Breaking News

Polisi Arogan Asal Tangkap, PBHI Jakarta Ajukan Praperadilan Untuk Melindungi Hak-Hak Tersangka

Polisi Arogan Asal Tangkap, PBHI Jakarta Ajukan Praperadilan Untuk Melindungi Hak-Hak Tersangka.

Divisi Advokasi Fair Trial Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indoensia (PBHI) Jakarta mengajukan Permohonan Praperadilan terhadap Kapolsek Kelapa Gading atas tidak-sahnya penetapan tersangka.

 

Ketua Divisi Advokasi Fair Trial Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indoensia (PBHI) Jakarta Nasrul Dongoran mengungkapkan, pada tanggal 07 Maret 2018 akan memasuki sidang pertama dengan agenda pembacaan Permohonan Praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

 

Perkara Praperadilan nomor 04/Preper/2014 yang didaftarkan tanggal 26 Februari 2018. “Sebelumnya Polsek Kelapa Gading menangkap tersangka RS atas keterangan dari Yunus menjadi dasar penangkapan dan ini bertentangan dengan unus testis nullus testis serta tidak memenuhi alat bukti dalam Pasal 184 KUHP,” tutur Nasrul, Selasa (06/03/2018).

 

Adapun hal yang menjadi pemantauan divisi fair trial PBHI Jakarta atas penetapan tersangka bernama Ronal Samuel adalah tidak sah dan cacat demi hukum. Beberapa catatan PBHI Jakarta dalam persoalan ini, lanjut Nasrul, pertama, penangkapan tersangka atas nama Ronal Samuel tidak memenuhi 2 alat bukti.

 

Kedua, pemeriksaan tersangka dalam keadaan tidak sehat dan dipaksa untuk didampingi oleh penasehat hukum yang ditunjuk oleh Penyidik Polsek Kelapa Gading.

 

Ketiga, tersangka mengalami penganiayaan dan ancaman kekerasan berupa tembakan dengan senjata api hingga bunyi tek karena peluru kosong.

 

“Berkaitan dengan hal-hal diatas PBHI Jakarta memohonkan Praperadilan ini sebagai pengawasan terhadap proses penyidikan yang dilakukan oleh Polri,” ujarnya.

 

Selain itu, lanjut dia, PBHI Jakarta sudah melaporkan perlanggaran etika provesi ke Probam Mabes Polri dan Kompolnas, serta melaporkan Oknum Advokat atas dugaan tindakan pelanggaran etik profesi dan penganiayaan terhadap tersangka ke Dewan Kehormatan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI).(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*