Breaking News

Tiga Ormas Besar Bertekad Solidkan Barisan Untuk Indonesia, FBR, BPPKB dan Pemuda Pancasila Deklarasikan Sekber Cilincing

Tiga Ormas Besar Bertekad Solidkan Barisan Untuk Indonesia, FBR, BPPKB dan Pemuda Pancasila Deklarasikan Sekber Cilincing. Tiga Ormas Besar Bertekad Solidkan Barisan Untuk Indonesia, FBR, BPPKB dan Pemuda Pancasila Deklarasikan Sekber Cilincing.

Indonesia memerlukan organisasi masyarakat atau ormas yang solid dalam menopang kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, ancaman perpecahan yang sering dilakukan segelintir orang, tidak akan terjadi, karena ormas-ormas solid dan mencintai Indonesia.

Konsolidasi dan kebersamaan ormas-ormas itu harus terus ditingkatkan. Hubungan yang harmonis perlu terus dipupuk.

Misal, tiga ormas besar di Jabodetabek kompak menyelenggarakan berbagai kegiatan bersama dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI ke-74 di Rusun Cilincing, Jakarta Utara, 17 Agustus 2019.  Ketiga ormas itu adalah Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar Banten  (BPPKB), Forum Betawi Rempug (FBR) dan Pemuda Pancasila (PP).

Acara diawali upacara pengibaran bendera merah putih dan pembacaan naskah proklamasi. Selanjutnya dilakukan Deklarasi Sekretariat Bersama (Sekber) Cilincing, Jakarta Utara. Yang dirangkaikan dengan macam lomba maupun atraksi hiburan, seperti lomba balap karung, atraksi pencak silat, dan debus.

Melalui kegiatan ini, meskipun ormas-ormas yang datang berbeda-beda tetapi terlihat begitu solid satu dengan yang lain. Dengan adanya kegiatan bersama ini, diharapkan mampu mengurangi aktivitas-aktivitas negatif yang ada di wilayah.

Ketua FBR Ranting Cilincing, Madsari menyatakan, dengan adanya kegiatan bersama antar ormas yang baru pertama kali dilakukan ini, memberikan nuansa baru dan manfaat tersendiri. Keberadaan ormas-ormas tersebut menjadi lebih diterima oleh masyarakat dengan baik.

Madsari mengatakan, FBR  menginginkan Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara menjadi contoh bagi rekan-rekan ormas lainnya di kawasan Jabodetabek. “Agar bisa bersinergi kepada semua ormas yang ada,” ujarnya.

Dengan dibentuknya Sekretariat Bersama (Sekber) Ormas, lanjutnya, akan memperlihatkan kepada masyarakat hubungan yang harmonis dan solid.

“Di sinilah kita akan tunjukkan bagaimana keberadaan ormas di masyarakat bisa disenangi. Maka dalam rangka HUT RI ke-74 ini kita buatkan suatu kegiatan yang diisi dengan berbagai macam lomba. Seperti lari maraton keliling kampung, balap karung, dan sebagainya. Ajang upacara bendera dan lomba ini diselenggarakan agar persatuan tetap terjaga dan demi keutuhan NKRI,” tutur Madsari.

Hal senada juga dinyatakan  Ketua sekaligus Pendiri Koperasi Nelayan dan Pemuda Cilincing, Yoseph VM Talaud. Menurut Pria  berdarah Ambon ini, dengan kegiatan bersama seperti HUT Kemerdekaan RI ke-74 bertema Persatuan  dan Kesatuan  di Hati Kita itu,  semua ormas, terutama di Jabodetabek bersatu untuk masyarakat dan Indonesia.

“Sebaiknya bisa melihat dan mencontoh kegiatan ini.  Ormas-ormas bisa bersatu dengan masyarakat, dengan tidak saling membenci. Tidak ada permusuhan,” ujar Yoseph.

Dia menegaskan, semua ormas mau duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Bergandengan tangan untuk memajukan Indonesia.

“Marilah kita duduk sama rendah, berdiri sama tinggi dan bergandengan tangan untuk memajukan NKRI yang kita cintai. Keberadaan ormas ini juga berkomitmen untuk mendukung program ke depan supaya negara kita maju,” ajaknya.

Ketua Pemuda Pancasila Ranting Cilincing, Suhaedi, berjanji akan tetap menjaga kesolidan dan kebersamaan.

“Kita akan selalu solid. Karena itu kita juga akan selalu menjaga keakraban di dalam organisasi kita sendiri,” ujar Edi.

Kegiatan digelar di area pemukiman padat penduduk. Masyarakat sekitar begitu antusias. Mereka juga berniat melakukan dan mengembangkan kegiatan-kegiatan seperti itu, untuk kebersamaan di wilayah lain.

“Mengingat kegiatan hari ini merupakan kegiatan perdana dan menjadi bagian dari tanggungjawab ormas dalam rangka ikut serta menjaga keamanan masyarakat,” ujarnya.

Ketua Sekber Kecamatan Cilincing, Jamah Sari memaparkan, kegiatan memang dimulai dalam rangka HUT Kemerdekaan RI. Ke depan, ia berharap Indonesia tidak akan pernah terpecah belah.

“Ormas-ormas  yang hadir saat ini setidaknya mampu menunjukkan rasa persatuan dan kesatuan. Sehingga bisa ditiru oleh ormas-ormas lainnya di seluruh tanah air,” ujar Jamah Sari.

Dia juga menegaskan, ormas adalah agen-agen persatuan dan kesatuan yang menjunjung tinggi NKRI.

Banyaknya ancaman yang berpotensi memecah belah Indonesia, lanjutnya, melalui faham-faham yang bertentangan dengan Pancasila,  juga sebagai kesadaran baru lahirnya Sekber itu di tengah-tengah masyarakat. Sekber akan menjadi perekat dan penjaga merah putih.

“Kami gabungan ormas dan Koperasi Mina Lautan Biru, Cilincing berkomitmen merajut persatuan dan kesatuan Indonesia dengan ke-Bhinekaan Tunggal Ika,” tegas Jamah Sari.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*