Breaking News

Masyarakat Tionghoa di Jakarta Tekad Bulat Bela NKRI, Paguyuban Hakka Gandeng PBBS dan Vihara Gelar Bagi Sembako Anti Hoax

Masyarakat Tionghoa Jakarta

Masyarakat Tionghoa di Jakarta Tekad Bulat Bela NKRI, Paguyuban Hakka Gandeng PBBS dan Vihara Gelar Bagi Sembako Anti Hoax di permukiman warga, di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu, 25 Agustus 2019. Acara berlangsung Pukul 07.30 WIB sampai dengan Pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh Ketua Umum Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera (PHIS) Sugeng Prananto, Ketua Umum Per¬kumpulan Persaudaraan Be¬rastagi Sejahtera (PPBS) Hansen Sinulingga, Suhu Dutavira Stavira atau Ben dari Vihara Avalokitesvara Taman Sari, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs Ricky F Wakanno, Dandim Jakarta Barat Letkol Avianta Wicaksono, Kanit Binmas Polsek Taman Sari Iptu Ratno. Masyarakat Tionghoa di Jakarta Tekad Bulat Bela NKRI, Paguyuban Hakka Gandeng PBBS dan Vihara Gelar Bagi Sembako Anti Hoax di permukiman warga, di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu, 25 Agustus 2019. Acara berlangsung Pukul 07.30 WIB sampai dengan Pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh Ketua Umum Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera (PHIS) Sugeng Prananto, Ketua Umum Per¬kumpulan Persaudaraan Be¬rastagi Sejahtera (PPBS) Hansen Sinulingga, Suhu Dutavira Stavira atau Ben dari Vihara Avalokitesvara Taman Sari, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs Ricky F Wakanno, Dandim Jakarta Barat Letkol Avianta Wicaksono, Kanit Binmas Polsek Taman Sari Iptu Ratno.

Masyarakat keturunan Tionghoa di Jakarta bertekad bulat membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Paguyuban masyarakat Tionghoa Jakarta yang terdiri dari Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera (PHIS), Per­kumpulan Persaudaraan Be­rastagi Sejahtera (PPBS) dan Vihara Avalokitesvara Taman Sari, bersama jajaran Korbinmas Baharkam Mabes Polri menggelar rangkaian acara kebulatan tekad membela NKRI, dengan membagi-bagikan sembako kepada warga masyarakat.

Kegiatan diselenggarakan di permukiman warga, di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu, 25 Agustus 2019.  Acara berlangsung Pukul 07.30 WIB sampai dengan Pukul  10.00 WIB.

Kegiatan ini diikuti oleh Ketua Umum Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera (PHIS) Sugeng Prananto, Ketua Umum Per­kumpulan Persaudaraan Be­rastagi Sejahtera (PPBS) Hansen  Sinulingga, Suhu Dutavira Stavira atau Ben dari Vihara Avalokitesvara Taman Sari, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs Ricky F Wakanno, Dandim Jakarta Barat Letkol Avianta Wicaksono, Kanit Binmas Polsek Taman Sari Iptu Ratno.

Kegiatan dan pembagian sembako dihadiri dan dilakukan bagi sebanyak 2000 warga. Rangakaian kegiatan dimulai dengan pertemuan di Kantor Koramil Taman Sari. Pertemuan diterima oleh Dandim 0503 Jakarta Barat Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi. Pertemuan juga diikuti Muspika Kecamatan Taman Sari, Lurah, Ketua RW, Ketua-Ketua RT dan Ibu-ibu Persit.

Ketua Umum Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera (PHIS) Sugeng Prananto menyampaikan, keluarga dan masyarakat Tionghoa di Jakarta mencintai Indonesia, mencintai Jakarta dan masyarakatnya.

“Kita bersama masyarakat bertekat membela NKRI. Pembagian sembako ini bagian dari kepedulian kita bersama untuk masyarakat,” tutur Sugeng Pranoto.

Dandim 0503 Jakarta Barat, Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi yang didampingi Koramil 01/Tamansari Kodim 0503/Jakarta Barat Mayor Inf Rohani, menyampaikan rasa syukurnya. Kegiatan pembagian sembako itu, pasti sangat bermanfaat bagi masyarakat dan warga Taman Sari.

Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brijen Pol Drs Ricky F Wakanno atau yang akrab disapa Bang Ricky menyampaikan, kegiatan pembagian sembako kepada 2000-an warga itu sebagai wujud kepedulian antar sesama warga.

Bang Ricky menerangkan, bersama TNI-Polri, warga masyarakat dan Komunitas Tionghoa yang berada di Vihara Avalokitesvara Taman Sari pimpinan Suhu Ben, untuk bersatu mewujudkan keluarga Pancasila.

“Mujudkan keluarga yang Pancasila. Hindari idologi sesat yang bertentangan dengan Pancasila. Mari saling bergotong-royong. Juga hindari ujaran kebencian,” tutur Ricky.

Ricky juga menekankan, perlawanan masyarakat terhadap penyebaran hoax harus terus dilakukan. Sebab penyebaran informasi sesat seperti itu akan merusak bangsa dan persaudaraan masyarakat.

“Hindari penyebaran hoax. Hindari persekusi, hindari radikalisme. Sebab, itu semua nanti merugikan diri sendiri. Membuat hidup bermasyarakat tidak nyaman,” ujarnya.

Ricky juga mengajak warga di Taman Sari, bersama Dandim, Kapolres dan Pemerintah Kota Jakarta Barat untuk melakukan kegiatan-kegiatan Bela Negara. “Kagiatan bela Negara bisa dimulai dari tingkat kelurahan,” ujarnya.

Kegiatan itu juga didinamisir oleh Ricky dengan bersama-sama meneriakkan yel-yel, Siapa Kita, Indonesia. NKRI, Harga Mati. Pancasila, Abadi. Yang dilanjuti dengan tepuk tangan dan sorak sorai meriah.

Setelah pembagian sembako, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan peninjauan ke Vihara Avalokitesvara. Selanjutnya kegiatan ditutup dalam suasana keakraban dengan sarapan pagi bersama.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*