Breaking News

Peringati 90 Tahun Sumpah Pemuda, Gepenta Hadirkan Kakorbinmas, Veteran dan Sumbang Korban Bencana Palu

Momentum Bangkitkan Semangat Juang Pemuda Pemudi

Momentum Bangkitkan Semangat Juang Pemuda Pemudi, Peringati 90 Tahun Sumpah Pemuda, Gepenta Hadirkan Kakorbinmas, Veteran dan Sumbang Korban Bencana Palu.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba Tawuran dan Anarkis (DPN Gepenta) Brigjen Pol (Purn) DR Parasian Simanungkalit mengingatkan para kaum muda serta setiap elemen bangsa dan negara Indonesia, agar tetap teguh kepada Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, untuk Tanah Air Satu, Bangsa Satu dan Bahasa Satu yaitu Indonesia.

Hal itu disampaikan Brigjen Pol Purn Parasian Simanungkalit dalam Peringatan Sumpah Pemuda ke yang mana Gepenta menggelar acara  bertajuk Tingkatkan Peran serta Gepenta dalam Kamtibmas, di Hotel 88, Jalan Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (28/10/2018).

Acara tersebut dihadiri Kakor Binmas Baharkam Mabes Polri, Irjen Pol Drs Arkian Lubis. Dilakukan juga pendandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba Tawuran dan Anarkis (DPN Gepenta) Brigjen Pol (Purn) DR Parasian Simanungkalit dengan Kakor Binmas Baharkam Mabes Polri, Irjen Pol Drs Arkian Lubis.

“Isi kesepakatannya,  memberi penugasan  kepada jajaran Gepenta di seluruh Indonesia mesosialisasikan Perpolisian Masyarakat dan Bela Negara, baik pada masa perang maupun pada masa non perang dan mengatasi Bencana Alam,” tutur Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba Tawuran dan Anarkis (DPN Gepenta) Brigjen Pol (Purn) DR Parasian Simanungkalit, dalam keterangan pers, Rabu (31/10/2018).

Dalam Laporan Ketua Panitia Pelaksana yaitu Ketua DPP Gepenta DKI Jakarta Raya, dr Steven PB Simanungkalit, dijelaskan dalam rangka meningkatkan peran serta pemuda dalam mempertahankan NKRI dan memberikan bantuan kepada Polri agar tercipta kondisi Kamtibmas yang kondusif, maka Gepenta menyelenggarakan Peringatan 90 Tahun Sumpah Pemuda.

Kegiatan itu dihadiri  kader dan pengurus Gepenta se-Jabodetabek. Kesempatan itu pun untuk melakukan konsolidasi dalam meningkatkan peran serta masyarakat dalam menciptakan Kondisi Kamtibmas di Indonesia menjelang, pada dan paaca Pemilu serentak pada tahun 2019 mendatang.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba Tawuran dan Anarkis (DPN Gepenta) Brigjen Pol (Purn) DR Parasian Simanungkalit menyampaikan, peringatan Sumpah Pemuda ke-90 tahun ini memberikan motivasi kepada seluruh Pemuda Generasi Penerus beserta seluruh Bangsa Indonesia untuk meningkatkan Cinta Tanah Air Indonesia.

Hal itu pula yang telah diikrarkan oleh para pemuda, putra dan putri seluruh Nusantara, pada 28 Oktober 2018, yang menyebut bertumpah darah satu, Tanah air Indonesia; Berbangsa satu, Bangsa Indonesia, dan Berbahasa Satu, Bahasa Indonesia.

“Jadi sejatinya seluruh Bangsa Indonesia mempunyai tugas mewarisi jiwa semangat dan nilai juang para pemuda tahun 1928 dan kemudian dilanjutkan merebut kemerdekaan Penjajah. Sehingga dapat memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia 17 Augustus 1945,” ujar Parasian Simanungkalit.

Generasi Penerus Bangsa, lanjutnya, para Pemuda Pemudi mempunyai kewajiban melanjutkan peejuangan untuk tetap mempertahankan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kakor Binmas Baharkam Polri Irjen Polisi Drs Arkian Lubis menyampaikan, untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif di seluruh Indonesia, Polri bersama rakyat dapat bersatu agar dapat mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas.

“Mengingat bahwa Gepenta berada di semua daerah wilayah di Indonesia, diharapkan dapat bersama komponen Polri di daerah untuk mensosialisasikan peran serta masyarakat mencegah terjadinya tindak pidana,” tutur Arkian Lubis.

Dia menjelaskan, mitra Polri itu adalah TNI dan Polri di seluruh Indonesia, bersatu melakukan upaya agar semua rakyat patuh hukum tidak melakukan perbuatan pidana.

Dengan adanya strategi Polri dalam Pemolisian Masyarakat, maka Polri melakukan pembinaan kepada masyarakat agar menjadikan dirinya menjadi patuh hukum dan tidak berbuat tindak pidana.

“Maka di Indonesia akan tercipta Kondisi Kamtibmas yang kondusif,” ujarnya.

Dalam acara itu, sejumlah warga Veteran Republik Indonesia turut hadir dan menyanyikan Mars Veteran.

Para veteran memberi semangat perjuangan dan melanjutkan jiwa dan semangat serta nilai juang para pahlawan. Dengan lirik mars Veteran, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia menjadi pejuang bertekad bulat mempertahankan Negara Indonesia berdasarkan Pancasila.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan secara Simbolis pakaian baru dan bekas untuk diserahkan kepada Pengungsi warga Gepenta di Posko Gepenta Palu. Penyerahan dilakukan oleh Ibu Mindo Chandra kepada Ketua Umum DPN Gepenta.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*