Luncurkan Beragam Inovasi, Wakil Jaksa Agung Apresiasi Rakernis Pidana Umum Kejaksaan

Luncurkan Beragam Inovasi, Wakil Jaksa Agung Apresiasi Rakernis Pidana Umum Kejaksaan

- in NASIONAL
33
0

JAKARTA – Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi, mengapresiasi penyelenggaraan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Tindak Pidana Umum (Pidum) pada satuan kerja Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung.

“Penyelenggaraan Rakernis Pidum tahun 2021 itu bagus. Panitianya profesional dalam menggelar acara yang dilaksanakan secara virtual dan diikuti jajaran pidum kejaksaan seluruh Indonesia,” kata Setia Untung Arimuladi, Jumat (03/09/2021).

Sebelumnya, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dalam sambutannya yang dibacakan Setia Untung Arimuladi pada penutupan Rakernis Pidum mengatakan, berbagai pemikiran yang membangun korps adhyaksa telah disampaikan oleh para peserta dan materi yang disampaikan oleh nara sumber diyakini mampu menambah pengetahuan, serta memperluas jangkauan berfikir dalam menyikapi suatu keadaan.

Pembaharuan pengetahuan ini penting untuk semua sebagai salah satu cara untuk mengevaluasi dan menemukan solusi atas segala problematika pelaksanaan tugas yang dinamis, khususnya diluar tugas sehari-hari.

“Saya harap berbagai solusi yang dihasilkan dan didiskusikan menjadi jawaban atas berbagai problematika yang mengemuka, dan dapat dirumuskan dalam rekomendasi yang akan menjadi pegangan atau guidance para jaksa dalam pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Burhanuddin mengapresiasi inovasi aplikasi Case Management System (CMS) Public dan Dashboard CMS, yaitu aplikasi yang diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memantau langsung perkembangan perkara tindak pidana umum di Kejaksaan.

“Diharapkan melalui aplikasi ini transparansi dan akuntabilitas kinerja kejaksaan dapat terjaga. Selain itu, tentunya aplikasi ini menjadi bukti nyata upaya Kejaksaan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ucapnya.

Jajaran bidang Pidana Umum dalam Rakernis kali ini juga meluncurkan buku Pedoman Penanganan Perkara Tindak Pidana Umum.

Tentunya kodifikasi buku pedoman itu sangat dinanti oleh seluruh jajaran Pidum, mengingat selama ini terdapat begitu banyak buku pedoman yang tersebar.

“Penyatuan pedoman ini diharapkan bisa memudahkan para jaksa dalam mempedomaninya, sehingga terbangun kesamaan pandangan dan sikap aparat Kejaksaan dalam menyelesaikan berbagai isu penegakan hukum di lingkungan tindak pidana umum,” ujarnya.(Richard)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Di Rakernis Pembinaan, Wakil Jaksa Agung Tekankan Kreativitas dan Inovasi Kunci Pembenahan Sistem Manajemen SDM

JAKARTA – Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi