Breaking News

Perempuan Syarikat Islam Didorong Berkarya Di Sektor Usaha Untuk NKRI

Diskusi Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI)

Bicara Kewirausahaan, Nur Asia Salahuddin Uno Turun ke Jawa Timur.

Para perempuan muslim mendorong perlunya syarikat Islam untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang merdeka secara hakiki, tanpa sekat-sekat.

Hal itu terungkap dalam Diskusi Publik yang digelar oleh Pengurus Wilayah Sarekat Muslimin Indonesia (Semmi) Jawa Timur, di Sekretariat Syarikat Islam Jawa Timur, Andhika Plaza, Surabaya, kemarin.

Semmi yang merupakan organisasi sayap dari ormas Syarikat Islam itu mengangkat tema Peran Wanita Syarikat Islam Dalam Memenangkan Visi Syarikat Islam.

Ketua Wanita Syarikat Islam Jawa Timur, Dewi Mufarodjah menyampaikan, wanita muslimin harus bersinergi memenangkan Visi Syarikat Islam. “Yaitu memerdekakan NKRI secara hakiki, lahir dan bathin, melalui kerja terus menerus, tanpa sekat dengan berbagai kelompok lain, tanpa sekat dengan ormas maupun pemerintahan,” tutur Dewi, Rabu (14/11/2018).

Lebih lanjut, dalam diskusi yang diselenggarakan oleh Bidang Pemberdayaan Wanita SEMMI Jatim dan Pengurus Wilayah Syarikat Islam Jawa Timur itu, Dewi mengajak kaum wanita untuk untuk berkarya nyata dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Di tempat yang sama, Ketua Bidang Pemberdayaan Wanita SEMMI Jatim, yang juga sebagai mahasiswi, Diah menekankan, pihaknya ingin membangun gelombang kesadaran wanita millenial dengan menitikberatkan pada usaha-usaha pemberdayaan ekonomi.

“Serta membangun kesadaran wanita untuk berdiri membawa bendera Syarikat Islam dengan spirit HOS Tjokroaminoto yang menghendaki berdayanya Bumi Putra,” ujar Diah.

Dia mengatakan, posisi kaum wanita dengan pria dalam membangun perekonomian pun memiliki tugas dan fungsi yang sama-sama berat.

“Bahwa perempuan dan laki laki itu kata salah satu murid HOS Tjokroaminoto–pendiri Syarikat Islam-yaitu Bung Karno, bahkan mengibaratkan laki-laki dan perempuan ibarat sayap, yang keduanya harus sama-sama bergerak sesuai dengan kapasitasnya masing-masing,” ujar Diah.

Ketua Pengurus Wilayah Sarekat Mahasiswa Muslimin Indonesia (Semmi) Provinsi Jawa Timur, Abdullah Amas menegaskan, Wanita Syarikat Islam telah memiliki banyak negarawan yang mumpuni.

Sekedar menghitung, lanjut dia, peran wanita syarikat Islam di Tanah Air pun nyata, yakni ada yang jadi Gubernur, ada yang bekerja di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan juga di berbagai dunia usaha.

“Yang diperlukan selanjutnya adalah menjaga spirit, mengkonsolidasikan, supaya menjadi gelombang, supaya terus menjadi madu yang mengalir bagi Republik ini di segala bidang, energi itu harus terus dikobarkan. Dan kita melihat, Wanita Syarikat Islam Jatim sangat aktif menjalankan mission itu, seperti kunjungan ke panti asuhan, kegiatan donor darah dan lain-lain,” tutur Abdullah Amas.

Di kepengurusannya pun,  Amas memastikan akan memberikan porsi yang sangat besar bagi kaum wanita. “Semmi Jawa Timur bahkan setelah saya, bagus juga kalau dipimpin seorang perempuan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, di Semmi, ada sejumlah bidang dan konsentrasi kegiatan yang mampu memberdayakan wanita Semmi, seperti lembaga otonom lain yakni Lembaga Pers Semmi, LBH Semmi dan lainnya.

Ketua Syarikat Islam Jatim, Wachid Hasyim menekankan, peran wanita dan juga ormas-ormas sayap Syarikat Islam di Jawa Timur memiliki agenda menyebarluaskan mindset kewirausahaan di kalangan umat dan pemberdayaan masyarakat.

“Kita gelorakan terus semangat pendiri Syarikat Islam HOS Tjokroaminoto,” ujarnya.

Wachid Hasyim juga menegaskan, gerak Syarikat Islam harus selalu berkesinambungan. “Jangan kadang-kadang saja semangatnya lalu hilang dalam waktu lama. Kita tak mau timbul tenggelam,” ujar Wachid.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*