Setan Merah Eropa Yakin Libas Si Beruang Merah

Setan Merah Eropa Yakin Libas Si Beruang Merah

- in DAERAH, DUNIA, NASIONAL, OLAHRAGA
32
0
Laga Perdana Grup B Euro 2020/2021, Belgia Vs Rusia, Minggu 13 Juni 2021, Setan Merah Eropa Yakin Libas Si Beruang Merah. - Foto: Timnas Belgia.(AP Photo)Laga Perdana Grup B Euro 2020/2021, Belgia Vs Rusia, Minggu 13 Juni 2021, Setan Merah Eropa Yakin Libas Si Beruang Merah. - Foto: Timnas Belgia.(AP Photo)

Pertandingan antara Belgia melawan Rusia pada Laga Perdana Grup B Euro 2020/2021 dijadwalkan pada Minggu (13/06/2021) pada pukul 02.00 dini hari WIB. 

Belgia sebagai tim tamu diprediksi punya kans lebih baik dalam laga yang dijadwalkan digelar di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia tersebut. 

Timnas Belgia punya modal keunggulan head to head (H2H) yang sangat mencolok atas Rusia, jelang pertandingan pembuka Grup B Euro 2021.  

Terhitung dari total 7 pertemuan terakhir, Timnas berjuluk The Red Devils alias Setan Merah di Eropa tersebut belum pernah kalah dari Rusia. Mereka menorehkan 5 kemenangan dan 2 kali imbang. 

Belgia juga boleh dikatakan selalu menang dengan skor meyakinkan dalam 2 pertemuan terakhir melawan Rusia, yang seluruhnya terjadi dalam babak Kualifikasi Piala Eropa tahun 2019 lalu. 

Belgia unggul 3-1 saat bertindak sebagai tuan rumah. Lantas kembali menang 1-4 dalam lawatan ke St Petersburg, alias stadion yang sama untuk putaran final Euro 2021 nanti. 

Dalam kesempatan tersebut salah satu pemain kunci Belgia, Eden Hazard, tampil gemilang dengan selalu mencetak brace baik saat partai home maupun away. 

Salah satu kekuatan Timnas Belgia adalah sisi produktivitas mereka. Tim asuhan Roberto Martinez itu terhitung tak pernah gagal menjebol gawang lawan dalam 30 penampilan terakhir di semua ajang. 

Terakhir kali lini serang Belgia gagal merobek gawang rival adalah saat takluk 0-1 dari Perancis, dalam duel semifinal Piala Dunia 2018 silam. 

Sisi positif Timnas Belgia tersebut juga turut diamini oleh salah seorang penggawa lini belakang mereka, Jan Vertonghen. 

“Kekuatan terbesar kami adalah kemampuan mencetak gol dengan mudah. Kami telah berkembang dengan baik pada level ini. Kami punya kreativitas dan kapasitas individu untuk menciptakan peluang berbahaya, dan menyulitkan lawan,” ungkap Pemain Belakang Belgia, Jan Vertonghen, dikutip dari laman  resmi federasi. 

Namun demikian, bek berusia 34 tahun yang bermain untuk klub Portugal, Benfica tersebut, juga menambahkan pihaknya tak boleh meremehkan potensi Timnas Rusia. Mengingat status sang rival sebagai tuan rumah dalam penyisihan grup Euro tahun ini. 

Vertonghen mengingatkan soal kejutan yang pernah diciptakan Timnas Rusia, ketika mereka sukses menembus perempat final Piala Dunia 2018 kala bertindak sebagai tuan rumah. 

“Belgia telah menghadapi Rusia beberapa kali dalam waktu terakhir ini. Ini adalah tim yang punya kualitas individu. Mereka akan menghadapi kami di kandang dalam turnamen besar, dan seperti saat Piala Dunia 2018, mereka akan menunjukkan keinginan kuat untuk menang,” jelas Vertonghen. 

Dia mengatakan, laga terhormat dengan semangat untuk menang, akan dikembangkan Timnas Belgia. 

“Belgia akan menghadapi laga dengan rasa hormat, tapi juga keinginan untuk menang,” pungkasnya.

Laga Perdana Grup B Euro 2020/2021, Belgia Vs Rusia, Minggu 13 Juni 2021, Setan Merah Eropa Yakin Libas Si Beruang Merah. - Foto: Timnas Rusia, Si Beruang Merah.(AP Photo)
Laga Perdana Grup B Euro 2020/2021, Belgia Vs Rusia, Minggu 13 Juni 2021, Setan Merah Eropa Yakin Libas Si Beruang Merah. – Foto: Timnas Rusia, Si Beruang Merah.(AP Photo)

Dua tim ini berada satu grup di babak kualifikasi. Sekarang, mereka kembali berada di blok yang sama, bersama Denmark dan Finlandia. 

Di kualifikasi, Belgia sukses mengalahkan Rusia kandang dan tandang. Kala itu, Rusia benar-benar dibuat tak berdaya. 

Di Brussels, Belgia menang 3-1 lewat satu gol Youri Tielemans dan dua gol Eden Hazard (1 penalti), sedangkan satu gol Rusia dicetak oleh Denis Cheryshev. 

Di Saint Petersburg, Belgia mengalahkan Rusia 4-1. Satu gol Rusia dicetak oleh Georgi Dzhikiya, sementara empat gol Belgia diciptakan oleh Thorgan Hazard, Eden Hazard (2), dan Romelu Lukaku. 

Dalam uji coba sebelum Euro 2020, Belgia dan Rusia sama-sama menang dengan skor 1-0. Belgia mengalahkan tim kuat Kroasia lewat gol tunggal Romelu Lukaku, sedangkan penalti Aleksander Sobolev memberi Rusia kemenangan tipis atas Bulgaria. 

Belgia merupakan salah satu kandidat juara di turnamen ini. Pantas atau tidaknya Belgia menyandang status tersebut bakal bisa dilihat dari laga pertama mereka nanti. 

Belgia belum pernah kalah melawan Rusia. Belgia selalu mencetak minimal 3 gol dalam 3 laga terakhirnya melawan Timnas Benua Beruang Merah, Rusia. 

Belgia tanpa clean sheet, alias selalu kebobolan, dalam 3 laga terakhirnya melawan Rusia. Belgia tak terkalahkan dalam 9 laga terakhirnya, menang 7 kali. Belgia cuma mencatatkan 3 clean sheet dalam 12 laga terakhirnya. 

Rusia cuma menang 3 kali dalam 11 laga terakhirnya. Rusia selalu mencetak 1 gol di tiap laga dalam 3 laga terakhirnya. Prediksi skor akhir, Belgia 3-1 Rusia.***  

Prediksi Susunan Pemain 

Timnas Belgia (3-4-2-1) : CourtoisVertonghenDenayerAlderweireldCarrascoDendonckerTielemansMeunierMertensThorgan Hazard; Lukaku. 

Pelatih: Roberto Martinez. 

Info skuad: Witsel (cedera), Eden Hazard (meragukan), De Bruyne (meragukan). 

Timnas Rusia (3-4-2-1) : ShuninKudryashovDzhikiyaSemenovKuzyaevOzdoevZobninKaravaevGolovinMiranchukDzyuba. 

Pelatih: Stanislav Cherchesov. 

Info skuad: Tidak ada pemain absen. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like