Breaking News

Masih Di Tangan Pihak Ketiga, Dirut PD Pasar Jaya Akan Pecat Oknum Bawahan Yang Curang

Kok Dirut Perumda Pasar Jaya Belum Tahu Persoalan di Pasar Senen.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin berjanji akan segera merespon persoalan para pedagang di Pasar Senen itu.

“PD Psar Jaya tidak bermain-main dengan aturan yang harus ditegakkan. Saya tidak ada komentar lainnya, karena Pasar Jaya adalah Perusahaan BUMD,” ujar Arief ketika dikonfirmasi, Selasa (22/01/2019).

Arief pun berjanji akan menindaktegas oknum-oknum yang bermain curang dan juga para petugas yang korup di Blok 3 Pasar Senen.

“Jika ada yang melakukan kecurangan itu hanya oknum, bukan Pasar Jaya sebagai institusi. Dan tindakan tegas kepada oknum-oknum itu adalah pemecatan sebagai karyawan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Humas PD Pasar Jaya Amanda Gita menjelaskan, untuk urusan pemasaran kios di Blok 3 Pasar Senen masih dikelola oleh bagian Pemasaran.

“Terkait Pasar Senen, untuk penjualan kios masih hak pemasarannya kepada pihak ketiga,” ujar Amanda Gita.

Memang, lanjut dia, pengelolaan Pasar Senen sudah ditangan PD Pasar Jaya. Tetapi pemasarannya belum ke PD Pasar Jaya.

“Untuk pengelolaannya sudah di Pasar Jaya, akan tetapi untuk pemasarannya masih di pihak ke 3,” ujarnya.

Manajer Unit Pasar Besar (UPB) Senen, Yamin Pane menjelaskan, PD Pasar Jaya yang sudah berubah nama menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) itu, dalam membangun pasar-pasar di Pasar Jaya memiliki 2 skema, yaitu pasar dibangun oleh Pasar Jaya dan kedua, pembangunannya bekerjasama dengan pihak ketiga.

“Salah satunya yang dibangun dengan bekerja sama pihak ketiga adalah pembangunan Blok 3 Pasar Senen,” ujar Yamin Pane.

Oleh karena itu, pembangunan pasar yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, maka hak pemasaran atau penjualannya adalah pihak ketiga.

“Itu sesuai PKS (Perjanjian Kerjasama). Dan, Perumda Pasar Jaya tidak menjual kios,” ujar Yamin.

Untuk penempatan para pedagang, khususunya pedagang eksisting, lanjutnya, dilakukan sesuai hasil zoning yang sudah disampaikan ke para pedagang.

“Dan itu telah kami sepakati  sebelum pembangunan dilakukan. Jadi, sesuai kesepakatan itu di poin pertama, hak menjual kios ada di pihak pengembang,” katanya.

Namun Yamin Pane dan pihak PD Pasar Jaya tidak bisa menjelaskan sampai berapa lama masa kerjasama dengan pihak ketiga akan berakhir. Sebab, ketentuan itu seharusnya sudah ada di dalam kesepakatan dengan para pedagang juga.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*