Menuju Sekolah Tinggi Teologia HKBP Yang Ideal

Oleh: Pdt Saut Hamonangan Sirait

Panitia Pembangunan Perpustakaan STT HKBP Pematangsiantar, Ketua STT HKBP DR Hulman Sinaga, Pdt Saut Hamonangan Sirait, Hans Tongam Lumbantobing bersama Praseses HKBP Distrik Jakarta Pdt Midian KH Sirait.
Panitia Pembangunan Perpustakaan STT HKBP Pematangsiantar, Ketua STT HKBP DR Hulman Sinaga, Pdt Saut Hamonangan Sirait, Hans Tongam Lumbantobing bersama Praseses HKBP Distrik Jakarta Pdt Midian KH Sirait.

Mensyukuri penyertaan Tuhan yang paling nikmat dalam hidup adalah di saat kelelahan mendera tubuh. Maksimalisasi dan optimalisasi di dalam proses untuk menggapai sesuatu pasti menyedot energi, menguras tenaga, menggebuk pikiran dan menggerus hati.

Sejak Sabtu sore, 18 Januari 2020, tiba di Jakarta. Kami bagai klandestin udik, bergerilya di kota super metropolis Jakarta. Berdua dengan Ketua STT HKBP, DR Hulman Sinaga.




Kami berupaya untuk membujuk dan merayu agar dapat berjumpa. Manakala bertemu, harus mengolah pikiran untuk memproduksi kata dan data yang mampu meyakinkan semua orang.

Apalagi yang dihadapi adalah kaum profesional, intelektual dengan pengalaman empirik yang tidak tanggung-tanggung dalam bidangnya, baik di dalam maupun di luar negeri. Puji Tuhan, misi dari kampus tercapai, on target.

Rencana Seminar Pengkajian Akademik Reposisi Zending memperoleh dukungan yang luar biasa. Secara pribadi saya sedikit obesesif menyangkut reposisi zending.




Saya dapat memastikan perubahan signifikan mengenai pemahaman teks dan konteks Alkitab secara komprehensif. Akan terjadi perubahan paradigma terhadap pemaknaan zending, baik dari segi substansi (biblika), pemahaman (dogmatis) maupun kerangka strategi pada dunia yang begitu cepat dan terus menerus berubah.

Zending dalam dunia yang semakin pluralis dengan teknologi yang menjaring semua orang dalam Internet of Things (IOT). Wajah umat Kristen atau gereja akan berubah dengan hasil seminar pengkajian akademik reposisi zending. Efeknya akan seperti bola salju atau snowball effect.

Pembangunan perpustakaan yang bagi sebagian orang dianggap ambisius, karena akan menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, ternyata sangat memperoleh tempat di hati orang Jakarta.




Praeses HKBP Distrik Jakarta, Pdt Midian KH Sirait menjadi simpul tersendiri. Beliau memang memiliki religiositas dan spiritualitas yang unik dengan STT HKBP. Segala saraf dan urat-urat nadinya akan sontak bila mendengar pembangunan STT HKBP.

Segalanya ingin dikerahkan agar kampus STT HKBP Berjaya. Meski beliau menyelesaikan Sarjana Teologianya dari Universitas Dutawacana, Yogyakarta. Sungguh terima kasih dan penghargaan khusus teramat layak disematkan kepada Praeses Midian Sirait.

Bahkan tanpa banyak berpikir beliau langsung memerintahkan untuk membangun 1 ruang kuliah dari 4 yang sangat dibutuhkan segera.




Salah satu yang menjadi bagian terpenting dalam menaikkan akreditasi adalah bidang penelitian. Ketua STT HKBP, Dr Hulman Sinaga sangat menekankan hal itu.

Dengan niat sadar, saya menghubungi DR Sri Nuryanti, kerap kupanggil Ito Yanti, seorang ahli dari Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI), yang ahli mendril, mengajari kami dengan detail untuk program penelitian yang akan segera dilakukan STT.

Terima kasih untuk Ito Yanti, yang menyediakan waktu yang luas dan bersedia terus mendampingi STT ke depan dengan sukarela.




Esoknya Selasa, subuh kami akan kembali ke kampus tercinta di STT HKBP Pematangsiantar. Masih banyak yang mesti dilakukan, diproses, besok dan selanjutnya. Berbaur dengan para mahasiswa untuk membangun kampus yang indah dan bersih secara bersama-sama.

Fungsionaris telah merancang konsep yang merajut kebersamaan dalam bentuk program taman kelas atau kebun per-dosen pembimbing.

Tentu, tidak ada yang sekali jadi, bahkan berkali-kali, ribuan kali, biasa gagal. Tetapi satu kepastian, maksimalisasi proseslah tugas manusia, hasilnya berada di tangan Tuhan.




Masksimalisasi itu yang bisa kita jamin dan pastikan. Di luar itu adalah otoritas Tuhan. Do The Best, Let God Do The Rest!

Tuhan, penuh haru bersyukur padaMU.

Dalam kecamuk rindu pulang ke kampus STT HKBP tercinta.

Pdt Saut Hamonangan Sirait

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*