Pertemuan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto Mesti Berikan Efek Positif Bagi Rakyat Indonesia

Pertemuan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto Mesti Berikan Efek Positif Bagi Rakyat Indonesia.
Pertemuan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto Mesti Berikan Efek Positif Bagi Rakyat Indonesia.

Pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Rayat (Partai Gerindra) Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto tidak penting jika tidak ada dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian studi Masyarakat dan Negara (Laksamana) Samuel F Silaen menanggapi, jika pertemuan itu hanya sebagai pemanis bahwa kubu-kubuan politik pasca Pilres 2019 sudah usai, maka menandakan para elit masih tetap saja mempermainkan rakyat dengan dagelan-dagelan yang tak berguna.





Pertemuan kedua tokoh itu pastinya akan menyebabkan sejumlah spekulasi. “Apakah manfaat dan pengaruh positifnya bagi persoalan rakyat? Adakah? Jika ada, ya mantap. Tetapi kalau tak ada, ya itu hanya dagelan saja yang tetap hanya mempertontonkan permainan-permainan politik para elit,” tutur Samuel F Silaen, di Jakarta, Kamis (25/07/2019).

Jikapun pertemuan Mega dengan Prabowo itu mempercakapkan kepentingan para elit yang hendak masuk Kabinetnya Jokowi, menurut Samuel Silaen, hendaknya Jokowi tetap menjaga keseimbangan untuk rakyat Indonesia.

Alumni Lemhanas Pemuda I 2009 ini mengatakan, Jokowi sebaiknya menyusun formasi kabinet dengan mempertimbangkan permintaan partai politik dan aspirasi rakyat.





“Presiden mestinya lebih mendengarkan masyarakat sebagai masukan penting untuk menentukan nama-nama yang dibutuhkan dalam Kabinet Kerja Jilid II,” ujar Silaen.

Meskipun ada adagium dalam politik bahwa tidak ada kawan dan lawan abadi yang ada hanya kepentingan abadi, apalagi musuh bebuyutan, inilah pelajaran penting bagi rakyat di akar rumput dalam menyikapi perbedaan pandangan politik yang dipertontonkan oleh elite politik.

“Rakyat jelata jangan sampai karena beda pilihan politik ‘jadi musuh apalagi sampai baku bunuh,” ujar Ketua Umum Generasi Muda Republik Indonesia (Gema-RI) itu.





Pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri pada Rabu (24/7/2019) dihiasi senyum dan tawa.

Prabowo tiba di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 12.30 WIB. Ia didampingi Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPP Partai Gerindra Edhy Prabowo.(JR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*