Menteri Yang Ditunjuk Tidak Faham dan Tidak Profesional, Ini Tiga Kemunduran di KKP

Menteri Yang Ditunjuk Tidak Faham dan Tidak Profesional, Ini Tiga Kemunduran di KKP.
Menteri Yang Ditunjuk Tidak Faham dan Tidak Profesional, Ini Tiga Kemunduran di KKP.

Sosok yang ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo di periode kedua pemerintahan Joko Widodo dianggap tidak profesional dan tidak memahami persoalan di sektor kelautan dan perikanan.

Ketua DPP Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Marthin Hadiwinata menyampaikan, ada tiga kemunduran yang terjadi dengan ditunjuknya Edhy Prabowo sebagai MKP oleh Presiden Joko Widodo.

Kemunduran pertamamenteri terpilih untuk KKP dipimpin politisi. Sudah seharusnya KKP yang terkait dengan produksi pangan perikanan nasional dipimpin oleh professional, yang paham masalah produksi perikanan dari akar rumput hingga kebijakan nasional.

Kedua, menjadikan posisi KKP sebagai transaksi ke mantan lawan, menunjukan Jokowi tidak mendudukkan dalam perhatian utama terhadap kelautan dan perikanan.

“Karena jika masih menjadi fokus, seharusnya tidak ditransaksikan,” tutur Marthin Hadiwinata, kamis (24/10/2019).

Ketiga, kondisi ini bergeser sangat jauh dari cita-cita poros maritim, yang menunjukkan pemerintah hanya akan menjadikan laut sebagai sumber daya yang akan dieksploitasi.

“Terlihat dari adanya nomenklatur Kementerian Maritim dan Investasi,” ujar Marthin.

Ditambah lagi, kata dia, kompetensi person yang ditunjuk tidak ada kaitannya dengan maritime. Dan tidak ada evaluasi atas kinerja sebelumnya. “Ini adalah kemunduran besar Jokowi,” ujar Marthin.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan