Perangi Narkoba, Kostrad Tes Urine Prajurit Secara Dadakan

Perangi Narkoba, Kostrad Tes Urine Prajurit Secara Dadakan.

Ratusan prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) mendadak dibariskan dan di-tes urine di Makostrad Gambir, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2017).

 

Tes urine tersebut dilaksanakan untuk mencegah sekaligus memberantas narkoba di TNI AD, khususnya di satuan Kostrad.

 

Kepala Penerangan Kostrad Kolonel Inf Agus Bhakti menjelaskan, tes urine dadakan itu dipimpin oleh Wakil Asisten Intelijen Kaskostrad Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H.

 

“Dan dilakukan secara acak kepada ratusan personel Kostrad selepas melaksanakan upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 tahun 2017,” ujar Kolonel Inf Agus Bhakti dalam keterangan pers-nya, Senin (22/05/2017).

 

Dalam kegiatan itu, Wakil Asintel Kaskostrad Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya menyampaikan, penyalahgunaan dan peredaran narkoba tidak hanya mengenai masyarakat biasa, melainkan semua instansi bisa terkena dampaknya.

 

“Tak terkecuali aparat seperti TNI,” ujar Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya.

 

Dia juga menegaskan, narkoba adalah musuh bersama. Karena itu, TNI AD khususnya Kostrad juga dituntut untuk ikut serta perang dalam melawan narkoba.

 

“Tidak hanya melakukan tindakan represif, kami juga menjalankan langkah preventif. Kami secara rutin menggelar penyuluhan kepada seluruh prajurit untuk memerangi bahaya narkoba. Kalau ada prajurit yang sampai terjerat narkoba, tidak ada toleransi,” tegas Letnan Kolonel Inf Putrawidyawinaya.

 

Sementara itu, Kepala Kesehatan Kostrad Kolonel Ckm dr. Fias, SpPD, SINASIM. mengatakan, hasil tes urine tersebut akan diperiksa tim medis Kesehatan Kostrad.

 

“Nantinya, sampel urine prajurit kami akan diperiksa di laboratorium, dan dalam waktu dekat hasilnya akan diketahui,” ucap Kakes Kostrad.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan