PT Muara Indo Raya Tak Penuhi Hak Normatif, Ratusan Buruh Gelar Aksi Mogok Di Sibolga

PT Muara Indo Raya Tak Penuhi Hak Normatif, Ratusan Buruh Gelar Aksi Mogok Di Sibolga.

Perusahaan tak penuhi standar upah, ratusan buruh PT Muara Indo Raya (MIR) di Sibolga, Tapanuli Tengah, menggelar aksi mogok kerja.

 

Para buruh yang merupakan anggota Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) itu mendesak pihak perusahaan segera memenuhi hak normatif buruh.

 

Ketua Dewan Pengurus Cabang Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (DPC SBSI) Kabupaten Tapanuli Tengah, Jefri Simanjuntak mengatakan, aksi tersebut diikuti sekitar 500 karyawan PT Muara Indo Raya menuntut upah mereka diberikan sesuai dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK).

 

“Kurang lebih sebanyak 500 anggota kita yang turun. Aksi ini menuntuk perusahaan agar memberikan hak-hak normatif para karyawannya,” Kata Jefri saat di konfirmasi, Kamis (3/8/2017).

 

Jefri mengatakan, rata-rata karyawan di perusahaan kelapa sawit tersebut sudah bekerja kurang lebih selama 15 tahun. Menurutnya, selama 15 tahun lebih para karyawan tidak diberikan upah lembur.

 

Selain itu, pihak perusahaan juga tidak mendaftarkan para karyawannya sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

 

“Kebanyakan karyawan sudah bekerja lama. Ada yang sudah bekerja di atas 15 tahun dan yang paling rendah itu 1 tahun. Kami meminta agar hak kami diberikan. Upah Kami dibayarkan sesuai dengan UMK, BPJS juga belom, THR (Tunjangan Hari Raya) sama upah lembur,” ucapnya.(Nando)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*