Selain Kekayaan Alam, Indonesia Punya Warisan Sangat Berharga dari Para Pahlawan, Dengan Pancasila, Kaum Muda Tolong Jaga dan Lanjutkan NKRI

Selain Kekayaan Alam, Indonesia Punya Warisan Sangat Berharga dari Para Pahlawan, Dengan Pancasila, Kaum Muda Tolong Jaga dan Lanjutkan NKRI

- in DAERAH, NASIONAL, POLITIK
20
0
Konsisten Berantas Narkoba, DPN Gepenta Dukung Capres Jokowi.

Kaum muda Indonesia diminta menjaga dan melanjutkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebab, selain kekayaan alam Bumi Pertiwi yang melimpah, Indonesia juga memiliki warisan yang sangat berharga dari para Pahlawan, yaitu kemerdekaan yang harus dijaga dan dilanjutkan oleh generasi muda.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba, Tawuran dan Anarkis (DPN GEPENTA) Brigjen Pol (Purn) DR Parasian Simanungkalit, dalam acara peluncuran buku berjudul Warisan Pahlawan, yang digelar di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DKI Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (24/02/2019).

Parasian mengatakan, generasi muda juga sangat perlu mewarisi sikap para pahlawan kemerdekaan. “Warisan para Pahlawan Kemerdekaan Nasional kita itu adalah Kemerdekaan, Pancasila dan NKRI. Itu harus menjadi modal bagi bangsa Indonesia untuk bersatu menghadapi tantangan global,” tutur Parasian Simanungkalit.

Selain mendapat warisan yang sangat tak ternilai harganya, generasi muda Indonesia juga memiliki kewajiban mempertahankan Kemerdekaan yang sudah dimiliki, untuk selanjutnya dikembangkan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Kita semua harus sadar, adalah menjadi tugas kita merawat dan mengembangkan warisan ini. Dengan merawat dan mengembangkan warisan ini, kehidupan bangsa dan rakyat Indonesia bisa lebih baik, lebih sejahtera lagi,” ujarnya.

Parasian mengingatkan, warisan kekayaan alam bukanlah satu-satunya warisan yang harus dijaga dan dikembangkan generasi muda. Para Pahlawan Kemerdekaan, lanjutnya, sudah memperlihatkan dan mewariskan semangat dan nilai juang 45. Para Pahlawan kemerdekaan mau, berani dan mampu merebut kemerdekaan Indonesia.

“Kini, semangat itu juga yang harus diperlihara dan dikembangkan untuk tetap menegakkan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujar Parasian Simanungkalit.

Meski sudah merdeka, kata dia, sejarah perjalanan Bangsa dan Negara Indonesia juga memperlihatkan adanya upaya segelintir orang hendak merubuhkan kemerdekaan itu.

Pengalaman pahit bangsa ini ketika terjadinya sejumlah pemberontakan yang dilakukan Muso dengan gerakan Komunismenya, juga adanya Organisasi Papua Merdeka (OPM), Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Gerakan 30 September PKI, namun Indonesia tetap bersatu dan berdiri kokoh hingga kini.

“Semua itu menjadi pelajaran yang sangat berharga. Dan sekarang, kami sebagai orang-orang yang akan dan sudah lalu, kami berharap generasi muda memelihara kemerdekaan untuk tetap tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila, ujarnya lagi.

Dia pun menitipkan pesan, agar semua perjalanan sejarah itu, membuat Indonesia ke depan semakin kuat dan semakin jaya di masa depan.

Seluruh Rakyat Indonesia harus tetap bersatu. Sebab, jika tergoda dengan pecah belah, maka Indonesia akan hancur lebur.

“Jangan sampai perjuangan para Pahlawan Kemerdekaan kita itu sia-sia. Mahasiswa dan pemuda pemudi Indonesia sebagai generasi penerus, hendaknya mau melaksanakan dan meniru bagaimana kami sebagai orang tuanya, sebagai kakeknya yang berjuang untuk merebut  dan memelihara kemerdekaan itu,” tutup Parasian.(JR)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like