Pendeta Gomar Gultom Sebut Tawaran Mengelola Tambang Bukan Ranah PGI

Pendeta Gomar Gultom Sebut Tawaran Mengelola Tambang Bukan Ranah PGI

- in DAERAH, EKBIS, HUKUM, NASIONAL, POLITIK, PROFIL
762
3
Foto: Pdt Gomar Gultom, Ketua Umum PGI. (Net)Foto: Pdt Gomar Gultom, Ketua Umum PGI. (Net)

Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Pdt Gomar Gultom, menegaskan, tawaran Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang ditawarkan kepada Ormas Keagamaan, bukanlah ranah yang bisa dikerjakan.

PGI sendiri tak menampik adanya tawaran itu, namun dikarenakan hal tersebut bukan menjadi tugas dan tanggung jawab PGI, maka hal tersebut tidak pas untuk dikelola oleh PGI.

“Sudah pasti bahwa masalah tambang ini bukanlah bidang pelayanan PGI, dan tidak juga memiliki kemampuan di bidang ini. Ini benar-benar berada di luar mandat yang dimiliki oleh PGI,” tutur Pdt Gomar Gultom, dalam keterangannya, Kamis (6/6/2024).

Bagaimana pun, kata dia, PGI melihat ada niat baik dari Presiden Indonesia Joko Widodo, untuk melibatkan unsur Ormas Keagamaan dalam pengelolaan IUP.

“Apresiasi saya terhadap keputusan Presiden yang memberikan IUP kepada lembaga keagamaan, hendaknya tidak dipahami bahwa PGI sedang menyediakan diri untuk ikut dalam pengelolaan tambang,” ujarnya.

“Sejak awal saya mengingatkan bahwa lembaga keagamaan memiliki keterbatasan dalam hal ini dan juga mengimbau lembaga keagamaan untuk fokus pada pembinaan umat,” lanjut Gomar.

“Saya tentu menghormati keputusan lembaga keagamaan yang akan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh Keputusan Presiden tersebut. Dalam kaitan inilah saya menyambut positif Keputusan Presiden seraya mengingatkan perlunya kehati-hatian,” katanya.

Tetapi menyangkut PGI sendiri, kata dia, pihaknya belum memiliki sikap resmi. “Kami justru sedang ditugaskan untuk mengkaji hal ini karena masih diliputi ragam kontroversi di dalamnya,” ujar Gomar.

Selain itu, harus dipertimbangkan juga bahwa selama ini PGI aktif mendampingi korban-korban kebijakan pembangunan, termasuk korban usaha tambang.

“Ikut menjadi pelaku usaha tambang potensial akan menjadikan PGI berhadapan dengan dirinya sendiri kelak dan akan sangat rentan kehilangan legitimasi moral,” tandasnya.(RED)

3 Comments

  1. Pingback: Pendeta Gomar Gultom Sebut Tawaran Mengelola Tambang Bukan Ranah PGI – Faktual Polres Pasuruan Kota

  2. Pingback: Pendeta Gomar Gultom Sebut Tawaran Mengelola Tambang Bukan Ranah PGI – Lensa Kota

  3. Pingback: Pendeta Gomar Gultom Sebut Tawaran Mengelola Tambang Bukan Ranah PGI – Pojok Lensa Kota

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Pemerintah Beri WIUPK Kepada Ormas Keagamaan; KIARA: Praktik Penciptaan Konflik Horizontal Antar Masyarakat Yang Menolak Tambang dengan Ormas Keagamaan!

Pada tanggal 30 Mei 2024, Presiden Joko Widodo