Susunan Menteri dan Wamen Sudah Rampung, Kabinet Indonesia Maju Bagai Orkestra Keindonesiaan

Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr Emrus Sihombing: Susunan Menteri dan Wamen Sudah Rampung, Kabinet Indonesia Maju Bagai Orkestra Keindonesiaan.
Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr Emrus Sihombing: Susunan Menteri dan Wamen Sudah Rampung, Kabinet Indonesia Maju Bagai Orkestra Keindonesiaan.

Setelah rampunya penyusunan kabinet dan wakil menteri, barulah Kabinet Indonesia Maju (KIM) milik Presiden Joko Widodo itu disebut sebagai Orkestra Keindonesiaan. Tinggal menunggu dan melihat bagaimana orchestra ini akan memainkan nada-nada indah dalam pagelarannya.

Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr Emrus Sihombing menyatakan, beberapa hari sebelumnya desakan kepada Presiden Joko Widodo agar mempertimbangkan komposisi kabinetnya yang menggambarkan keterwakilan wilayah, geopolitik dan juga keterwakilan kepentingan-kepentingan suku-suku bangsa Indonesia sudah terjawab.

Dengan masuknya 12 wakil menteri (Wamen) itu berasal dari latar belakang yang beragam. Keterwakilan itu pun sudah hampir sempurna sebagai wajah Indonesia. Ada diplomat, dirut BUMN, relawan Jokowi, hingga elite partai politik. Total ada 12 orang Wamen yang masuk, termasuk Orang Pua dan Orang Dayak.

“Saya menyebutnya kini, dengan orchestra keindonesiaan. Keterwakilan itu sudah dipenuhi. Hampir sempurna. Kita akan melihat bagaimana orchestra ini melakukan pagelarannya,” tutur Emrus Sihombing, di Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Emrus Sihombing juga mengatakan, Oligarkiisme yang sedang diperdebatkan orang terjadi di KIM, tidak terbukti. Sebab, semua anggota kabinet, menggambarkan semua golongan, menggambarkan keindonesiaan, menggambarkan keterwakilan juga.

“Kabinet itu sekarang sudah menggambarkan keindonesiaan kita. Menggambarkan keterwakilan. Saya kira, oligarki itu tidak ada di situ,” ujarnya.

Ke 12 Wakil Menteri yang baru ditentukan itu adalah dari kaum professional; Budi Gunadi Sadikin (Direktur Utama Mining Industry Indonesia) sebagai Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmojo (Direktur Utama Bank Mandiri) sebagai Wakil Menteri BUMN, Mahendra Siregar (Dubes RI untuk Amerika Serikat) sebagai Wakil Menteri Luar Negeri, Alue Dohong (Deputi Badan Restorasi Gambut) sebagai Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan  Suahasil Nazara (Kepala Badan Kebijakan Fiskal) sebagai Wakil Menteri Keuangan.

Sedangkan dari partai politik ada 4 Wamen, yakni  Zainut Tauhid (PPP) sebagai Wakil Menteri Agama, Jerry Sambuaga (Golkar) sebagai Wakil Menteri Perdagangan, John Wempi Wetipo (PDIP) sebagai Wakil Menteri PUPR, Surya Tjandra (PSI) sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang, dan Angela Tanoesoedibjo (Perindo) sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’aruf Amin, ada Wahyu Sakti Trenggono (Pengusaha/Bendahara TKN) sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Serta, relawan jokowi yakni Budi Arie Setiadi (Ketum Projo) sebagai Wakil Menteri Desa dan PDTT.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan