Breaking News

Perkenalkan Budaya Indonesia Ke Level Dunia, Komunitas Gondang Saurdot HKBP Jatiwaringin Dikirim ke Asean Week 2019 di Korea Selatan

Perkenalkan Budaya Indonesia Ke Level Dunia, Komunitas Gondang Saurdot HKBP Jatiwaringin Dikirim ke Asean Week 2019 di Korea Selatan. Perkenalkan Budaya Indonesia Ke Level Dunia, Komunitas Gondang Saurdot HKBP Jatiwaringin Dikirim ke Asean Week 2019 di Korea Selatan.

Komunitas Gondang Saurdot Pimpinan Budayawan Alden Tua Siringo-ringo dikirim ke Asean Week 2019, Korea Selatan.

Komunitas Gondang Saurdot yang selama ini berbasis di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, akan menampilkan suguhan musik etnik Batak, dengan drama musikal di Seoul Plaza, Korea Selatan.




Pegiat Seni Budaya Batak dari Komunitas Gondang Saurdot, Gugun Nancy Simanungkalit menuturkan, selama ini, Komunitas ini dilatih bermain musik dan mengenal Budaya Batak bagi kalangan generasi muda melalui kegiatan-kegiatan kegerejawian.

Di bawah pimpinan Alden Tua Siringo-ringo, lanjutnya, Komunitas Gondang Saurdot dipercaya sebagai salah satu komunitas budaya Indonesia yang menjadi delegasi yang dibawa oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mengikuti Asian Week 2019.

“Komunitas Gondang Saurdot dari HKBP Jatiwaringin dipercaya sebagai delegasi budaya dan musik Indonesia dari etnik Batak, untuk mengikuti Asean Week 2019, di Seoul, Korea Selatan,” tutur Gugun Nancy Simanungkalit, di sela persiapan keberangkatan Tim Komunitas Gondang Saurdot, di Jatiwaringin, Sabtu (08/06/2019).




Dengan tema, Komunitas Gondang Saurdot Goes To Korea As Indonesian Delegates On ASEAN Weeks 2019, Seoul 12-17 June 2019, komunitas ini membawa nama Indonesia, untuk memperkenalkan seni dan budaya Batak ke dunia internasional, sekaligus mempromosikan Indonesia sebagai Negara tujuan wisata dunia yang kaya akan keragaman seni budaya.

Sebanyak 7 orang anggota Tim Komunitas Gondang Saurdot dipersiapkan untuk mengikuti Asean Week 2019 di Korea Selatan. Tim terdiri dari 7 orang pemain musik, 1 orang pimpinan yakni Alden Tua Siringo-ringo yang juga berperan sebagai Datu atau Pemimpin Spiritual dalam pementasan, 2 orang penari, 1 orang narrator dan 1 orang official.

Menurut Gugun Nancy Simanungkalit, Komunitas Gondang Saurdot di HKBP Jatiwaringin itu dikelola secara professional, dengan memperkenalkan budaya dan musik Batak kepada generasi muda di perantauan.




Para pemainnya kebanyakan adalah anak-anak remaja dan pemuda yang lahir besar di perantauan. Sejumlah kegiatan telah dilakukan Komunitas ini, termasuk Road Show Ke Bona Pasogit (Kampung Halaman), keliling Sumatera Utara, tahun lalu.

“Generasi Muda jangan sampai tercerabut dari akar budayanya. Ini tanggung jawab kita bersama untuk melestarikan dan meneruskan adat, budaya dan musik Batak ke generasi muda,” tuturnya.

Negara-negara di Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN-Korea Center akan mengadakan Pekan ASEAN 2019 atau ASEAN Week 2019 yang digelar dari 14 hingga 16 Juni di Seoul Plaza, Korea Selatan.




Acara ini memperingati 30 tahun Hubungan Dialog ASEAN-Republik Korea (ROK) dan peringatan 10 tahun ASEAN-Korea Center. Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran ASEAN, terutama menjelang KTT Peringatan ASEAN-ROK di bulan November 2019.

ASEAN Week 2019 akan menampilkan berbagai acara, yaitu ASEAN-Korea Music Festival pada 14 Juni, ASEAN Fashion Festival pada 15 Juni dan ASEAN Travel Talk pada 16 Juni.

Pengunjung juga dapat menikmati kegiatan lain yang akan tersedia di seluruh acara, seperti Pertunjukan Budaya ASEAN yang dipersembahkan oleh 70 pemain dari 10 negara ASEAN, Pameran Gaya Hidup & Desain ASEAN yang akan menggabungkan budaya tradisional dan lokal, Booth Promosi Pariwisata ASEAN dan ASEAN Center.



 

Upacara pembukaan acara, yang akan diadakan pada 14 Juni 2019, akan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal ASEAN-Korea Centre Lee Hyuk, Walikota Seoul Park Won-soon dan Singtong Lapisatepun, Duta Besar Thailand untuk Republik Korea. Setelah upacara, Festival Musik akan menampilkan pertunjukan budaya dan penyanyi K-Pop, yaitu Kim Jun-su dan The One.

Sementara itu, Festival Mode akan diadakan pada hari berikutnya dengan menyoroti desainer ASEAN, di antaranya adalah Paul Direk dari Thailand yang telah berpartisipasi dalam 2018 Vienna Fashion Week dan Farhanna Pura dari Brunei Darussalam yang telah mengambil bagian dalam London Fashion Week 2017.

Kegiatan itu dirangkai dengan mode tradisional dan kontemporer ASEAN. Pakaian akan ditampilkan di landasan pacu oleh Nana Keum, Duta Besar Kehormatan Pusat ASEAN-Korea, bersama dengan model ASEAN. Di malam hari, penyanyi Soyou dan The One akan mengadakan konser khusus.




Mereka yang tertarik untuk bertualang di negara-negara ASEAN diundang untuk bergabung dengan Travel Talk pada 16 Juni. Dengan tema My Trip to ASEAN, acara ini akan menyediakan sesi berbagi tentang situs dan tujuan wisata ASEAN oleh selebritas Korea, Hwang Gwanghui dan travel wartawan Shin Iksu. Selain itu, kupon pencicip makanan juga akan tersedia untuk pengunjung pra-terdaftar di situs web ASEAN-Korea Center dan Blog Naver Travel Plus.

Lee Hyuk mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ASEAN Week 2019 akan menjadi acara resmi pertama yang dilakukan untuk merayakan peringatan 30 tahun Hubungan Dialog ASEAN-ROK.




Dia mendorong orang untuk berpartisipasi dalam acara tersebut karena mereka akan dapat mengalami berbagai aspek ASEAN, dari mode dan gaya hidup hingga seni, pariwisata dan makanan.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*