Peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta Akan Dihadiri Prabowo Subianto

Tak Jadi Ke Istana Negara, Buruh KSPI Gelar Acara May Day di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta Akan Dihadiri Prabowo Subianto.

Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) menggelar Aksi May Day di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Hal itu berbeda dari yang sebelumnya direncanakan akan menurunkan ratusan ribu buruh ke depan Istana Negara.




Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan, perubahan lokasi itu setelah perwakilan buruh bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) dan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, pada Jumat, 26 April 2019 lalu.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan aksi peringatan May Day dengan cara mengelar rapat akbar di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pada tanggal 1 Mei 2019.

“Dengan demikian tidak ada titik kumpul di Patung Kuda Indosat maupun longmarch ke Istana negara. Seluruh peserta aksi May Day dari KSPI langsung menuju Tennis Indoor Senayan,” ujar Said Iqbal, dalam siaran pers yang diterima redaksi, Rabu pagi (01/05/2019).

Dia menyampaikan, Peringatan May Day kali ini akan dimulai pukul 10.30 WIB hingga selesai. Menurut Said Iqbal, di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Calon Presiden Prabowo Subianto dijadwalkan hadir dan menyampaikan orasi politik di hadapan kaum buruh.

Perlu diketahui, dalam May Day tahun 2018 lalu, Prabowo Subianto juga hadir dalam peringatan May Day yang diselenggarakan KSPI di Istora Senayan.

Peringatan May Day di Jakarta akan diikuti 50 ribu buruh dari Jabodetabek, Purwakarta, Serang, dan Cilegon. Selain itu, ratusan ribu buruh juga melakukan aksi May Day di berbagai daerah industri di Indonesia. Seperti Bandung, Semarang, Jepara, Jogjakarta, Gresik, Surabaya, Bogor, Tangerang, Cianjur, Sukabumi, Bekasi, Aceh, Medan, Makassar, Palu, Banjarmasin, Samarinda Maluku, Lombok, dan Papua.

Adapun tema yang akan diangkat dalam May Day tahun ini adalah Kesejahteraan Buruh dan Demokrasi Jujur Damai. Sedangkan isu yang akan disuarakan adalah Tolak Upah Murah – Cabut PP 78/2015 – Naikkan Komponen KHL Menjadi 84 Item, Hapus Outsourcing dan Pemagangan yang Berkedok Outsourcing, Tingkatkan Manfaat Jaminan Kesehatan dan Jaminan Pensiun, Turunkan Tarif Dasar Listrik dan harga Sembako, Tingkatkan Kesejahteraan dan Pendapatan Guru dan Tenaga Honorer serta Pengemudi Ojek Online (Ojol).

Selain itu, demi tegakkan demokrasi yang jujur dan damai, KSPI menyerukan kepada kaum buruh untuk ikut serta mengawal form C1 di KPU wilayah masing-masing.

“KSPI juga mengundang rekan-rekan wartawan untuk meliput kegiatan May Day yang dipusatkan di Lapangan Tennis Indoor Senayan. Tanggal 1 Mei 2019 jam 10.30 sampai dengan selesai,” ujar Said Iqbal.

Terkait pembatalan rencana aksi long march buruh ke Istana Negara, tetapi berpindah ke Tennis Indoor Senayan, Presiden KSPI Said Iqbal membantah apabila alasan kepindahan itu karena adanya intervensi dari pemerintah.

“Tidak ada. Kami independen. Bayar sendiri. Nentuin tempat sendiri. Biasa kita pindah tempat,” ujar Said Iqbal.

Menurut dia, alasan kepindahan itu justru karena KSPI mementingkan Prabowo Subianto. Sebab, mereka takut tidak banyak yang mendengarkan apabila Prabowo melakukan pidato di jalanan.

“Enggak mungkin Pak Prabowo pidato di lapangan. Kita juga pertimbangkan faktor kondusif dan keamanan juga. Jadi di dalam ruangan,” ujarnya.




Menurut Said Iqbal, KSPI hanya akan fokus melakukan aksi di Tennis Indoor Senayan. Sedangkan di daerah lainnya jaringan KSPI juga akan mengadakan aksi. Misalnya di Bandung, Surabaya, dan Makassar.

KSPI selama ini memang memiliki kontrak politik dengan Prabowo-Sandiaga. Namun KSPI tidak mengundang Sandiaga. Menurut dia selama ini memang KSPI memiliki kedekatan khusus dengan Prabowo. Said menampik apabila ketidakhadiran Sandiaga karena posisi cawapres itu sebagai pengusaha. “Enggak ada kaitannya. Memang selalu Pak Prabowo,” tutupnya.(JR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*