Utamakan DPR dan Keluarganya Untuk Tes Covid-19, Buruh: Dasar Manusia Egois

Utamakan DPR dan Keluarganya Untuk Tes Covid-19, Ketua Umum Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP) Jumisih: Itu Tindakan Egois.
Utamakan DPR dan Keluarganya Untuk Tes Covid-19, Ketua Umum Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP) Jumisih: Itu Tindakan Egois.

Rencana melakukan tes Covid-19 dengan mengutamakan anggota DPR dan keluarganya adalah tindakan yang sangat egois.

Ketua Umum Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP) Jumisih menyatakan, rencana tes Covid-19 tidak boleh dilakukan dengan cara-cara egois begitu.

“Yang dilakukan anggota DPR dan keluarganya itu sebagai sikap egois. Elite politik jangan egois,” kata Jumisih dalam keterangan tertulis, Kamis (26/03/2020).

Menurut Jumisih, anggota DPR tidak selayaknya menggunakan keistimewaan posisi mereka untuk mengantisipasi virus corona.

Sementara masih terdapat jutaan rakyat yang harus menanggung ancaman virus corona. Bahkan keselamatan jiwa dan keamanan ekonominya terancam.

Jumisih mengungkapkan, di tengah wabah corona tersebut, banyak jutaan buruh padat karya yang notabene penopang ekonomi terus bekerja.

Aktivitas para buruh tersebut paling berisiko terjangkit Covid-19, karena tiap hari buruh padat karya terus berimpitan dan bekerja tanpa alat perlindungan diri yang mencukupi.

Terlebih, dalam situasi krusial seperti ini, pemerintah juga belum memiliki inisiatif membuat program dengan meluncurkan tenaga kesehatan mendatangi pabrik dan kawasan industri.

“Anggota dewan memang perlu diperiksa kesehatannya, tapi kenapa lebih penting dibanding memeriksa pabrik, kawasan industri dan permukiman buruh yang padat?,” ujarnya.

Jutaan buruh padat karya bukan saja sekarang masih dalam jumlah ribuan di setiap ruang pabrik tanpa sarana perlindungan diri dari virus corona. Dia mengatakan, para buruh saat ini terancaman keselamatannya.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan