Tanpa Dihadiri Komandan, Kodam V Brawijaya Lakukan Uji Kemampuan Teritorial Personel Kodim 0824 Jember

Tanpa Dihadiri Komandan, Kodam V Brawijaya Lakukan Uji Kemampuan Teritorial Personel Kodim 0824 Jember.

Tim Pengawasan Dan Evaluasi Kemampuan Teritorial dari Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya menguji kemampuan territorial personil Komando Distrik Militer (Kodim) 0824 Jember.

Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) itu dilakukan pada Selasa, 30 April 2019, di Aula Kodim 0824 Jember.

Perwira Pembantu Madya (Pabandya) Kemampuan Teritorial (Puanter) Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf Kodam (Kasdam) V Brawijaya Letkol Inf Makmur Siagian bersama 2 orang anggotanya turun langsung melakukan pengawasan dan evaluasi itu.

Menurut Letkol Makmur Siagian, pelaksanaan Wasev ini merupakan upaya meningkatkan kemampuan prajurit dalam melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah.

“Kemampuan teritorial sendiri merupakan representasi dari hal-hal yang dilakukan oleh satuan kewilayahan dalam melaksanakan Pembinaan Teritorial, baik dari sisi kegiatan, dari sisi administrasi maupun dari sisi penggunaan anggarannya,” tutur Letkol Inf Makmur Siagian.

Pengecekan dilakukan terhadap perwakilan personil yang terdiri dari 5 orang Danramil dan 100 orang Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jajaran Kodim 0824 Jember, dengan materi pengisian cheklist dan wawancara.

Sebagai pendamping, mewakili Komandan Kodim 0824 Jember, Kapten Artileri Medan (ARM) M Ismuni menyampaikan permohonan maaf, karena Komandan Kodim 0824 Jember tidak dapat mendampingi kegiatan Wasev, dikarenakan ada kegiatan dinas di Malang.

Dia juga mengatakan, Kepala Staf Kodim 0824 juga sedang melaksanakan Tes Kesempataan Jasmani Pamen dan Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0824 di Malang. “Sehingga diwakilkan kepada saya,” ujar Kapten ARM M Ismuni.

Dalam kegiatan Wasev ini, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, menyampaikan permohonan maaf dan salam hormat kepada Tim Wasev Pabandya Puanter Letkol Inf Makmur Siagian, karena dirinya sedang kegiatan dinas di Korem 083 Baladhika Jaya.

Permohonan maaf itu disampaikan Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar lewat sambungan telepon saat dikonfirmasi.

Terkait pelaksanaan Wasev itu, Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan sangat mendukung.

Dengan adanya pengawasan dan evaluasi secara berjenjang dan periodik tersebut, akan lebih meningkatkan kemampuan anggota.

“Terutama dalam kemampuan pembinaan teritorial di wilayah binaan,” tutup Letkol Inf Arif Munawar.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan