Stop Impor Bawang Putih, Mindo Sianipar: Tanam Sendiri Aja,  Masyarakat Takkan Mati Bila Tak Makan Bawang Putih Selama Enam Bulan

Mindo Sianipar
Stop Impor Bawang Putih, Mindo Sianipar: Tanam Sendiri Aja,  Masyarakat Takkan Mati Bila Tak Makan Bawang Putih Selama Enam Bulan.

Polemik hilangnya bawang putih dari pasar harus segera dihentikan. Selain ketersediaannya yang sulit ditemukan, harga bawang putih pun gila-gilaan. Hal itu dikarenakan komoditi itu dijadikan mainan oleh para importir yang meraup keuntungan pribadi mereka saja.

Oleh karena itu, masyarakat Indonesia, khususnya pemerintah diminta segera menghentikan polemik bawang putih itu. Anggota Komisi IV DPR RI, Mindo Sianipar mengungkapkan, saat ini bawang putih pun sudah dijadikan mainan oleh importir.

Pemerintah hendaknya segera menghentikan impor bawang putih, dikarenakan hanya akan menyebabkan polemik berkepanjangan, dan tidak ada untungnya bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

“Kementerian Perdagangan segeralah hentikan impor dan polemik bawang putih itu. Kita tanam bawang kita sendiri aja,” tutur Mindo Sianipar, Jumat (10/05/2019).

Pria yang puluhan tahun menggeluti sektor pertanian ini menegaskan, Indonesia masih memiliki lahan yang luas dan cocok untuk ditanami bawang putih. Selain itu, kebutuhan dalam negeri akan bawang putih tidak seheboh yang digembar-gemborkan sejumlah pihak.

“Indonesia bisa menanam bawang putihnya sendiri. Dan jika menanam sendiri, hasilnya bisa lebih dari mencukupi untuk kebutuhan kita. Mungkin bisa kita yang malah akan mengekspor,” tuturnya.

Anggota DPR dari Fraksi PDIP yang dikenal dekat dengan petani ini juga menggambarkan, dengan menanam bawang putih sendiri, petani-petani bawang di Indonesia akan bekerja dengan giat dan mampu membuka lapangan kerja, serta meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Selama enam bulan tidak makan bawang putih, kita tidak akan mati kok. Selama itu pula kita bisa menanam dan memproduksi bawang putih kita. Emangnya terus mati kita kalau tak makan bawang putih selama enam bulan?” tantangnya.

Ke depan, lanjut Ketua DPP PDIP ini, Indonesia harus mengurangi impor untuk semua jenis komoditas pangan. Dengan memberdayakan petani Indonesia, kebutuhan pangan, seperti bawang putih itu tidak akan sulit memenuhinya.

“Tinggal nantinya, pemerintah mengatur harga yang mampu menyejahterakan petani, yang mampu membuat harga juga terjangkau oleh masyarakat. Jangan biarkan tengkulak atau importir yang berkuasa di situ. Supaya masyarakat dan petani kita yang sejahtera,” ujar Mindo Sianipar.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan