Rapat Besar Orang Tua Murid, SMA 4 Pematangsiantar Terapkan Dana Pendidikan Sebesar Rp 100 Ribu

Ket. foto: SMA N 4 Pematangsiantar mengadakan acara Musyawarah Orangtua/Wali Peserta Didik SMA N 4 Pematangsiantar Tentang Program dan Pendanaan (Sinar Keadilan/A.S)
Ket. foto: SMA N 4 Pematangsiantar mengadakan acara Musyawarah Orangtua/Wali Peserta Didik SMA N 4 Pematangsiantar Tentang Program dan Pendanaan (Sinar Keadilan/AS)

Pematangsiantar, Sinar Keadilan, Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 4 Pematangsiantar mengadakan acara Musyawarah Orangtua/Wali Peserta Didik SMA N 4 Pematangsiantar Tentang Program dan Pendanaan (PP 48 tahun 2008, Permendikbud No.75 tahun 2016 dan Sekretaris Jendral Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan no. 82954/A.14/Hk/2017), di Aula SMA N 4 Pematangsiantar, Rabu 18 September 2019.

Pada acara tersebut, Kepala Sekolah SMA N 4 RB Manurung menekankan, soal Dana Pendidikan, bukan dana Komite. Tetapi dana pendidikan berhubungan dengan Peraturan Pemerintah 48 tahun 2008.

“Yaitu sumbangan yang dikelola oleh satuan pendidikan yang disepakati orang tua. Yang dibayarkan sesuai dengan waktunya. Dan diputuskan bersama, berapa besarnya, dengan catatan siswa miskin yang punya KIP harus dibebaskan,” ujar RB Manurung yang juga Dosen di Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar itu.

Selain itu, di dalam PP No 19 tahun 2005 yang menyatakan,  anak guru dibebaskan dana pendidikan. Juga diterapkan.

Sementara itu, Ketua Tim Manajemen Dana Pendidikan SMA N 4 Pematangsiantar,  Drs E Silalahi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada murid-murid yang mengerti akan kewajibannya.

“Sehingga dalam pengutipan dana pendidikan berjalan baik dan lancer,” ujarnya.

Jumlah undangan untuk acara musyawarah orangtua/wali peserta didik yang sudah diserahkan sebanyak 1134. Dan bagi undangan yang tidak bisa hadir ada pernyataan bukti menyetujui hasil keputusan.

Dana pendidikan di SMA N 4 Pematangsiantar ada lima kategori, yaitu, siswa disiplin  yang dibebaskan 100% dari dana pendidikan, berjumlah 117 siswa yang terdiri dari kelas 10, 11 dan 12.

Kemudian, yang memiliki  KIS yang dibebaskan 50% berjumlah 36 orang. Selanjutnya, siswa miskin dibebaskan 25% berjumlah 46 orang siswa. Dan, anak guru berjumlah 21 orang siswa. Jumlah siswa SMA N 4 Pematangsiantar keseluruhan adalah 1111 orang siswa.

Silalahi merinci, dana pendidikan tahun 2018-2019 adalah sebesar Rp.  1.120.150.000 dana yang diserap sesuai dengan rencana angaran sekolah adalah Rp. 1.750.210.200 sehingga saldo tunai Rp. 47.128.800,-.

E Silalahi yang juga guru Fisika itu menyatakan, adapun kegiatan yang telah dilakukan manajemen pada tahun ajaran 2018-2019 sesuai dengan delapan Standard Pendidikan Nasional. Yaitu pembangunan parkir, Pengadaan Komputer untuk UNBK, Kamar mandi yang sudah di perbaiki menjadi kramik, menara air, pentas seni, siswa berprestasi olimpiade Sains Nasional dengan memperoleh juara umum untuk Kota Pematangsiantar, dana pendidikan untuk ekstrakulikuler.

“Keberhasilan ini semua tidak terlepas dari kerjasama baik Kepala Sekolah, Komite, Guru-guru, Orang tua dan seluruh siswa,” ujar Silalahi.

Acara Musyawarah tersebut  menghasilkan keputusan bersama untuk dana pendidikan tahun 2019-2020 sebesar Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah).

Dalam sambutannya, Kepala Cabang Dinas Provinsi Sumatera Utara, DE Purba yang diwakili oleh A Aruan, mengapresiasi SMA N 4 Pematangsiantar. Terutama tim manajemen yang mengelola Dana Pendidikan.

“Yang memberi laporan keuangan yang sangat jelas dan sistematis. Ini semua tidak terlepas dari Kepala sekolahnya sebagai pimpinan di sekolah, yang mampu melakukan koordinasi dengan baik dengan seluruh perangkat sekolah dan Komite Sekolah,” ujar Aruan.(AS)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan