Peringati Hari Kartini, Barisan Emak Emak Bersatu ajak Perempuan Indonesia Tangguh di Tengah Pandemi

Peringati Hari Kartini, Barisan Emak Emak Bersatu ajak Perempuan Indonesia Tangguh di Tengah Pandemi

- in DAERAH
23
0

JAKARTA – Puluhan emak-emak yang tergabung dalam Barisan Emak-Emak Bersatu (BEB) mengajak perempuan Indonesia untuk tetap kuat dan semangat menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Trizna Khanza, Koordinator Nasional BEB dalam kegiatan memperingati Hari Kartini dengan tema “Kartini Kuat di Tengah Pandemi, Perempuan Pahlawan Keluarga dan Sikap Kepedulian Sosial” di Victory Futsal, Jakarta Utara, Kamis (22/04/2021).

Trizna mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan yang tinggi terhadap sosok RA Kartini yang inspiratif.

Dia menilai, keteguhan hati dan perjuangan Kartini yang tak lelah hingga wafat mewariskan emansipasi bagi wanita Indonesia hingga sekarang.

“Warisan ini yang membuat perempuan Indonesia berhak mendapatkan pendidikan dan kedudukan yang sejajar seperti pria,” kata Trizna Khanza dalam sambutannya.

Menurut Trizna, di masa pandemi ini, peran perempuan sangat terlihat jelas. Seperti, ketika kondisi ekonomi masyarakat dan keluarga melemah, perempuan-perempuan Indonesia khususnya emak-emak dengan kegigihannya ikut membantu membangkitkan ekonomi keluarga.

“Inilah semangat keteladanan kartini yang tertanam didalam diri setiap perempuan Indonesia. Kuat dan mandiri,” tegasnya.

Kendati demikian, BEB percaya bahwa pemerintah sedang bekerja keras untuk mengatasi wabah virus Covid-19 yang semakin berdampak disetiap kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui kegiatan ini BEB mengajak seluruh perempuan di Indonesia terkhusus emak-emak agar terlibat aktif melindungi diri dan keluarga dan peduli terhadap lingkungan sosial.

Di tengah polemik peraturan pemerintah terkait pelarangan mudik lebaran, BEB menyatakan mendukung peraturan tersebut guna mencegah penyerabaran virus Covid-19 yang semakin masif.

Tak hanya itu, BEB juga mendukung penuh kinerja pemerintah dalam menjaga ketersedian bahan pangan pokok dan kestabilan harga di pasar jelang lebaran.

Trizna menambahkan, emak-emak Indonesia juga harus ikut terlibat mensukseskan ekonomi nasional dengan bangga membeli produk-produk dalam negeri.

“Terakhir mengajak seluruh emak-emak Indonesia untuk terlibat aktif menjaga situasi yang aman dan kondusif dengan melindungi keluarga dari hasutan dan provokasi intoleran, anarkisme maupun radikalisme,” pungkasnya.

Selain memperingati hari Kartini, BEB juga melaksanaan kegiatan lainnya, yakni pemberian bantuan bencana alam di NTT, santuan kepada anak yatim piatu dan pembagian takjil kepada masyarakat.(Richard)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like