Pemilu 2019 Momen Menguji Kedewasaan, Indonesia Jangan Terpecah Belah

Pemilu 2019 Momen Menguji Kedewasaan, Indonesia Jangan Terpecah Belah.

Masyarakat Indonesia diharapkan tetap menjaga tali silaturahmi dan menghindari perpecahan, meskipun memiliki pilihan yang berbeda dalam Pemilu 2019.

Pemilu 2019 ini, masih menjadi momentum menguji kedewasaan Indonesia dalam berdemokrasi dan menjunjung persatuan dan kesatuan sebagai Negara Indonesia.

Hal itu disampaikan Sekjen Jatim Institute, Yudo Adianto Salim, dalam siaran persnya, Senin (15/04/2019).

“Momentum Pemilu 2019 ini Indonesia jangan terpecah belah. Semua kalangan harus menjaga tali persatuan dan kesatuan di momentum Pemuli 2019 ini,” tuturnya.

Dia mengingatkan, salah satu bentuk demokrasi yang diamanatkan oleh UUD 1945 adalah terselenggaranya Pemilu. Karenanya, lanjut Yudo, masyarakat hendaknya turut aktif dalam pesta demokrasi ini.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk memilih wakil rakyat dan pemimpin sesuai kapasitas, kualitas dan hati nurani,” ujar pria yang juga akrab disapa Adi ini.

Sementara itu, Ketua Bidang Hukum dan HAM Jatim Institute, Willy Innocenti menekankan agar masyarakat menghindari golput.

“Dengan adanya pesta demokrasi ini, semua pihak menyambut dengan antusias yang tinggi. Kita harus tetap menghormati siapapun pemimpin yang akan terpilih, inilah salah satu bentuk kedewasaan dalam proses berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Momen pemilu tahun ini, lanjutnya, dilaksanakan secara serentak yang belum pernah didiadakan sebelumnya. Jatim institute berharap, semua kalangan dapat berpartisipasi dalam menciptakan iklim pemilu yang damai, bersih, dan demokratis.(JR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*