Sidang PK Terpidana Korupsi di Palangkaraya, JPU Anggap Pemohon Tidak Konsisten

Sidang PK Terpidana Korupsi di Palangkaraya, JPU Anggap Pemohon Tidak Konsisten
Sidang PK Terpidana Korupsi di Palangkaraya, JPU Anggap Pemohon Tidak Konsisten.

Sidang Peninjauan Kembali (PK) atas Putusan Judex Jurist Tingkat Mahkamah Agung No mor 1113K/Pid.Sus/2016 tanggal 20 Desember 2016 atas nama Terpidana Korupsi H Fahkrur Razie Bin Anshari yang diajukan oleh Penasehat Hukum Kusnadi dan Doni Fitra, para Advokat dari Kantor Hukum KUS & CO berdasarkan SKK tertanggal 24 April 2019 dan telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Palangka Raya tanggal 25 April 2019 selaku Pemohon PK dengan Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Murung Raya selaku Termohon PK mulai disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Palangka Raya, Kamis (09/05/2019).




Dalam sidang PK yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB yang dibuka dan terbuka untuk umum tersebut, dipimpin oleh Majelis Hakim yang diketuai Agus Windana, beranggotakan 2 orang Hakim Tipikor dihadiri juga Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) selaku Termohon PK dengan Ketua Tim Robert Sitinjak, selaku Kajari Murung Raya bersama Kasi Pidsus Nano Sugiatno.

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum) Mukri mengatakan, agenda persidangan yakni Pembacaan Memori Peninjauan Kembali dan Pembacaan Jawaban atau Kontra Memori PK oleh Penuntut Umum.

Pemohon PK pada intinya meminta agar Majelis Hakim PK memutuskan untuk membatalkan Putusan MA No. 1113K/Pid.Sus/2016 tanggal 20 Desember 2016 atau setidak-tidaknya menguatkan putusan PN Palangka Raya Nomor : 51/Pidsus-TPK/2015 tanggal 14 Desember 2015.




Sedangkan pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada intinya berpendapat bahwa Pemohon PK inkonsistensi dalam permohonannya. “Karena di satu sisi memohon agar terpidana dinyatakan tidak bersalah, tapi di sisi lain menguatkan putusan PN yang menyatakan terpidana bersalah namun hanya diputus 1 tahun penjara,” ujar Mukri, Kamis malam (09/05/2019).(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan