MP BPJS Sumbagut-Aceh Dorong Peningkatan Kepesertaan BPJS

Masyarakat Peduli Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (MP BPJS) Wilayah Sumatera Bagian Utara-Aceh (Sumbagut-Aceh) menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) MP BPJS se Sumbagut-Aceh di Kota Medan (20/11/2016).

 

Dalam kegiatan tersebut Hery Susanto Koordinator Nasional MP BPJS dalam sambutannya mengatakan, Rakorwil MP BPJS Wilayah Sumbagut-Aceh merupakan Rakorwil pertama di Pulau Sumatera. Untuk itu, Hery Susanto berharap Rakorwil MP BPJS mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kepesertaan BPJS, baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan.

 

Menurut Hery, kepesertaan BPJS akan meningkat apabila manfaat program dan pelayanan nya BPJS dirasakan baik untuk masyarakat.

 

“Selama ini problem terbesar dirasakan masyarakat dalam pelayanan BPJS Kesehatan yakni pelayanan di rumah sakit mitra BPJS. 75 persen peserta BPJS Kesehatan banyak mengeluhkan pelayanan yang masih buruk di RS. Bentuk pelayanan itu yakni antrian yang panjang, kamar kosong dibilang penuh, pasien pulang paksa ditagih biaya pelayanan kesehatan oleh pihak RS tapi juga ada pasien yang dipaksa pulang karena banyak pengeluaran biaya kesehatan di RS, dan lain-lain,” ujar Hery.

 

Sedangkan pelayanan di BPJS Ketenagakerjaan, sambung Hery, masih ada persoalan yang harus dibenahi yakni pada saat pendaftaran, pencetakan kartu BPJS Ketenagakerjaan serta pembayaran klaim atas Jaminan Hari Tua (JHT) yang terlalu lama.

 

“Jadi, masih ada banyak yang harus dikerjakan bersama-sama. Mudah-mudahan kehadiran MP BPJS dapat menjawab persoalan tersebut,” ucap Hery.

 

Ditempat yang sama, Koordinator Wilayah MP BPJS Sumbagut-Aceh, Zainal Arifin Sinambela mengatakan, MP BPJS Wilayah Sumbagut-Aceh siap menjalankan rekomendasi Rakorwil MP BPJS untuk mendorong peningkatan kepesertaan BPJS.

 

“Kami akan dirikan posko pengaduan peserta BPJS Kesehatan dan pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan di wilayah ini. Melalui posko-posko MP BPJS ini juga akan dilakukan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat agar memahami program dan pelayanan BPJS,” ujar Zainal.

 

Sementara itu, Perwakilan Divisi Regional BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagut-Aceh, Ismet Tanjung mengatakan, akan memperbaiki kinerja pelayanan BPJS kesehatan di wilayah nya. Menurutnya, BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagut-Aceh sangat merespon positif hadirnya MP BPJS dalam bentuk kegiatan layanan posko pengaduan bagi peserta BPJS Kesehatan.

 

“Yang penting spiritnya adalah demi pelayanan kepesertaan publik luas,” ucapnya.

 

Kepala Bagian Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut-Aceh, Bambang Irawan juga menyambut baik dibentuknya posko MP BPJS untuk pendaftaran Kepesertaan BPJS ketenagakerjaan di wilayahnya.

 

“Ini menjadi mitra strategis bagi kami utamanya dalam target peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di masa depan,” tukasnya. (Richard)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan