Program Satu Desa Satu Pangkalan Mini Tak Kunjung Terealisasi, Komisi B DPRD Sumut Akan Surati Pertamina

Anggota Komisi B DPRD Sumut, Gusmiadi.
Anggota Komisi B DPRD Sumut, Gusmiadi.

Simalungun, Sinar Keadilan, Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara (DPRD Sumut) mendesak PT Pertamina segera merealisasikan Program 1 Desa 1 Outlet Pangkalan Mini, sebagaimana telah dijanjikan beberapa waktu lalu.

Untuk memastikan realisasi itu, Komisi B akan menyurati Pertamina untuk meminta kejelasan perkembangan pembukaan Pangkalan Mini di Nagori-Nagori atau Desa di Kabupaten Simalungun.

Hal ini ditegaskan Anggota Komisi B DPRD Sumut, Gusmiadi, Selasa (3/12/2019). Gusmiadi meminta Pertamina mengambil langkah tegas jika ada agen tidak melaksanakan program tersebut, mengingat banyaknya kelangkaan gas 3 kilogram di Nagori-nagori.

“Karena belum tersedianya pangkalan, sehingga ini sangat berpengaruh dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas 3 Kg tersebut,” ujarnya.

Gunadi mengatakan, Pertamina juga harus menjelaskan kesesuaian pembukaan pangkalan terhadap banyaknya jumlah tabung gas 3 kilogram yang akan didistribusikan oleh agen.

“Jika jumlah tabung gas 3 kilogram mencukupi, tidak ada masalah. Tetapi jika kurang, maka harus disesuaikan dengan kebutuhan. Saya akan mengupayakan Program Pangkalan Mini ini segera terealisasi. Karena kebutuhan tabung gas 3 kilogram merupakan keharusan di masyarakat. Khususnya di Kabupaten Simalungun yang memiliki populasi penduduk cukup besar,” tutur Gusmiadi.

Pantauan di desa-desa, beberapa warga menyatakan sudah memasukkan berkas ke agen sesuai dengan ketentuan yang diminta. Warga berharap ada tindak lanjut secepatnya. Karena sudah ada agen yang merealisasikan Program Pangkalan Mini tersebut.

Di Kabupaten Simalungun saja, ada sebanyak 386 Nagori. Dari jumlah itu, sebanyak 172 telah masuk dalam program Pertamina ini.

Setiap desa berpeluang membuka Pangkalan Mini. Pertamina menunjuk sebanyak 13 agen untuk menindaklanjuti pembukaan Pangkalan Mini di Nagori, dengan syarat mengajukan berkas-berkas dan dokumen sesuai dengan ketentuan yang diperlukan.(Agus.S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*