Peringati Hari Kartini dan Sambut Hari Raya Lebaran, GMKI Jakarta Gelar Aksi Orasi Kemanusiaan di Salemba Raya

Peringati Hari Kartini dan Sambut Hari Raya Lebaran, GMKI Jakarta Gelar Aksi Orasi Kemanusiaan di Salemba Raya

- in DAERAH, EKBIS, HUKUM, NASIONAL, POLITIK, PROFIL
4013
0
Foto: Kolase Aksi Orasi Kemanusiaan Memperingati Hari Kartini dan menyambut Hari Raya Lebaran 1414 H oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Jakarta (GMKI Jakarta), di Jalan Salemba Raya 49, Jakarta Pusat, Jumat malam (21/04/2023). (Ist)Foto: Kolase Aksi Orasi Kemanusiaan Memperingati Hari Kartini dan menyambut Hari Raya Lebaran 1414 H oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Jakarta (GMKI Jakarta), di Jalan Salemba Raya 49, Jakarta Pusat, Jumat malam (21/04/2023). (Ist)

Puluhan anggota Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Jakarta (GMKI Jakarta) menyambut Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1414 Hijriah dan sekaligus memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan menggelar aksi Orasi Kemanusiaan, di depan Sekretariat GMKI Cabang Jakarta, di Jalan Salemba Raya 49, Jakarta Pusat, Jumat malam (21/04/2023).

Koordinator Departemen Masyarakat BPC GMKI Jakarta, Fernando Simanjuntak, menyampaikan, aksi damai berupa orasi sembari bakar ban bekas di Jalan Salemba Raya 49 Jakarta Pusat itu, adalah untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April.

“Sekaligus untuk menyambut perayaan Hari Raya Lebaran oleh Saudara-Saudari kita Umat Islam. Isi aksi berupa orasi-orasi kemanusiaan dan juga persaudaraan, serta memperjuangkan hak-hak kaum perempuan,” tutur Fernando Simanjuntak dalam keterangannya, Sabtu (22/04/2023).

Fernando Simanjuntak juga menyampaikan, aksi orasi-orasi kemanusiaan itu dilakukan secara spontan.

“Kami dari GMKI Cabang Jakarta memperingati Hari Kartini. Bersama Irwan Siagian, Riston, Putri, dan anggota GMKI Jakarta lainnya, menggelar aksi spontanitas,” lanjutnya.

Meski sempat ada aksi bakar ban bekas, menurut dia, aksi orasi-orasi kemanusiaan GMKI Jakarta itu berjalan tertib dan aman. Jalur lalu lintas di sepanjang Jalan Salemba Raya juga tidak mengalami gangguan. Berjalan lancar.

“Karena tanggal 21 April berkenaan dengan Hari Kartini, maka kawan-kawan menyampaikan orasi politik untuk menyampaikan hak-hak perempuan di seluruh Indonesia. GMKI Cabang Jakarta menyampaikan hak politik, seraya meminta Pemerintah dan Negara segera melindungi hak-hak kaum Perempuan Indonesia,” tandas Fernando Simanjuntak.(RED)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Hakim ‘Gemes’ di Sidang Bongkar Kejahatan Biksu Perempuan dan Keluarganya pada PN Jakarta Utara

Persidangan kasus pidana dengan Nomor Perkara 246/Pid.B/2024, di