Permudah Latihan Soal Pendidikan, Try Out Online Muncul Sebagai Alternatif

Permudah Latihan Soal Pendidikan, Try Out Online Muncul Sebagai Alternatif

- in DAERAH, EKBIS, NASIONAL
44
0
Permudah Latihan Soal Pendidikan, Try Out Online Muncul Sebagai Alternatif.

Belasan ribu soal pendidikan bisa diakses dengan gratis lewat Tryout Online. Dengan metode latihan, soal-soal berbagai mata pelajaran di sekolah itu bermanfaat meningkatkan mutu pembelajaran di dunia pendidikan Indonesia.

Terutama, untuk mengasah kepintaran atau kemampuan akademik menjelang diselenggarakannya ujian, mengakses dan melatih mengerjakan soal-soal yang disediakan di Tryout Online, akan mampu mendongkrak kesiapan anak didik menghadapi ujian.

Direktur Tryout Online Santoso Suratso menuturkan, lembaga Pendidikan.id meluncurkan web TryoutOnline.id yang menyediakan puluhan ribu soal latihan persiapan Ujian atau Ulangan Harian (UH), Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hingga Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SBMPTN) untuk siswa di seluruh Indonesia.

“Pelaksanaan UNBK akan berlangsung sebentar lagi. Seluruh siswa diharapkan mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum ujian benar-benar diselenggarakan. Tetapi pada kenyataannya, banyak sekali penyebab yang membuat pelajar Indonesia mengalami kesulitan belajar. Salah satunya ialah sedikitnya pasokan latihan soal untuk dikerjakan,” tutur Santoso, dalam keterangannya, Selasa (22/01/2019).

Sejauh ini, kebanyakan latihan soal hanya tersedia di buku paket, Lembar Kerja Siswa (LKS) ataupun buku-buku khusus latihan soal.

“Nah, membeli buku tentunya membutuhkan modal. Apalagi membeli buku-buku tersebut tidak bisa hanya dilakukan satu kali saja,” katanya.

Oleh karena itu juga, lanjutnya, Pendidikan.id mengerti dan memahami permasalahan yang dihadapi oleh kebanyakan pelajar Indonesia. Dimana generasi millenial saat ini sangat suka dengan sesuatu yang gratis, serta tidak bisa jauh dengan yang namanya internet dan gadget.

Pendidikan.id pun meluncurkan website Tryout Online yang dapat diakses secara gratis untuk seluruh siswa Indonesia.

Tercatat, sudah ada lebih dari 20.000 soal, dan masih akan bertambah terus, yang sudah tersedia dan bisa diakses oleh siswa SD, SMP hingga SMA, SMK dari seluruh Indonesia.

“Belasan ribu soal tersebut sudah mewakili persiapan untuk segala jenis ujian, mulai dari UH, UTS, UAS hingga UNBK sedangkan soal-soal untuk latihan UNBK telah disesuaikan dengan kisi-kisi UNBK,” tuturnya.

Tampilan web TryoutOnline.id juga didesain mirip dengan tampilan UNBK. Artinya, semakin banyak  berlatih di web ini, maka siswa akan semakin terbiasa dengan tampilan soal-soal UNBK.

“Siswa tidak akan lagi kebingungan dengan cara mengoperasikan sistem soal saat  mengerjakan UNBK nantinya,” ujar Santoso.

Setelah selesai mengerjakan satu paket soal, perhitungan nilai  akan langsung muncul secara otomatis, sehingga bisa menjadi tolak ukur kemampuan dan penguasaan materi siswa seketika itu juga. Jika nilai yang didapat jelek, itu artinya siswa masih perlu belajar lebih banyak lagi.

Dia menegaskan, semua soal latihan di TryoutOnline.id sudah terjamin kredibilitasnya. Sebab, soal-soal itu disusun oleh guru-guru sekolah yang berpengalaman dari seluruh Indonesia.

Tidak hanya sekedar berpengalaman, banyak juga guru berprestasi tingkat nasional yang berpartisipasi dalam pembuatan soal-soal itu. Di antaranya, Alif Hanifah yaitu peraih juara II Guru SMA Berprestasi Tingkat Nasional 2018 dan Budi Santoso, Ketua MGMP Biologi Jawa Timur.

Ia melanjutkan, Pendidikan.id akan berusaha meningkatkan kualitas soal dan guru yang terlibat, sekaligus terus menambah jumlah koleksi soal setiap bulannya. “Sehingga siswa tidak perlu khawatir akan kehabisan paket soal,” ujar Santoso.

TryoutOnline.id bisa diakses via smartphonetablet maupun dari Private Computer (PC). Tidak ada biaya sama sekali untuk memanfaatkan semua fasilitas yang ada. Sekali melakukan register maka siswa bisa segera mencoba latihan mengerjakan ribuan soal-soal yang sudah tersedia setiap saat.

Santoso menejelaskan, kini, pelajar Indonesia bisa mendapatkan soal-soal latihan online yang lengkap, gratis dan kredibel. Untuk itu, para siswa bisa mengunjungi situs: www.TryoutOnline.id. “Untuk mencoba dan merasakan kemajuan teknologi di era digital ini,” ujarnya.

Mesin Mirip ATM Tidak Perlu Pakai Kuota Internet

Marketing Manager Tryout Online, Indah Setianingsih menuturkan, sejumlah sekolah sudah menerapkan latihan soal dari Tryout Online yang diluncurkan oleh Pendidikan.id.

Mereka bahkan sudah melakukan launching program ini. SMA Labschool Universitas Negeri Surabaya (Unesa), melakukan launching perdana dengan mengusung tema, Pemanfaatan IT untuk Pendidikan-Sekolah Menuju 100% Digital. Kegiatan dilakukan pada Pameran Pendidikan SMA-SMK di JX International Convention, Surabaya.

“Kritikan tidak adanya perkembangan yang signifikan dalam sistem pendidikan di Indonesia sejak 100 tahun yang lalu, kini menemui titik temu. Era digital merupakan kesempatan bagi dunia pendidikan Indonesia untuk mengubah dan mengembangkan sistem pendidikan yang lebih modern dan lebih dekat dengan dunia pelajar di zaman sekarang,” tutur Indah Setianingsih.

SMA Labschool Surabaya, sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Universitas Surabaya, didirikan dengan tujuan agar bermanfaat sebagai praktik mengajar, penelitian pendidikan, dan inovasi dalam dunia pendidikan.

Pada acara Pameran Pendidikan SMA-SMK, yang digelar pada 10-12 Janunari 2019, di JX International Convention, Jalan Ahmad Yani, Surabaya itu, lanjut Indah, SMA Labschool membuktikan sebagai sekolah yang berorientasi dengan inovasi pendidikan.

Diiterangkannya, terdapat dua produk informasi teknologi terbaru yang ditampilkan di acara pameran, pada stand 121, SMA Labschool, yaitu, Kipin ATM. Produk ini adalah sebuah Kios Pintar Digital yang berbentuk seperti mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), berisi ribuan buku pelajaran sekolah terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupa elektronik Book atau E-Book.

Mesin ini juga berisi video pembelajaran berbasis kurikulum 2013, latihan soal tryout dan Komik Literasi (All in One).

Keunggulan lainnya dari Kipin ATM, lanjut Indah, ialah tidak membutuhkan jalur internet. “KIPIN ATM hanya menggunakan jalur listrik saja, sudah langsung bisa digunakan,” ujarnya.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan wifi yang terdapat di dalam mesin yaitu KIPIN eduSPOT. Dimana, semua data dalam KIPIN ATM dapat diunduh secara gratis oleh para siswa, tanpa mengurangi pulsa ataupun kuota internet.

Produk yang kedua adalah Pendidikan Tryout Online (PTO). Indah menjelaskan, SMA Labschool sudah menerapkan sistem PTO, yaitu sistem digitalisasi pelaksanaan latihan dan ujian di sekolah yang selama ini menggunakan kertas. Sekolah kini telah beralih menjadi sistem online dengan memanfaatkan media digital seperti smartphone, tablet dan PC.

Pendidikan Tryout Online Berguna Bagi Sekolah, Guru dan Siswa

Kepala Sekolah SMA Labschool Surabaya, Dewi Purwati mengatakan, pihaknya selalu berinisiatif memanfaatkan teknologi informasi terbaru untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia.

“Dan kami mempersilakan masyarakat untuk mencoba teknologi yang sudah diterapkan di SMA Labschool Surabaya dengan gratis,” ujarnya.

Pengunjung, baik siswa  SD, SMP, dan SMA di sekitar Surabaya bisa mendapatkan buku pelajaran, video pembelajaran dan komik yang menarik lewat perpustakaan digital yang dinamakan KIPIN ATM. “Selain itu para siswa juga bisa mencoba Tryout Online secara gratis yang sudah disediakan di stand SMA Labschool,” tutur Dewi.

Dia menjelaskan, pemanfaatan sistem  Pendidikan Tryout Online (PTO) sangat berguna bagi Sekolah, sebab menghemat biaya pengadaan kertas.

“Karena tidak lagi mencetak dan meng-copy berkas ujian, serta efisiensi dalam penyimpanan naskah soal,” ujarnya.

Sedangkan bagi para Guru, manfaatnya yakni memberikan kesempatan maksimal bagi guru dalam penggunaan teknologi, untuk menyediakan latihan atau ujian.

Sistem unduh nilai dapat dilakukan dengan mudah dan sudah dilengkapi dengan grafik dan statistik untuk menganalisa hasil siswa.

“Penghitungan hasilnya pun tidak lagi dikerjakan secara manual oleh guru, namun sudah digantikan oleh sistem PTO yang akan menghemat waktu karena lebih cepat dan akurat,” ujarnya.

Sedangkan bagi para siswa, kemanfaatan PTO yakni dapat diakses melalui gadget atau PC yang sudah akrab di kalangan generasi millenial, khususnya siswa-siswi sekolah. Sehingga menjadikan latihan atau ujian menjadi lebih mudah dan sederhana. “Sistem PTO ini juga akan bermanfaat untuk adaptasi siswa dalam pelaksanaan ujian CBT (Computer Based Test) saat UNBK,” ujarnya.(JR)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like