Breaking News

Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN, Konsolidasi Posisi ASEAN Menuju Penyelesaian Perundingan RCEP

Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN, Konsolidasi Posisi ASEAN Menuju Penyelesaian Perundingan RCEP. Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN, Konsolidasi Posisi ASEAN Menuju Penyelesaian Perundingan RCEP.

Para Menteri Ekonomi ASEAN kembali melakukan pertemuan guna membahas perkembangan perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di Bangkok, Thailand, Sabtu (22/6/2019).

Pertemuan yang dilaksanakan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 ini, bertujuan untuk melakukan konsolidasi posisi ASEAN atas isu-isu yang belum terselesaikan di internal ASEAN maupun yang melibatkan negara mitra Free Trade Agreements (FTAs).





“Pertemuan ini juga membahas strategi untuk memastikan penyelesaian perundingan RCEP pada akhir 2019 sebagaimana mandat para pemimpin negara/pemerintahan RCEP,” terang Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita selaku Country Coordinator Perundingan RCEP.

Seluruh negara anggota ASEAN diharapkan bekerja keras dan menunjukkan sentralitas serta soliditas dalam memimpin dan mendorong kemajuan perundingan RCEP menuju penyelesaian.

Mendag menyampaikan, penyelesaian RCEP merupakan prioritas bersama. Di tengah situasi perdagangan global yang tidak menentu, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk menyelesaikannya.





“Pertama, tidak boleh ada usulan baru dan fokus pada isu yang ada. Kedua, kita harus dapat merespon dengan baik setiap isu yang tertunda dan penyelesaiannya. Terakhir, meyakinkan negara mitra mengenai definisi penyelesaian substansial dan memastikan penyelesaian akses pasar serta perundingan teks termasuk di dalamnya,” ujarnya.

Pertemuan KTT ASEAN ke-34 diawali working dinner pada 21 Juni 2019 dan dilanjutkan dengan sesi pleno pada 22 Juni 2019.

Selain memberikan keputusan politis, Menteri Ekonomi ASEAN juga memberikan sejumlah arahan kepada Komite Perunding Perdagangan untuk memastikan perundingan sesuai jadwal yang telah direncanakan.





Pada rangkaian KTT ASEAN ke-34 ini, Mendag juga melakukan pertemuan bilateral dengan Filipina dan Thailand.

Dengan Filipina, Mendag mengangkat isu penerapan Special Safeguards (SSG) atas produk kopi dan keramik.

Sedangkan dengan Thailand, Mendag membahas sejumlah hambatan tarif dan non-tarif yang dihadapi kedua negara, termasuk rencana dan strategi untuk penyelenggaraan ASEAN Troika dengan India.(JR)

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*