lalu. Musim ini, dirinya resmi akan memakai nomor punggung 10. 

Ansu Fati pun diyakini akan bermain pada akhir pekan kala Barcelona menghadapi Getafe pada pekan ketiga Liga Spanyol pada Minggu (29/8/2021) pukul 22.00 WIB. 

Musim lalu, Ansu Fati hanya bermain tujuh kali dengan raihan empat gol dan satu assist. Sayangnya, dirinya mengalami cedera horor ketika kontra Real Betis di November 2020. 

Tulang rawan kirinya robek, sehingga harus menutup musim lebih cepat. Dirinya pun beberapa kali menjalani operasi. 

Barcelona dan para fansnya diminta untuk tidak memberi ekspektasi besar kepada Ansu Fati. Sebab, dirinya masih sangat muda, butuh waktu untuk berkembang, dan baru main lagi setelah 11 bulan absen. 

Sebelum era Messi, nomor 10 di Barcelona dipakai oleh Ronaldinho, Juan Roman Riquelme, dan Rivaldo. Mereka sudah membuktikan diri sebagai pemain top dunia. 

Ansu Fati baru memulai langkahnya. Tentu, butuh waktu yang tidak sebentar. 

Ansu Fati resmi memakai nomor punggung 10 di Barcelona setelah diumumkan oleh Barcelona. 

Pengumuman tersebut disampaikan Barcelona di laman resminya, Rabu (1/9/2021) sore WIB. Ansu Fati menjadi pemain bernomor punggung 10 Blaugrana di musim 202/2021. 

Ansu Fati memiliki nomor baju baru. Setelah mengenakan nomor 22 lalu 17, striker muda Barca akan dengan bangga mengenakan nomor punggung 10, jersey terkenal yang sebelumnya dipakai oleh para legenda seperti Leo MessiRonaldinho dan Rivaldo,” begitu isi pernyataan resmi Barcelona. 

“Meski baru berusia 18 tahun dan masih belum pulih dari cedera, Ansu Fati menjadi bagian dari sejarah Barca sebagai pemecah rekor dan juga bersama Tim Nasional Spanyol. Sejak debutnya pada Agustus 2019, anak muda ini telah mencetak rekor di liga dan Liga Champions,” lanjut pernyataan Barcelona. 

Nomor 10 Barcelona sebelumnya sempat vakum, menyusul kepergian Lionel Messi ke Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas ini. 

La Pulgajulukan Lionel Messi, sudah mengenakan nomor tersebut sejak musim 2008/2009 menggantikan Ronaldinho. 

Sempat tercetus ide dari para penggemar untuk mengistirahatkan nomor 10 Barcelona demi menghormati pencapaian Messi di Camp Nou. Namun, gagasan tersebut berbenturan dengan peraturan Liga Spanyol. 

LaLiga mewajibkan seluruh tim untuk mendaftarkan 25 pemain dengan nomor punggung yang berurutan.  

Apabila ada satu nomor yang dihilangkan, maka tim tersebut hanya bisa mendaftarkan 24 pemain saja. 

Pemilihan Ansu Fati sebagai pemilik nomor 10 baru Barcelona sudah diprediksi sebelumnya oleh beberapa pihak.  

Selain merupakan bintang jebolan La Masia, pemain kelahiran Guyana-Bissau ini juga digadang-gadang sebagai penerus Messi di Los Cules. 

Barcelona kemudian memberikan nomor punggung 10 kepada Ansu Fati. Striker berusia 18 tahun itu sebelumnya sempat memakai nomor punggung 22 dan 17. 

Presiden Barcelona, Joan Laporta berbagi cerita tentang seragam nomor 10 yang kini jadi milik Ansu Fati. Ansu Fati mau menerimanya asal mendapat ijin dari para kapten Barcelona. 

Setelah Lionel Messi pergi, kapten Barcelona kini dijabat oleh Sergio Busquets. Sementara tiga wakil kapten Barcelona adalah Gerard PiqueSergi Roberto, dan Jordi Alba. 

“Itu tindakan yang berani darinya. Faktanya, ketika itu diberikan kepadanya, dia bilang di akan memakai no 10 kalau para kapten memberinya izin,” tutur Joan Laporta kepada Esport3 seperti dilansir Sport. 

“Juga, berkat itu, kami bisa menggunakan posisi lain di tim utama, karena nomor itu punya beban bebas dan secara logis, tidak ada yang mau mengambilnya,” tandasnya. 

Ansu Fati melakukan debutnya di tim utama Barcelona pada Agustus 2019 saat masih berusia 16 tahun. Hingga kini, dia mencatatkan 43 kali penampilan bersama Blaugranajulukan Barcelona, dan mencetak 13 gol.***

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like