Sumut Gelar 558 Pilkades Serentak, GMNI Gandeng Poldasu Bersama Masyarakat Jaga Persaudaraan

Sumut Gelar 558 Pilkades Serentak, GMNI Gandeng Poldasu Bersama Masyarakat Jaga Persaudaraan

- in DAERAH, NASIONAL, POLITIK
103
0
Sumut Gelar 558 Pilkades Serentak, GMNI Gandeng Poldasu Bersama Masyarakat Jaga Persaudaraan. - Foto: Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak bersama etua Dewan Pimpinan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Sumatera Utara (DPD GMNI Sumut), Daniel Jonathan Sigalingging.(Dok)Sumut Gelar 558 Pilkades Serentak, GMNI Gandeng Poldasu Bersama Masyarakat Jaga Persaudaraan. - Foto: Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak bersama etua Dewan Pimpinan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Sumatera Utara (DPD GMNI Sumut), Daniel Jonathan Sigalingging.(Dok)

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sumatera Utara mengajak jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) bersama seluruh elemen masyarakat di Sumut menjaga persaudaraan dan kekeluargaan dalam proses penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades Serentak) 2021. 

Ketua Dewan Pimpinan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Sumatera Utara (DPD GMNI Sumut), Daniel Jonathan Sigalingging menyebut, Sumut akan menggelar sebanyak 558 Pilkades Serentak. 

Di Pilkades-Pilkades terdahulu, menurut Daniel Jonathan Sigalingging, perhelatan pemilihan pemimpin di tingkat Desa itu sering kali menimbulkan persoalan baru bagi sesama saudara yang berbeda pilihan. Bahkan bisa menyebabkan keretakan persaudaraan di desa. 

Oleh karena itu, untuk Pilkades Serentak di Sumut tahun ini, GMNI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga persaudaraan, dengan menjalankan situasi yang kondusif. 

“Penyelenggaraan Pilkades yang kondusif, dengan tetap menjalin persahabatan dan persaudaraan adalah dambaan kita semua. Berkompetisi di Pilkades adalah wajar-wajar saja, tetapi persaudaraan dan persahabatan jangan sampai menimbulkan keretakan sosial,” tutur Daniel Jonathan Sigalingging, lewat komentar persnya yang diterima, Jumat (26/11/2021). 

Saat ini, lanjut Daniel, desa-desa yang sudah melaksanakan Pilkades telah terlaksana di sejumlah Kabupaten di Sumut. Seperti di Kabupaten Humbahas, Tapanuli Utara dan Dairi. 

Setelah ini, lanjutnya, masih ada Pilkades di Kabupaten Karo, Pakpak Barat, Toba, dan Tapanuli Tengah. 

“Kami berharap, Pilkades sebelumnya dapat dijadikan beberapa evaluasi bagi Penyelenggara dan Aparat agar tetap melaksanakan Pilkades yang kondusif,” imbuhnya. 

Demikian juga hingga keseluruhan Pilkades di Sumut yang dijadwalkan akan selesai pada 22 Desember 2021 mendatang, Daniel berharap tidak terjadi euforia yang berlebihan. Sehingga tetap terjaga kedamaian dan persaudaraan yang erat di antara anggota masyarakat Sumut. 

Sejauh ini, kata Daniel, dalam penyelenggaraan Pilkades yang sudah selesai dilakukan di sejumlah Kabupaten, telah berjalan kondusif. 

“Kami mengapresiasi seluruh elemen masyarakat yang telah menyukseskan perhelatan itu. Terutama, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan jajarannya, yang juga sukses menjaga keamanan. Sehingga kondusivitas terjaga dengan baik. Dan tidak terjadi gesekan di tengah masyarakat,” tutur Daniel Jonathan. 

Untuk wilayah-wilayah yang masih akan menjalankan Pilkades, lanjut Daniel, kiranya Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan jajarannya tetap melaksanakan tugas menjaga kondusivitas. 

“Kami mengapresiasi kinerja Kapolda Sumut dan jajarannya atas keberhasilan mengawal dan menjaga kondusivitas pelaksanaan Pilkades di sejumlah Kabupaten. Sejauh ini, Pak Kapolda Sumut kami nilai berhasil memimpin personilnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkades Serentak. Serta berhasil meminimalisir hal-hal yang dapat mengganggu kondusivitas di tengah masyarakat, baik pra dan pasca Pilkades Serentak,” sanjungnya. 

Sejauh ini juga, kata dia, situasi kondusif dapat tercipta karena kerja keras personil di lapangan. Yang melakukan pencegahan dan siap dalam mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengantisipasi hal yang dapat mengganggu kelancaran Pilkades Serentak 2021. 

“Kiranya Pilkades-Pilkades yang masih akan berlangsung, tetap menjaga protokol kesehatan. Karena, walau Covid sudah mereda, tapi kita kan belum keluar dari pandemi,” tandas Daniel.(J-RO)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like