Pernah Jadi Panglima TNI, KSP Moeldoko Semakin Cepat dan Akurat Dukung Program Nelayan

Koordinator Bidang Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Siswaryudi Heru: Pernah Jadi Panglima TNI, KSP Moeldoko Semakin Cepat dan Akurat Dukung Program Nelayan.
Koordinator Bidang Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Siswaryudi Heru: Pernah Jadi Panglima TNI, KSP Moeldoko Semakin Cepat dan Akurat Dukung Program Nelayan.

Sosok Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko diyakini akan semakin cepat dan akurat mem-back up program-program Presiden Joko Widodo-Ma’aruf Amin di sektor Kelautan dan Perikanan. Terutama, program-program yang sudah dan masih akan dilakukan bagi Nelayan Indonesia.

Koordinator Bidang Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Siswaryudi Heru mengatakan, sosok seperti Moeldoko yang pernah menjadi Panglima TNI, sudah tepat melakukan percepatan program pro rakyat, seperti nelayan di lingkungan Istana Negara.

“Pak Moeldoko kan pernah jadi Panglima TNI. Pastinya beliau dekat dengan rakyat. Seperti hampir semua Nelayan juga dekat dengan para prajurit dan Panglima dari TNI. Nelayan yakin, dengan Pak Moeldoko sebagai Kepala KSP, program-program strategis bagi Nelayan akan cepat dan akurat untuk di-back up,” tutur Siswaryudi Heru, di Jakarta, Sabtu (26/10/2019).

Siswaryudi Heru yang juga Wakil Ketua Komite Tetap (Wakomtap) Hubungan Antar Lembaga Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) ini mengatakan, sejak Kepala KSP dipegang oleh Moeldoko, informasi dan berbagai langkah yang akan dilakukan oleh Presiden semakin cepat dan akurat.

Termasuk, untuk program-program dukungan bagi nelayan, menurut Siswaryudi Heru, sokongan dari KSP sangat diperlukan.

“Sehingga lebih mudah berkoordinasi dan bersinergi. Antara Nelayan dengan Istana Negara. Semakin cepat dan semakin akurat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Siswaryudi Heru yang juga Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan Pengurus Pusat Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT) mengakui, untuk sektor Nelayan, sangat dibutuhkan kerja-kerja KSP, dengan posisi dikomandoi oleh Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

Nah, nelayan sangat membutuhkan dukungan juga dari KSP. Dalam hal ini, posisi Pak Moeldoko. Itu sangat perlu dan dibutuhkan Nelayan,” ujar Siswaryudi Heru.

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan anggota kabinet kerja periode 2019-2024. Jokowi pun kembali mempertahankan Jenderal (Purn) TNI Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP).

Moeldoko sebelumnya menjadi KSP dari tahun 2018 menggantikan Teten Masduki. Kemudian, ia dipercaya lagi untuk periode 2019-2024. Moeldoko menikah dengan Koesni Harningsih pada 1985. Dari pernikahan tersebut, ia dikaruniai dua orang anak bernama Joanina Rachma dan Randy Bimantoro.

Kehidupan Moeldoko muda penuh dengan tantangan. Bahkan, pria kelahiran tahun 1957 ini pernah bekerja mengangkat batu dan pasir di kali selepas pulang sekolah.

Sebelum menjabat sebagai KSP, Moeldoko merupakan anggota TNI Angkatan Darat. Ia pun menghabiskan masa jabatannya di TNI dengan jabatan terakhir sebagai Panglima TNI.

Setelah pensiun dari TNI, Moeldoko menjadi petani. Sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Dia sempat disebut sebagai Panglima Petani. Karena melakukan pembaharuan dan sejumlah temuan, seperti bibit padi untuk para petani.

Sosok Moeldoko diyakini mampu mempermudah komunikasi, sigergi dan koordinasi dengan berbagai kalangan. Seperti kepada petani, buruh, dan nelayan.

Kekayaan Moeldoko tercatat di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Desember 2018 sebanyak Rp 49 miliar. Dari kekayaan tersebut, ternyata ia hanya memiliki satu mobil.

Moeldoko menempuh pendidikan militer di AKABRI, Magelang pada tahun 1981. Kemudian, ia juga sempat mengambil S-3 Administrasi Negara di Universitas Indonesia (UI).

Selain aktif di pemerintahan, Moeldoko juga merupakan pemilik dari perusahaan bus bernama PT Mobil Anak Bangsa. Produksinya pun baru resmi dijual pada Juli 2019 lalu.

Saat ini, Moeldoko kembali dipercaya oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai KSP. Tugasnya pun memberikan dukungan untuk program yang diusung Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan pengendalian program prioritas.(JR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*