Situasi Nasional Masih Memanas, Tokoh Budha Harapkan Indonesia Damai Pasca Pilpres

Tokoh Budha Irjen Pol (Purn) Drs Budi Setyawan, Tokoh Lintas Agama Eko Sriyanto Galgendu dan rekan-rekan: Peringati Hari Waisak, Situasi Nasional Masih Memanas, Tokoh Budha Harapkan Indonesia Damai Pasca Pilpres.
Tokoh Budha Irjen Pol (Purn) Drs Budi Setyawan, Tokoh Lintas Agama Eko Sriyanto Galgendu dan rekan-rekan: Peringati Hari Waisak, Situasi Nasional Masih Memanas, Tokoh Budha Harapkan Indonesia Damai Pasca Pilpres.

Umat Budha di Indonesia mengharapkan adanya kedamaian dan persaudaraan yang kuat sebagai sesama anak bangsa, meskipun situasi Pilpres hingga kini masih memanas.

Hal itu ditegaskan Tokoh Budha Irjen Pol (Purn) Drs Budi Setyawan dalam Perayaan Trisuci Waisak 2563 dengan Refleksi Kebangsaan Merajut Persaudaraan Pasca Pilres 2019 yang diakhiri dengan Acara Buka Puasa Bersama Tokoh Lintas Agama dan Masyarakat di Wisma Sangha Theravada Indonesia, Jalan Margasatwa 9, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Minggu (19/05/2019).




Mantan Kapolda Bali ini menegaskan, berbagai perbedaan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) yang merupakan kekayaan Bangsa Indonesia, jangan dijadikan sebagai pemicu keresahan dan perpecahan.

“Pilihan politik juga berbeda-beda, namun harus tetap dalam persaudaraan, kebangsaan dan keindonesiaan,” tutur Budi Setyawan.

Lebih lanjut, mantan Wakapolda Kalimantan Timur ini mengatakan, jika tidak bisa menyejukkan situasi pasca Pilpres 2019 yang terus memanas, sebaiknya warga menenangkan diri dengan tidak ikut-ikutan memperkeruh suasana.




Budi yang juga pernah menjadi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Budha (Dirjen Bimas Budha), Kementerian Agama itu hanya berharap, situasi Indonesia penuh kekeluargaan, persaudaraan.

“Hanya kedamaian, keamanan, persaudaraan, kenyamanan yang kita harapkan dan kita mesti lakukan. Itu saja,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan anggota masyarakat yang terdiri dari, tokoh-tokoh Lintas Agama, seperti Putri mendiang KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Anita Wahid, Tokoh Lintas Agama Eko Sriyanto Galgendu, Aktivis dan Penyanyi Tri Utami, Tokoh TNI, Polri dan masyarakat sekitar dari berbagai latar belakang.




Kegiatan Peringatan Trisuci Waisak 2563 itu dipimpin oleh Bhikkhu Dhammasubho, yang merupakan Kepala Wisma Sangha Theravada Indonesia (STI).(JR/Richard)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*