Urusan Pilkada Serentak 2020, TNI Netral

Urusan Pilkada Serentak 2020, TNI Netral. – Foto: Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0824 Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin.(Net)
Urusan Pilkada Serentak 2020, TNI Netral. – Foto: Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0824 Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin.(Net)

Perhelatan Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak (Pilkada Serentak) 2020 yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang sudah kian ramai.

Para calon Kepala Daerah yang akan maju dalam perhelatan politik itu sudah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karena itu, anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus netral dalam perpolitikan itu.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0824 Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin menekankan kepada pasukannya, bahwa TNI netral dalam perhelatan Pilkada Serentak ini.

Dia menjelaskan, sebagaimana telah diketahui, para Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati telah mendaftarkan diri ke KPU Jember untuk mengikuti Pilkada Serentak yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang, maka setiap anggota TNI, khususnya yang berada di Jember, harus selalu mempedomani netralitas TNI.

“Laksanakan tugas pengamanan dengan baik. Sekali lagi, tetap jaga netralitas TNI,” tutur Dandim 0824 Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, dalam siaran pers yang diterima, Senin (07/09/2020).

Dandim 0824 Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin juga menyampaikan selamat kepada seluruh Pasangan Calon yang telah mendaftarkan diri dan akan mengikuti Pilkada Serentak 2020.

“Selamat kepada seluruh Bapaslon yang telah mendaftarkan diri dan selamat berkontestasi pada Pilkada Serentak 2020,” ujarnya.

Kemudian, Dandim 0824 Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin juga berharap, masyarakat Jember tetap menjaga situasi yang aman, damai, santun dan demokratis dalam Pilkada ini.

“Kepada masyarakat, mari kita wujudkan Pilkada Jember yang demokratis, santun dan bermartabat, serta tetap jaga persatuan dan kesatuan,” pungkas Dandim 0824 Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 saat ini sudah melalui tahapan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Jember yaitu tanggal 04-06 September 2020.

Hingga Minggu (06/09/20200, Panitia Pendaftaran di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Jember (KPUD Jember), telah menerima berkas dari 3 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember.

Pada Jum’at (04/09/2020), dilakukan pendaftaran oleh Paslon Ir H Hendy Siswanto-KH MB Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun), diantar oleh segenap partai pengusungnya yaitu  Gerindra,  Nasdem, Demokrat, PPP, PKS dan Berkarya (Tomy S).

Selanjutnya, pada Sabtu (05/09/2020) dilakukan pendaftaran oleh Paslon H Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan), yang dikawal oleh partai pengusungnya yaitu Partai PDIP, PKB, PAN, Golkar, Berkarya (Muhdi PR).

Sedangkan pada hari terakhir, Minggu (06/09/2020), pendaftaran oleh petahana yaitu dr Hj Faida, MMR berpasangan dengan Dwi  Arya Nugraha Oktavianti (Faida-Vian), yang berangkat mencalonkan  melalui jalur independen.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan