Sidang Perkara Dugaan Penipuan Dan Penggelapan, Majelis Hakim PN Jakarta Selatan Vonis Bebas Komisaris PT Dian Bara Genoyang

Sidang Perkara Dugaan Penipuan Dan Penggelapan, Majelis Hakim PN Jakarta Selatan Vonis Bebas Komisaris PT Dian Bara Genoyang. – Foto: Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).(Net)
Sidang Perkara Dugaan Penipuan Dan Penggelapan, Majelis Hakim PN Jakarta Selatan Vonis Bebas Komisaris PT Dian Bara Genoyang. – Foto: Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).(Net)

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) memvonis bebas terdakwa Komisaris PT Dian Bara Genoyang (DBG) Robianto Idup dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan terhadap PT Graha Prima Energy (GPE).

Putusan itu dibacakan oleh Majelis Hakim yang diketuai Florensia Kendengan. Selasa, 08 September 2020 adalah sidang pembacaan putusan di PN Jakarta Selatan.

“Melepaskan saudara Robianto Idup dari segala tuntutan hukum. Memulihkan hak hak terdakwa, kemampuan, kedudukan, serta harkat martabatnya,” kata Ketua Majelis Hakim Florensia Kendengan.

Selain itu, Ketua Majelis Hakim juga meminta aparat Kepolisian dan Kejaksaan agar segera membebaskan terdakwa Robianto Idup.

Sementara itu, salah satu Kuasa Hukum terdakwa, Dhito Sitompul mengatakan, pihaknya berencana untuk melaporkan balik pelapor dalam kasus tersebut.

“Pidana penipuannya tidak ada. Jadi kita lihat, kasus ini ada persengkatan bisnis. Dan ini adalah perdata. Seharusnya menempuh jalur perdata,” jelas Dhito usai mengikuti sidang putusan di PN Jakarta Selatan.

Dalam sidang sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Agus Khausal Alam dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta menuntut Robianto Idup dengan menggunakan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan hukuman penjara selama 3 tahun 6 bulan.

Namun, selama persidangan JPU tidak menjadikan dokumen perjanjian kontrak kerjasama antara kedua perusahaan tersebut, sebagai barang bukti.(Nando)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan