Prioritaskan Kesehatan Perempuan, GK Ladies Tularkan Memasak Sehat di Kampung Nelayan

Peringati Hari Ibu 22 Desember

Ibu-Ibu Bicara Penghematan Energi, Dihadiri Walikota Bekasi, Camat, Lurah dan Ketua-Ketua RT, GK Ladies: Untuk Kesejahteraan Keluarga, Rumah Tangga Harus Hemat Energi.

Ratusan perempuan yang mengenakan baju dengan dominasi warna pink memenuhi ruas jalan permukiman Kampung Nelayan, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (22/12/2018).

Galang Kemajuan (GK) Ladies, yakni sebuah perkumpulan nirlaba yang dikelola ibu-ibu, tengah menggelar Perayaan Hari Ibu 22 Desember di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), di Kampung Nelayan itu.

Ada sederet kegiatan yang melibatkan langsung para ibu dari permukiman kumuh itu. Perlombaan memasak sehat, penyuluhan kesehatan, senam kesehatan jasmani, dan juga pembagian door prize.

Ketua Galang Kemajuan (GK) Ladies, Lana T Koentjoro mengatakan, pihaknya memilih menggelar Perayaan Hari Ibu di Kampung Nelayan, Cilincing, Jakarta Utara itu, agar dapat menularkan hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Dengan tema, Ibu Sehat, Negara Kuat, Lana berharap akan ada perubahan positif bagi kesehatan kaum Ibu dan keluarga di wilayah itu.

“Kami memilih Kampung Nelayan, karena kami ingin ibu-ibu di daerah ini bisa hidup sehat, dengan mengajak mereka membuat menu makanan sehat bagi keluarganya. Diharapkan, mereka selanjutnya akan menularkan hidup sehat ke warga sekitar mereka,” tutur Lana.

Jika ibu-ibu hidup secara sehat, lanjutnya, maka negara ini akan kuat. Karena lewat peran ibulah terutama, keluarga akan melahirkan penerus bangsa yang lebih baik.

Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Untuk Tahun 2018 ini, GK Ladies melakukan gerakan bersama bagi kemajuan kaum perempuan di Indonesia.

GK Ladies yang sudah terbentuk di 18 Provinsi dan mancanegara, akan terus memberikan pemberdayaan bagi kaum Ibu Indonesia.

Diterangkan Lana, GK Ladies menggelar aksi nyata untuk kemajuan para perempuan. Selain di bidang kesehatan, juga pendidikan, ekonomi, perlindungan hukum, kesejahteraan anak, lingkungan hidup dan informasi.

Di lokasi yang sama, Ketua Panitia Hari Ibu GK Ladies, Catherine Roeleejanto menyampaikan, agar kegiatan memasak makanan sehat menjadi lebih menarik, GK Ladies melombakan kegiatan ini.

Tidak kurang dari 60 Ibu dari Kampung Nelayan itu yang menjadi peserta lomba memasak sehat. Peserta dibagi dalam kelompok-kelompok. Satu kelompok terdiri dari tiga orang.

Sebelum memasak, dilanjutkan Catherine Roeleejanto, para ibu diberikan modal Rp 100 ribu per kelompok. Uang itu dipergunakan untuk belanja bahan-bahan makanan yang sehat dan bermutu. Selanjutnya, mereka bersama-sama berbelanja di Pasar Kelapa Dua Kali Bangleo.

“Mereka harus belanja dengan cepat, hemat dan sehat. Memasak tidak perlu yang mahal-mahal. Dengan biaya hemat pun bisa menyiapkan menu sehat, asal tahu caranya,” ujar Catherine.

Setelah berbelanja dari Pasar yang berlokasi di Kampung Nelayan itu, para peserta lomba melakukan konvoi bersama-sama. Para ibu itu konvoi dengan menggunakan ojek warga setempat. Mereka bergerak menuju arena lomba di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kalibaru, Cilincing.

Keseruan ibu-ibu Kampung Nelayan tidak terhenti sampai di situ, mereka juga diajak senam sehat bersama ibu-ibu GK Ladies yang dipimpin Nina Keliek. Juga diberikan penyuluhan kesehatan oleh Rumah Maharani.

“Sehat dan bersih itu harus dimulai dari rumah. Pemimpin Negara tidak akan berhasil mengajak masyarakatnya hidup sehat, jika ibu-ibu di rumah tidak membiasakan keluarganya hidup sehat dan bersih,” tutur Founder Rumah Maharani, Esra Manurung.(JR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*