Breaking News

Pengguna Internet Mencapai 415 Juta, PMKRI Diminta Tularkan Kampanye Damai di Media Sosial

Pengguna Internet Mencapai 415 Juta, PMKRI Diminta Tularkan Kampanye Damai di Media Sosial.

Kalangan muda dan mahasiswa diminta menularkan pesan-pesan kampanye damai dan penyebaran Kasih lewat media sosial.

Peningkatan tajam pengguna internet, bisa menjadi persoalan dan sekaligus tantangan bagi kalangan mahasiswa, serta seluruh elemen masyarakat.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementrian Komunikasi dan Informasi (Sekjen Kominfo) Niken dalam Kuliah Umum Perkembangan Teknologi di Era Industri 4.0., pada Lokakarya Nasional Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), di Gedung Pusat Pastoral Keuskupan Bandung, Selasa (26/02/2018).

Niken pun menyarankan agar PMKRI, mempergunakan sosial media sebagai sarana kampanye menjaga persatuan dan kesatuan d itengah maraknya kabar bohong atau hoax yang tersebar melalui media sosial.”PMKRI harus mengambil peran sekecil apapun dalam menjunjung persatuan dan kesatuan,” tutur Niken.

Pada kesempatan tersebut, Niken memaparkan berbagai fakta penggunaan internet di Indonesia yang mencapai 415.000.000 pengguna. Jumlah itu melebihi jumlah penduduk di Indonesia.

“Kaum millennial sebanyak 60% tak punya rekening tabungan, tapi mereka sebanyak 85 % punya ponsel,” ujar Niken.

Oleh karena itu, dia mengingatkan agar para mahasiswa dan aktivis meningkatkan minat baca untuk mengurangi hoax.

Media sosial sebagi pilar demokrasi karena bisa mempengaruhi situasi politik. Menurut dia, di tahun 2030, Indonesia akan menjadi negara maju.

“Inilah masanya anak-anak muda sekarang ini. Dan ini akan menjadi kesempatan emas bagi generasi millennial sekarang,” ujarnya.

Niken juga mengatakan,  banyak juga yang memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk menyebarkan kebencian dan hoax. Seperti, diantara akun-akun tersebut, ada sekelompok komunitas membuat akun palsu untuk menyebarkan hoax.

“Di dunia maya, dalam 1 menit memiliki banyak jutaan informasi di media sosial baik itu informasi negatif maupun informasi positif,”jelasnya.

Ke depan, Niken berharap, setiap anak muda, seperti kader PMKRI, kiranya memanfaatkan media sosial sebagai sarana persaudaraan yang universal.

“Kita harus menyampaikan iman kita dalam media sosial secara universal. Contohnya, membuat tagar kasihilah sesama manusia. Kita harus menjadi oase kehidupan bahwasannya perlu kasih dalam menjalani kehudupan,” tutup Niken.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*