Pemkab Nias Barat Terima Kunjungan Rombongan DPRD Provinsi Sumatera Utara

Pemkab Nias Barat Terima Kunjungan Rombongan DPRD Provinsi Sumatera Utara.
Pemkab Nias Barat Terima Kunjungan Rombongan DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Nias Barat, Sinarkeadilan.com – Pemerintah Kabupaten Nias Barat (Pemkab Nias Barat) menerima kunjungan rombongan DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pada Rabu (22/07/2020).

Rombongan DPRD Sumut yang terdiri dari Ketua DPRD Provinsi Sumut Baskami Ginting bersama anggota DPRD Provinsi Sumur dari Daerah Pimilihan Pulau Nias (Dapil-8) Sumatera Utara Budieli Laia, Thomas Dachi, Pdt Berkat Kurniawan Laoli, Edward Zega dan Tukari Talunohi.

Kunjungan ini disambut oleh Sekda Pemerintah kabupaten Nias Barat Prof Dr Fakhili Gulö, yang mewakili Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat. Sebab, Bupati dan Wakil Bupati sedang berada di luar daerah. Pertemuan dilakukan di Kantor Bupati Nias Barat.

Kedatangan rombongan DPRD Provinsi Sumut disambut dengan pengalungan bunga sebagai penghormatan. Pengalungan bunga dilakukan oleh parw Srikandi Pariwisata Bumi Aekhula.

Kemudian dirangkai dengan sapaan dari Sekda Pemerintah kabupaten Nias Barat Prof Dr Fakhili Gulö. Sekda menyampaikan beberapa informasi mengenai keberadaan Kabupaten Nias Barat sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB). Kabupaten Nias Barat didominasi sektor pertanian, perkebunan dan usaha tani lainnya sebesar 55 %. Selebihnya adalah pedagang, pengrajin dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pemerintah Kabupaten Nias Barat juga sudah membangun jalan sejauh 725 Kilometer. Kondisi jalan yang megalami kerusakan berat sebanyak 42%. “Selebihnya kondisinya rusak ringan,” tutur Sekda Pemerintah kabupaten Nias Barat Prof Dr Fakhili Gulö.

Dari kondisi alam, Nias Barat adalah sebuah kawasan indah, jika dilihat dari pegunungan, ataupun dari pantai.

“Begitu banyak seni dan budaya, serta batu megalite sebagai kebanggan Nias Barat,” ujarnya.

Permasalahan Air bersih, lanjut Sekda, merupakan hal serius di Kabupaten Nias Barat. “Untuk itu, diharapkan Bapak Ketua dan Bapak-bapak Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, kiranya kami di Kabupaten Nias Barat ini mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” harap Sekda.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mengaku terharu dan tersanjung atas sambutan luar biasa yang disuguhkan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Barat kepada rombongan DPRD Provinsi Sumut.

Baskami Ginting mengatakan, dirinya dan para anggota DPRD Sumut, khususnya yang berasal dari Daerah Pimilihan Pulau Nias (Dapil-8) di Nias Barat, mengajak ikut bertanggung-jawab terhadap membangun dan memajukan Kabupatèn Nias Barat.

Di samping itu, tujuan khusus lainnya ialah melihat secara langsung seperti apa penyaluran Bantuan Sosial Jaring Pengaman Sosial (Bansos JPS) Provinsi Sumut.

“Sekaligus mau mendengar apa yang sesungguhnya dibutuhkan di Nias Barat ini. Apakah bansos JPS, BLT atau bentuk lainnya. Kemudian, kami juga mau berdialog dan ingin mendengar masukan-masukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Apa yang bisa kita bangun dan kita lakukan di Nias Barat ini,” tutur Baskami Ginting.

Selanjutnya acara diteruskan di Pantai Sirombu sekaligus meninjau lokasi destinasi Pariwisata dan Pembangunan Jalan Nasional ring-road menuju Kabupaten Nias Utara.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari Kabupaten Nias Barat kepada Ketua DPRD Provinsi Sumut. Demikian juga dari DPRD Provinsi Sumut kepada Sekda Nias Barat.

Selanjutnya ada juga penyerahan Baju Adat kepada pada Anggota DPRD oleh Sekda, Asisten dan Staf Ahli. Perkunjungan diakhiri dengan sesi foto bersama.(fdodogulo)faagulo

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan