Breaking News

Temui Bupati, Gepenta Tobasa Kembangkan Karate Atasi Bahaya Narkotika dan Tawuran, Untuk Perekonomian Rakyat, Pengembangan Jamur Tiram Sangat Potensial

Dewan Pimpinan Kabupaten Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba Tawuran dan Anarkis (Gepenta) Tobasa dengan jajaran pejabat Kabupaten Tobasa, pada Rabu 06 November 2019.Rombongan dari DPK Gepenta Tobasa yakni Ketua DPK Gepenta Tobasa, Adi Susanto Marbun, Bendahara Gepenta Tobasa Marlinang Butar-butar, Ketua Gepenta Ikatan Motor Petrus Simanungkalit, Ketua Komandan Pasukan Inti Gepenta (Kopasti) Pasatu Lumbantoruan, Ketua Humas Gepenta Olmessi Sirait disambut oleh jajaran pemerintahan mewakili Bupati Tobasa Darwin Siagian, yakni Asisten I Bupati Tobasa Harapan Napitupulu, Plt Kadis Pariwisata Jhon Piter Silalalahi, Kabid Kewaspadaan, Ketahanan Nasional dan Ormas di Kesbangpol Partogi Tambunan, Kabid Diseprindag Ibu Dumaria Sinaga, dan Kabid Pemuda Dinas Pendidikan Tobasa Pintor Napitupulu. Pertemuan mulai digelar pada pukul 11.00 WIB, di Kantor Bupati Tobasa. DPK Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba Tawuran dan Anarkis (Gepenta) Tobasa dengan jajaran pejabat Kabupaten Tobasa, pada Rabu 06 November 2019. Pertemuan mulai digelar pada pukul 11.00 WIB, di Kantor Bupati Tobasa.

Untuk mengembangkan potensi masyarakat di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), skill bela diri karate dan pengembangan perekonomian rakyat berupa budi daya jamur tiram ditawarkan oleh Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba Tawuran dan Anarkis (Gepenta) kepada Bupati.

Hal itu terungkap dalam pertemuan audiensi yang dilakukan Dewan Pimpinan Kabupaten Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba Tawuran dan Anarkis (Gepenta) Tobasa dengan jajaran pejabat Kabupaten Tobasa, pada Rabu 06 November 2019.

Rombongan dari DPK Gepenta Tobasa yakni Ketua DPK Gepenta Tobasa, Adi Susanto Marbun, Bendahara Gepenta Tobasa Marlinang Butar-butar, Ketua Gepenta Ikatan Motor Petrus Simanungkalit, Ketua Komandan Pasukan Inti Gepenta (Kopasti) Pasatu Lumbantoruan, Ketua Humas Gepenta Olmessi Sirait disambut oleh jajaran pemerintahan mewakili Bupati Tobasa Darwin Siagian, pada pukul 11.00 WIB, di Kantor Bupati Tobasa.

“Ada beberapa rencana sosialisasi dan program kerja Gepenta Tobasa yang kami sampaikan, seperti skill bela diri karate, dan pengembangan jamur tiram sebagai bahan makanan, yang potensial menjadi salah satu alternative sumber penghasilan masyarakat,” tutur Ketua DPK Gepenta Tobasa, Adi Susanto Marbun, Kamis (07/11/2019).

Dia menjelaskan, Bupati Tobasa diwakili oleh sejumlah pejabatnya dalam pertemuan itu, yakni Asisten I Bupati Tobasa Harapan Napitupulu, Plt Kadis Pariwisata Jhon Piter Silalalahi, Kabid Kewaspadaan, Ketahanan Nasional dan Ormas di Kesbangpol Partogi Tambunan, Kabid Diseprindag Ibu Dumaria Sinaga, dan Kabid Pemuda Dinas Pendidikan Tobasa Pintor Napitupulu.

Pertemuan dibuka oleh Asisten I Bupati Tobasa Harapan Napitupulu yang mewakili bapak Bupati Tobasa. Selanjutnya pemaparan rencana program disampaikan dan dijelaskan oleh Adi Marbun Selaku Ketua Gepenta Tobasa.

Bendahara Gepenta Tobasa Marlinang Butar-butar menyampaikan rencana kegiatan Ekonomi Kreatif melalui UMKM, berupa budidaya jamur tiram yang telah dicoba manfaat kegunaan sebagai Stick Jamur.

“Sangat potensial dikembangkan. Sebab, kami sudah membuat makanan ringan dari stick jamur, yang mana bahan bakunya didapat dari hasil budidaya yang dibuat sendiri. Ini mampu mendorong dan mengajak masyarakat melalui Gepenta untuk menambah penghasilan,” tutur Marlinang Butar-butar.

Pengembangan produk ini, lanjutnya, dilakukan dengan aktivitas kreatif rumahan yang tidak menyita banyak waktu. “Hal ini dapat dilakukan disela-sela waktu senggang. Sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama,” jelas Marlinang Butar-butar.

Dia menyampaikan, banyak program UMKM dan Ekonomi Kratif yang sangat potensial untuk dikembangkan di Tobasa. Karena itu, peran serta pemerintah Kabupaten dan gepenta, sangat dinantikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ketua Komandan Pasukan Inti Gepenta (Kopasti) Pasatu Lumbantoruan menambahkan, untuk keolahragaan, dirinya dan Gepenta  skill yakni sebagai Guru Pelatih Karate.

Pasatu Lumbantoruan menyampaikan, dengan kerjasama Pemkab Tobasa bersama Gepenta, akan banyak melakukan kegiatan positif seperti mengajak masyarakat untuk belajar ketangkasan bela diri.

“Kiranya, kedepan ada perubahan besar, di mana seluruh lapisan masyarakat di Tobasa akan terbebas dari bahaya Narkoba, sekaligus mencegah tawuran dan anarkisme,” tutur Pasatu Lumbantoruan.

Asisten I Bupati Tobasa, Harapan Napitupulu yang mewakili Bapak Bupati Tobasa mengaku sangat bangga dan mendukung secara moril seluruh rencana program kegiatan Gepenta yang disampaikan.

Napitupulu berharap, kader Gepenta bisa berbuat yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat Toba Samosir. “Melalui program-program nyata,” ujar Harapan Napitupulu.

Pemkab Tobasa akan mendukung anggaran, dengan terlebih dahulu melakukan perencanaan di setiap SKPD Kabupaten Tobasa. “Harus direncanakan dan dibicarakan oleh setiap SKPD agar dapat di sinkronkan kebagian anggaran,” ujarnya.

Kabid Kewaspadaan, Ketahanan Nasional dan Ormas di Kesbangpol Partogi Tambunan mengatakan akan segera mengeluarkan SK keberadaan Gepenta Tobasa. Dia berharap, Gepenta Tobasa bisa bersinergis dalam kegiatan-kegiatan pemberantasan dan penyalahgunaan narkotika di Tobasa.

“Dalam waktu dekat, pada tanggal 14 November 2019 ini, kita akan akan menngadakan Sosialisasi Bahaya Narkoba, yang sasarannya kepada semua lapisan masyarakat segala usia,” ujar Partogi Tambunan.

Kabid Pemuda Dinas Pendidikan Tobasa Pintor Napitupulu juga membuka ruang melakukan kerjasama yang positif dengan Gepenta Tobasa. “Bisa melakukan program-program bersama dengan Dinas Pendidikan,” ujarnya.

Sedangkan, Kabid Diseprindag Dumaria Sinaga mengaku welcome dengan tawaran kerjasama dalam pengembangan produk untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. “Kita tindaklanjuti, nanti silakan datang lagi ke kantor untuk tindaklanjut, agar dapat melaksanakan perencanaan program bersama,” ujar Dumaria Sinaga.

Di akhir pertemuan, Ketua DPK Gepenta Tobasa, Adi Susanto Marbun menyampaikan terimakasih, serta akan menindaklanjuti sejumlah percakapan yang potensial untuk dilakukan bersama.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*