Ternyata Parkindo Bangkit dari Kubur, Lukman Doloksaribu Terpilih Sebagai Ketua Umum, Besli Pangaribuan Terpilih Sebagai Sekjen, Proficiat Bung!

Ternyata Parkindo Bangkit dari Kubur, Lukman Doloksaribu Terpilih Sebagai Ketua Umum, Besli Pangaribuan Terpilih Sebagai Sekjen, Proficiat Bung!

- in DAERAH, NASIONAL, POLITIK, PROFIL
475
0
Ternyata Parkindo Bangkit dari Kubur, Lukman Doloksaribu Terpilih Sebagai Ketua Umum, Besli Pangaribuan Terpilih Sebagai Sekjen, Proficiat Bung! - Foto: Partisipasi Kristen Indonesia Parkindo).(Net)Ternyata Parkindo Bangkit dari Kubur, Lukman Doloksaribu Terpilih Sebagai Ketua Umum, Besli Pangaribuan Terpilih Sebagai Sekjen, Proficiat Bung! - Foto: Partisipasi Kristen Indonesia Parkindo).(Net)

Ternyata ormas Partisipasi Kristen Indonesia (Parkindo) belum finished. Malah mulai bangkit dari kubur yang menderanya selama puluhan tahun ini. 

Hal itu terbukti dengan terpilihnya Senior Lukman Doloksaribu sebagai Ketua Umum Parkindo, dan Senior Besli Pangaribuan sebagai Sekjen Parkindo, pada Munas Ke-4 Parkindo, yang digelar di Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/11/2021). 

Kedua mantan aktivis di Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) itu terpilih setelah melalui proses yang alot di Munas ke-4 Parkindo. Sebab, lawan mereka, disebut seorang bekas Birokrat kaya raya, dan sudah ‘menyiram’ sejumlah Tim Suksesnya yang juga sejumlah senior GMKI yang sudah tua-tua dengan uang. 

Ketua Umum DPP Parkindo terpilih, Lukman Doloksaribu mengatakan, dirinya sendiri merasa terusik dengan sepak terjang sejumlah pengurus demisioner, dan sejumlah senior-senior tua yang berkolaborasi dengan Si Birokrat Kaya Raya dan kawan-kawannya, yang menjadi lawan politiknya pada Munas ke-4 Parkindo ini. 

Untuk organisasi seperti Partisipasi Kristen Indonesia (Parkindo), menurut Lukman Doloksaribu yang merupakan Senior GMKI Bandung ini, sangat tidak etis mengedepankan hamburan uang untuk merebut kursi Parkindo 1.  

Juga, lanjut Lukman, sikap sombong dan anggap sepele para aktivis yang loyal terhadap visi misi Parkindo, akan terjatuh, nyungsep dan hanya menemui kehampaan. 

Parkindo, katanya lagi, yang berbasis Kekristenan dan bertuhankan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Kepala Gerakan dan Kepala Gereja, hendaknya tidak petantang-petenteng dengan banyaknya uang yang dipertontonkan calon. 

“Kesombongan, keangkuhan dan mengedepankan banyaknya uang dalam pelayanan di Parkindo, pasti akan jatuh. Itu sudah disampaikan Tuhan Yesus Kristus, Tuhan dan Juru Selamat kita, sejak ribuan tahun lalu,” tutur Ketua Umum Parkindo terpilih Lukman Doloksaribu, Jumat malam (26/11/2021). 

Hal senada disampaikan Sekretaris Jenderal Partisipasi Kristen Indonesia (Sekjen Parkindo) terpilih, Besli Pangaribuan. 

Menurut senior GMKI Medan ini, dirinya yang berusia lebih muda dari para senior di Parkindo, selama ini selalu mengalami penentangan dan penjegalan. 

Alasan usia lebih muda, kata Besli Pangaribuan, selalu dijadikan untuk menjegal dirinya mencalonkan diri sebagai Sekjen DPP Parkindo. 

“Semoga ini menjadi pelajaran dan pengalaman kepada kawan-kawan aktivis yang lebih muda, agar ke depan tidak menjegal-jegal aktivis yang lebih muda untuk maju karena usianya,” ujar Besli Pangaribuan. 

Besli berharap, Parkindo juga akan perlahan bangkit dari kubur. Sebab, selama ini sering dianggap sudah mati suri. 

Regenerasi Parkindo dengan tetap pada visi misinya sebagai Ormas Kekristenan bersama Wali Songo Lembaga Keumatan, untuk melayani dalam semangat nyata Oikumenisme yang inklusif dan nasionalis. 

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI Jakarta), Jhon Roy P Siregar menyambut baik terpilihnya Lukman Doloksaribu sebagai Ketua Umum DPP Parkindo dan Besli Pangaribuan sebagai Sekjen DPP Parkindo. 

Dengan terpilihnya kedua mantan aktivis GMKI ini, Siregar berharap Parkindo akan bisa semakin hidup, dan melakukan regenerasi yang stabil ke depannya. 

Selain itu, imej kurang bagus terhadap Parkindo selama puluhan tahun, karena dianggap mati suri dan hanya tempat kumpul-kumpul sejumlah orang-orang tua untuk bermain catur dan atau bermain kartu remi, harus segera dibersihkan. 

“Semoga Parkindo tidak seperti anggapan dan sebutan orang selama ini, yang menyebutnya sebagai Parkinson, yang sering dipelesetkan untuk menyebut Parkindo.  Kami para kaum muda, siap mendukung dan bersama-sama untuk menghidupkan dan menghidupi Parkindo. Eksistensi Parkindo sebagai salah satu Ormas Kekristenan yang bernas, berintegritas dan progresif adalah juga dambaan kita semua,” tutur Jhon Roy P Siregar. 

Sebagai salah satu organisasi yang disebut sebagai bagian dari Wali Songo Lembaga Keumatan Kristen, Parkindo wajib didukung dan dihidupkan, serta dimajukan secara bersama-sama. 

Parkindo sebagai Partai Politik yang kini sebagai ormas, juga tidak terlepas dari para aktivis yang berbasis dari Salemba Raya 10, Jakarta Pusat. 

Salemba Raya 10 di Jakarta Pusat memang dikenal sebagai basis berdiri dan bergeraknya lembaga keumatan Kristen, yang kemudian sering disebut sebagai ‘Wali Songo’. 

Wali Songo Salemba Raya 10 itu adalah Gerakan Siswa Kristen Indonesia (GSKI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI), Persatuan Petani Kristen Indonesia (Pertakin), Kesatuan Pekerja Kristen Indonesia (Kespekri), Lembaga Kebudayaan Kristen Indonesia (Lekrindo), Partai Kristen Indonesia (Parkindo) yang kini menjadi Partisipasi Kristen Indonesia (Parkindo), Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI), yang semua bernaung dan bersinergi dengan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI). 

Mantan aktivis GMKI ini juga mengajak seluruh elemen Wali Songo, untuk bersama-sama menghidupkan dan menghidupi Parkindo. 

Proficiat, selamat kepada Parkindo yang sukses melaksanakan Munas ke-4, dengan terpilihnya Lukman Dolosaribu sebagai Ketua Umum DPP Parkindo, dan Besli Pangaribuan sebagai Sekjen DPP Parkindo. Tuhan Yesus Kristus Sang Kepala Gerakan dan Kepala Gereja, kiranya menolong kita semua. Procifiat, Bung! Shalom, Ut Omnes Unum Sint, Ora Et Labora. Tuhan Yesus Kristus memberkati,” tandas Siregar.(J-RO) 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like