Breaking News

Sudah Serah Terima, Kapolres Baru AKBP Heribertus Ompusunggu Kumpulkan Wartawan Se-Kabupaten Simalungun

Kapolres AKBP Heribertus Ompusunggu bersama wartawan Pengurus Unit Polres Simalungun. Kapolres AKBP Heribertus Ompusunggu bersama wartawan Pengurus Unit Polres Simalungun.

Pematangsiantar, Sinar Keadilan – Pasca serah terima jabatan dari Kapolres Simalungun yang lama AKBP Liberty Marudut Panjaitan ke Kapolres Simalungun yang baru AKBP Heribertus Ompusunggu, diadakan temu ramah dengan para insan pers. Temu ramah berlangsung Sabtu malam ( 28/9/3019), di Pematangsiantar.

Dalam pertemuan itu, Kapolres menyatakan, dirinya usai serah terima jabatan (sertijab) yang dilaksanakan pada tanggal 19 september 2019 lalu di Aula Tribarata Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan menganggap insan pers merupakan satu team dengan institusi keamanan yang dipimpinnya.

“Saya menganggap jurnalis atsu insan pers merupakan satu tim dengan polres Simalungun, sehingga saya merasa perlu mengadakan temu ramah ini. Dengan begitu, akan terjalin kesamaan persepsi dan kekompakan yang akan mendukung keberhasilan tugas,” ujar Heribertus.

Kapolres mengajak insan pers untuk berfikir lebih maju ke depan. Masa lalu itu indah, buatlah sebagai kenangan. Berdasarkan pengalaman sebagai Kapolres Kota Pematangsiantar, dirinya dalam memberi perintah selalu memperhatikan sampai ke teknis.

Hal ini menurut Kapolres dirinya belajar dari Kapolri, bahwa setiap permasalahan harus dilihat sampai pada teknis kebawah sehingga anggota tidak meraba raba.

Terkait dalam penyampaian informasi yang merupakan salah satu tugas dan fungsi jurnalis, Heribertus berharap pers memperhatikan rule sebelum membuat berita.

Heribertus menekankan, rule itu diantaranya membuat berita dengan kreativitas sendiri, tidak menjiplak dan tetap mengedepankan cek dan ricek saat rilis humas diterbitkan.

“Hal ini seperti filosopi di kepolisian punish and reward. Jadi bisa  diapresiasi,”katanya.

Kapolres juga meminta kepada para insan pers untuk bersatu dan dalam kompetisi tidak bersinggungan.

“Apabila ada berita yang penting jangan langsung dinaikan dulu , tapi dikonfirmasi dulu ke Kasubbag Humas biar beritanya sinkron. Karena ini merupakan SOP untuk menghindari kesalahan,”ujarnya, seraya menambahkan bahwa dirinya selaku Kapolres akan membuka selebar-lebarnya pintu memberi informasi akurat tentang kinerja Kapolsek.

Dalam momen kekeluargaan itu, Kapolres juga berharap, jika ada sesuatu persinggungan,  baik secara institusi media maupun secara intern insan pers agar diselesaikan secara kekeluargaan. Dengan kepala dingin. Supaya jangan melebar sampai jauh. Dan ketika nanti Ketua Unit di Polres Simalungun terpilih, harus dihargai.

Yang ditunjuk selaku Ketua Unit Polres adalah Adi Barus dari media cetak Metro 24, Sahrul Silitonga, wartawan TVRI menjabat Sekretaris dan Adi dari Metro Siantar di posisi Bendahara.

Dengan ditunjuuknya para pengurus pers di Unit Polres Simalungun, maka pengurus yang lama dinyatakan berakhir.

Ada pun pengurus sebelumnya yakni, Ketua Ronal Hutagalung, Wakil Ketua, Zai Sinaga, Sekretaris, Eno Siadari dan Bendahara, Frans Simanjuntak.

Turut hadir mendampingi Kapolres, Waka Polres, Kompol Bonggas Simarmata, Kabag Ops, Kompol SL Widodo, Kabag Sumda, Kompol K Manurung, Kasat Intel, AKP G Damanik, Kasat Reskrim, AKP M Agustiawan, Kasat Lantas, Iptu Jodi Hendrawan, Kasat Narkoba, AKP TP Butar Butar, Kasubbag Humas, Iptu Lukman Hakim Sembiring dan sejumlah personil Polres Simalungun lainnya.

Sebelum penunjukan, masing-masing Kasat menyampaikan sambutan yang berisikan tentang pentingnya sinergitas antara Polres Simalungun dengan wartawan.(Agus S)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*