Pengadilan Diminta Segera Panggil Pembawa Acara TV Dalton Ichiro Tanonaka Dalam 8 Hari

Pengadilan Diminta Segera Panggil Pembawa Acara TV Dalton Ichiro Tanonaka Dalam 8 Hari

- in HUKUM, NASIONAL
142
0
Pengadilan Diminta Segera Panggil Pembawa Acara TV Dalton Ichiro Tanonaka Dalam 8 Hari. – Foto: Pembawa Acara Televisi Nasional Dalton Ichiro Tanonaka. (Net)Pengadilan Diminta Segera Panggil Pembawa Acara TV Dalton Ichiro Tanonaka Dalam 8 Hari. – Foto: Pembawa Acara Televisi Nasional Dalton Ichiro Tanonaka. (Net)

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) diminta segera memanggil Pembawa Acara Televisi Nasional Dalton Ichiro Tanonaka untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Ketentuan itu pemanggilan itu diberikan selama 8 hari. Hal itu disampaikan Advokat Senior, Hartono Tanuwidjaja, di Jakarta, Senin (07/12/2020).

Hartono Tanuwidjaja yang menjadi Kuasa Hukum dari seorang korban penipuan yang dilakukan Dalton Ichiro Tanonaka, berinisial HPR itu menjelaskan, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) harus segera memberikan teguran kepada Dalton Ichiro Tanonaka dan atau PT Melia Media Internasional.

Permintaan Aan maning atau teguran tersebut terkait dengan penolakan permohonan Kasasi yang diajukan Dalton Ichiro mantan pembawa acara televisi nasional dalam perkara penipuan yang dilakukan kepada berinisial HPR.

“Memperbaiki putusan Pengadilan Tinggi Jakarta, putusan nomor: 106/PDT/2017/PT DKI tanggal 20 April 2017 juncto putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan nomo: 395/PDT.G/PN.JKT.Sel tanggal 31 Maret 2016. Dalam konvensi mengabulkan gugatan Penggugat Konvensi untuk sebagian. Menyatakan Para Tergugat telah terbukti melakukan perbuatan ingkar janji atau Wanprestasi terhadap Penggugat,” kata Hartono.

Dalam putusan tersebut, Majelis Hakim juga menghukum para Tergugat secara tanggung renteng mengembalikan dana investasi yang pernah disetorkan oleh HPR kepada Dalton sebesar 500 ribu Dolar Amerika.

Menurut Hartono, pembayaran dilakukan dalam bentuk mata uang Rupiah sesuai kurs yang diterbitkan Bank Indonesia.

Hartono menambahkan, pada prinsipnya, dalam perkara Perdata pelaksanaan putusan pengadilan dilakukan oleh pihak yang dikalahkan.

Akan tetapi, terkadang pihak yang kalah tidak mau menjalankan putusan secara sukarela. Di dalam peraturan perundang-undangan tidak diatur jangka waktu jika putusan akan dilaksanakan secara sukarela oleh pihak yang kalah.

Pihak yang menang dapat meminta bantuan pihak pengadilan untuk memaksakan eksekusi putusan berdasarkan Pasal 196 HIR yang berbunyi, “Jika pihak yang dikalahkan tidak mau atau lalai untuk memenuhi isi keputusan itu dengan damai, maka pihak yang menang memasukkan permintaan baik dengan lisan maupun surat kepada Ketua Pengadilan Negeri yang tersebut pada ayat pertama Pasal 195 HIR. Untuk menjalankan itu ketua menyuruh, memanggil pihak yang dikalahkan itu serta memperingatkan supaya ia memenuhi keputusan itu di dalam tempo yang ditentukan oleh ketua yang selama-lamanya delapan hari”.

Oleh karena itu Hartono meminta agar Ketua PN Jaksel segera memanggil Dalton Ichiro Tanonaka atau PT Melia Media Internasional dalam waktu delapan hari.

“Maka berdasarkan hal tersebut agar kiranya ketua PN Jakarta Selatan berkenan mengabulkan permohonan kami,” ujarnya.(Nando)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

Listyo Sigit Didesak Minta Maaf Kepada Orang Batak

“Tak Perlu Diapresiasi Berlebihan, Memang Itu Sudah Tugas