Liga Europa: Si Nyonya Tua Tak Sanggup Kalahkan Si Burung Kenari

Liga Europa: Si Nyonya Tua Tak Sanggup Kalahkan Si Burung Kenari

- in DAERAH, DUNIA, NASIONAL, OLAHRAGA
595
0
Liga Europa, Hasil Juventus vs Nantes, Skor 1-1, Si Nyonya Tua Tak Sanggup Kalahkan Si Burung Kenari. – Foto: Angel Di Maria berebut bola dengan pemain lawan di laga Juventus vs Nantes, Liga Europa 2022/2023. (Fabio Ferrari/LaPresse via AP)Liga Europa, Hasil Juventus vs Nantes, Skor 1-1, Si Nyonya Tua Tak Sanggup Kalahkan Si Burung Kenari. – Foto: Angel Di Maria berebut bola dengan pemain lawan di laga Juventus vs Nantes, Liga Europa 2022/2023. (Fabio Ferrari/LaPresse via AP)

Duel raksasa Italia, Juventus, melawan tim asal Prancis, Nantes, berakhir dengan skor imbang 1-1.

Pertandingan antara Juventus yang berjuluk La Vecchia Signora atau Si Nyonya Tua melawan Nantes yang dijuluki Les Canaris atau The Canaries alias Si Burung Kenari, adalah duel duel leg pertama play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023, yang berlangsung di Allianz Stadium, Jumat (17/2/2023).

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri menurunkan skuad terbaiknya pada pertandingan ini.

Juve dominan di setiap aspek di lapangan, tapi Nantes melawan dengan pendekatan serangan balik cepat.

Kali ini Juve unggul terlebih dahulu lewat gol Dusan Vlahovic di menit ke-13. Sayangnya Juve gagal memanfaatkan momentum. Nantes membalas melalui aksi Ludovic Blas di menit ke-60.

Hasil imbang 1-1 ini terbilang bagus bagi Nantes yang bakal meladeni Juve di markas mereka dalam duel leg kedua pekan depan. Juve punya PR untuk meningkatkan efektivitas mereka.

Ludovic Blas layak dinobatkan sebagai pemain terbaik alias man of the match dari duel ini.

Satu gol Ludovic Blas di laga ini bisa berperan sangat besar pada peluang Nantes lolos ke putaran berikutnya. Dia berhasil menjaga asa Nantes dengan menghindari kekalahan.

Blas mengisi salah satu pos striker Nantes dengan sangat baik. Dia mencatatkan total 3 percobaan tembakan dan 5 percobaan dribel.

Nantes tidak banyak membawa bola di laga ini, tapi pergerakan Blas sudah cukup menyulitkan bek Juve. Dia bisa membuat 2 umpan kunci yang membuka peluang untuk rekannya.

Satu gol Blas di laga ini membuatnya layak terpilih sebagai man of the match. Terlebih dia telah memaksa Juve bermain imbang.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, mengatakan bahwa kekalahan timnya akibat pergerakan bola yang lambat.

Juventus alias Bianconeri memulai laga dengan baik dalam sirkulasi bola di babak pertama. Mereka berhasil mencatatkan 56 persen penguasaan bola dengan menciptakan satu gol hasil dari empat tembakan ke arah gawang.

Namun setelah unggul, Allegri merasa para pemainnya memainkan bola dengan aliran yang lambat. Itu membuat pola serangan Juventus semakin terbaca sekaligus membuka peluang bagi tim lawan.

“Kami bisa melakukannya lebih baik dengan cara kami menggerakkan bola. Setelah memimpin, kami berhenti, kami menggerakkan bola dengan gerakan lambat,” terang Allegri di Football Italia.

Juventus hanya mampu menciptakan dua tembakan ke arah gawang di babak kedua. Juve yang kurang cepat dalam sirkulasi bola akhirnya kesulitan Killing the Game dengan gol kedua mereka.

Lambatnya sirkulasi bola membuat Juve miskin peluang di babak kedua. Mereka bahkan harus kebobolan alih-alih menyelesaikan laga dengan gol kedua.

“Anda tidak dapat mengontrol bola di sebidang kecil rumput, anda harus memindahkannya, membuatnya bergerak dengan kecepatan lebih dari 1 mph (kilo meter per jam), bola kadang-kadang hanya menggelinding,” jelasnya.

“Begitu kami mulai bergerak dengan kecepatan, anda melihat bahwa kami menciptakan peluang mencetak gol,” tambah Allegri.

Tidak hanya mengurangi peluang tim, lambatnya pergerakan bola juga bisa menjadi momentum bagi lawan untuk merebut bola. Hal itu yang menjadi salah satu penyebab gol penyama kedudukan oleh Nantes.

“Angel Di Maria bisa melakukan tembakan, dia mencoba menggiring bola, maka lebih baik melakukan pelanggaran lebih awal. Itu datang, karena kami statis, kami menggerakkan bola terlalu lambat dan gol itu (Nantes) membangunkan kami,” ujar Allegri.

Allegri juga mengatakan bahwa timnya punya peluang untuk mencetak gol kedua mereka setelah skor imbang.

Wasit memberikan pelanggaran bagi Nantes dengan dasar dorongan Gleison Bremer alih-alih handsball di kotak penalti.

“Ada beberapa peluang untuk membuat skor menjadi 2-1, tapi kami harus konsisten dan mencetak lebih banyak gol, terutama di pertandingan ini,” ucapnya.

“Tidak ada gunanya menangisi susu yang tumpah (insiden Video Assistant Referee atau VAR) sekarang, itu tidak akan membantu sedikit pun. Kami perlu mendapatkan kualifikasi kami di Prancis,” tambah Allegri.

Karena hanya bisa bermain imbang dalam duel ini, Allegri mendapat kritik dari pundit sepak bola.

Pundit Italia menyebutkan bahwa Juventus ingin bermain bertahan dengan skor 1-0 saja.

Pundit Italia percaya bahwa tim asuhan Allegri tersebut memang tidak berniat menciptakan gol kedua untuk mengunci kemenangan.

Mendengar kritikan tersebut, Allegri marah besar pada para pundit Italia. Allegri merasa bahwa timnya selalu tampil penuh untuk mencetak gol sebanyak mungkin dengan pertahanan yang tak kalah kokoh.

“Saya tidak pernah mengatakan saya ingin Juve menang 1-0, Anda membuat saya gila dengan sampah ini. Ini klise bahwa saya ingin tim saya menang 1-0, tapi itu tidak akurat,” terang Allegri.

Allegri merasa para pundit Italia yang percaya dirinya hanya ingin menang dengan skor 1-0 memang kekurangan referensi.

Allegri dengan tegas mengatakan bahwa tidak ada niatan untuk menang dengan skor tertentu.

Allegri menyarankan para kritikus tersebut melihat statistik yang dicatatkannya selama menjadi pelatih. Allegri sesumbar bahwa tim asuhannya memiliki pertahanan terbaik dan nomor kedua dalam hal serangan.

“Sederhana saja, lihat semua statistik tim saya, saya selalu memiliki pertahanan terbaik dan serangan terbaik kedua. Anda tidak bisa lepas dari statistik. Lihatlah Milan dan Juventus, itu rekor saya!,” tegas Allegri.

Allegri yang geram dengan tuduhan tersebut tidak bisa menerima perlakuan para pundit Italia.

Dalam konferensi pasca laga usai, Allegri melancarkan serangan balik tentang pekerjaan yang para pundit itu lakukan.

“Tim saya selalu mencetak 70-80 gol per musim. Anda banyak mengobrol tentang apa-apa, saya berbicara tentang angka, itulah masalahnya.”

“Saya tahu Anda harus duduk di sana dan berbicara tentang apa pun untuk mengisi waktu, tetapi saya tidak melakukannya. Anda membayangkan ini, membuat cerita dan kemudian terus menyebarkannya,” tegasnya.

“Anda melihat hal-hal abstrak, saya melihat apa yang konkret. Anda memiliki semua statistik, lihatlah!,” cetus Allegri.

Meskipun gol sangat penting untuk mengamankan kemenangan, tetapi itu bukanlah hal yang utama. Kemenangan hanya akan dihitung tiga poin (di liga) tidak peduli berapapun gol yang dicetak.

Allegri selama ini berusaha membuat tim yang seimbang bersama Juventus. Allegri ingin timnya bisa mencetak gol setiap laga sekaligus kuat dalam bertahan.

“Dalam sepak bola, hanya ada satu hal yang diperhitungkan: memenangkan pertandingan. Tidak masalah apakah itu 1-0 atau 5-0. Meskipun demikian, faktanya tim saya selalu memiliki pertahanan terbaik dan serangan terbaik kedua,” terang Allegri.***

Susunan Pemain Juventus vs Nantes

Juventus (4-3-3) : Wojciech Szczesny; Mattia De Sciglio (73’ Juan Cuadrado), Danilo, Bremer, Alex Sandro; Nicolo Fagioli (63’ Filip Kostic), Leandro Paredes (63’ Manuel Locatelli), Adrien Rabiot; Angel Di Maria (73’ Matias Soule), Dusan Vlahovic (86’ Moise Kean), Federico Chiesa.

Pelatih: Massimiliano Allegri

Nantes (5-4-1) : Alban Lafont; Marcus Coco (77’ Charles Traore), Jean-Charles Castelletto (88’ Evann Guessand), Andrei Girotto, Nicolas Pallois (83’ Sebastien Corchia), Fabien Centonze; Ludovic Blas, Moussa Sissoko, Pedro Chirivella (77’ Florent Mollet), Samuel Moutoussamy; Mostafa Mohamed (77’ Moses Simon).

Pelatih: Antoine Kombouare.

 

Hasil Lengkap Leg Pertama Play Off Knock Out Liga Europa 2022/2023

Jumat, 17 Februari 2023

00:45 WIB – Ajax 0-0 Union Berlin

00:45 WIB – Barcelona 2-2 Manchester United

00:45 WIB – Salzburg 1-0 AS Roma

00:45 WIB – Shakhtar Donetsk 2-1 Rennes

03:00 WIB – Bayer Leverkusen 2-3 Monaco

03:00 WIB – Juventus 1-1 Nantes

03:00 WIB – Sevilla 3-0 PSV

03:00 WIB – Sporting CP 1-1 Midtjylland

 

Rekap Hasil Play-off Liga Europa 2022/2023 Leg Ke-1

Salzburg 1-0 AS Roma

(Nicolas Capaldo 88’)

 

Barcelona 2-2 Manchester United

(Marcos Alonso 50’, Raphinha 76’; Marcus Rashford 52’, Jules Kounde (OG) 59’)

 

Ajax 0-0 Union Berlin

 

Shakhtar Donetsk 2-1 Rennes

(Dmytro Kryskiv 11’, Artem Bondanrenko (P) 45’; Karl Toko Ekambi 59’)

 

Sevilla 3-0 PSV Eindhoven

(Youssef En-Nesyri 45+2’, Lucas Ocampos 50’, Nemanja Gudelj 55’)

 

Sporting 1-1 Midtyjlland

(Sebastian Coates 90+4’; Emam Ashour 77’)

 

Juventus 1-1 Nantes

(Dusan Vlahovic 33’; Ludovic Blas 60’)

 

Leverkusen 2-3 AS Monaco

(Moussa Diaby 48’, Florian Wirtz 59’; Lukas Hradecky (OG) 9’, Krepin Diatta 74’, Axel Disasi 90+2’)

 

Rekap Hasil Play-Off Liga Europa 2022/2023

Barcelona dan MU Sama Kuat

Jumat 17 Februari 2023, ada delapan pertandingan seru, termasuk Barcelona vs Manchester United.

Persaingan Liga Europa memang sedikit berbeda dari Liga Champions. Berawal dari 32 tim di fase grup, hanya para juara grup yang berhak lolos langsung ke babak 16 besar.

Nah, tim-tim yang finis sebagai runner-up harus terlebih dahulu menempuh babak play-off sebelum 16 besar.

Babak ini akan mempertemukan tim-tim peringkat tiga Liga Champions melawan runner-up grup Liga Europa dalam duel dua leg untuk berebut satu tiket ke 16 besar.

Sesuai prediksi, duel antara eks Liga Champions dan runner-up Liga Europa kali ini menyajikan banyak laga-laga seru. Ada delapan laga yang dimainkan dalam duel leg pertama tadi dan total ada 20 gol tercipta.

Masih ada leg kedua pekan depan, jadi peluang masing-masing tim masih terbuka.

Hasil Salzburg vs AS Roma: Skor 1-0

Tim dari Austria, Slazburg tampil tangguh untuk membekuk salah satu raksasa Italia, AS Roma dengan skor tipis 1-0 dalam duel leg pertama play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023, Jumat (17/2/2023) dini hari WIB.

Bertandang ke Red Bull Arena, AS Roma masih dianggap lebih unggul. Di atas kertas skuad Jose Mourinho masih lebih baik daripada tim tamu, tapi faktanya di lapangan tidak demikian.

Salzburg tampil lebih dominan dan lebih banyak menyerang. AS Roma yang berjuluk Giallorossi memberikan perlawanan sepadan, tapi bermasalah dalam ritme dan penyelesaian akhir.

Laga tampak akan berakhir tanpa gol, sampai akhirnya Nicolas Capaldo memecah kebuntuan di ujung laga (88’). AS Roma yang juga dijuluki I Lupi atau Seriga Ibu Kota, kehabisan waktu untuk mencetak gol balasan.

Kemenangan 1-0 ini bakal jadi modal berharga untuk Salzburg ketika menyambangi Roma dalam duel leg kedua pekan depan.

Hasil Barcelona vs Manchester United: Skor 2-2

Tidak ada pemenang pada leg pertama play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023 antara Barcelona dan Manchester United.

Pertandingan yang berlangsung di Camp Nou itu berakhir dengan skor sama kuat 2-2, Jumat (17/2/2023) WIB.

Seluruh gol tercipta di babak kedua, setelah di babak pertama sejumlah peluang emas digagalkan masing-masing kiper.

Barcelona mencetak gol pembuka lewat sundulan Marcos Alonso di menit ke-50, dan gol penutup di pertandingan ini via Raphinha pada menit ke-76.

Sedangkan Man United sendiri mencetak dua gol di antaranya, masing-masing lewat Marcus Rashford pada menit ke-53, dan bunuh diri Jules Kounde di menit ke-59.

Hasil ini membuat pertemuan di leg kedua yang berlangsung di Old Trafford akan sangat menentukan. Masing-masing tim masih harus memenangi laga tanpa syarat apapun.

Hasil Juventus vs Nantes: Skor 1-1

Juventus ditahan imbang Nantes dalam duel leg pertama play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023. Duel di Allianz Stadium, Jumat (17/2/2023) ini berakhir imbang dengan skor 1-1.

Massimiliano Allegri menurunkan skuad terbaiknya pada pertandingan ini. Juve dominan di setiap aspek di lapangan, tapi Nantes melawan dengan pendekatan serangan balik cepat.

Kali ini Juve unggul terlebih dahulu lewat gol Dusan Vlahovic di menit ke-13. Sayangnya Juve gagal memanfaatkan momentum. Nantes membalas melalui aksi Ludovic Blas di menit ke-60.

Hasil imbang 1-1 ini terbilang bagus bagi Nantes yang bakal meladeni Juve di markas mereka dalam duel leg kedua pekan depan. Juve punya PR untuk meningkatkan efektivitas mereka.***

 

Rekap Hasil Play-off Liga Europa 2022/2023 Leg Ke-1

Salzburg 1-0 AS Roma

(Nicolas Capaldo 88’)

 

Barcelona 2-2 Manchester United

(Marcos Alonso 50’, Raphinha 76’; Marcus Rashford 52’, Jules Kounde (OG) 59’)

 

Ajax 0-0 Union Berlin

 

Shakhtar Donetsk 2-1 Rennes

(Dmytro Kryskiv 11’, Artem Bondanrenko (P) 45’; Karl Toko Ekambi 59’)

 

Sevilla 3-0 PSV Eindhoven

(Youssef En-Nesyri 45+2’, Lucas Ocampos 50’, Nemanja Gudelj 55’)

 

Sporting 1-1 Midtyjlland

(Sebastian Coates 90+4’; Emam Ashour 77’)

 

Juventus 1-1 Nantes

(Dusan Vlahovic 33’; Ludovic Blas 60’)

 

Leverkusen 2-3 AS Monaco

(Moussa Diaby 48’, Florian Wirtz 59’; Lukas Hradecky (OG) 9’, Krepin Diatta 74’, Axel Disasi 90+2’).

 

Jadwal Pertandingan Knockout Play-off Liga Europa 2022/2023 Leg Ke-2

Jumat, 24 Februari 2023

00.45 WIB | PSV vs Sevilla

00.45 WIB | Nantes vs Juventus

00.45 WIB | Midtyjlland vs Sporting

00.45 WIB | AS Monaco vs Leverkusen

03.00 WIB | Union Berlin vs Ajax

03.00 WIB | AS Roma vs Salzburg

03.00 WIB | Rennes vs Shakhtar Donetsk

03.00 WIB | Man United vs Barcelona

 

Tim Menunggu Di Babak 16 Besar Liga Europa 2022/2023

Delapan tim yang memenangi babak play-off bakal melanjutkan langkah ke babak 16 besar Liga Europa dan berhadapan dengan para juara grup UEL 2022/2023 yang sudah lolos terlebih dahulu, di antaranya:

Arsenal

Betis

Fenerbahçe

Ferencvaros

Feyenoord

Freiburg

Real Sociedad

Union Saint-Gilloise

Delapan tim di atas akan kembali menjalani drawing dengan delapan tim pemenang babak play-off. Selanjutnya kompetisi dilanjutkan ke babak 16 besar.

 

Top Skor Liga Europa 2022/23

4 gol

Marcus Rashford (Man united)

Vitinha (Braga)

Santiago Gimenez (Feyenoord)

 

3 gol

Anastasios Bakasetas (Trabzonspor)

Cody Gakpo (PSV)

Luca Pellegrini (Roma)

Rick (Ludogorets)

Gustav Isaksen (Midtjylland)

Michael Gregoritsch (Freiburg)

Martin Terrier (Rennes)

Victor Boniface (Union SG)

Joey Veerman (PSV).

 

Jadwal Pertandingan Knockout Play-off Liga Europa 2022/2023 Leg Ke-2

Jumat, 24 Februari 2023

00.45 WIB | PSV vs Sevilla

00.45 WIB | Nantes vs Juventus

00.45 WIB | Midtyjlland vs Sporting

00.45 WIB | AS Monaco vs Leverkusen

03.00 WIB | Union Berlin vs Ajax

03.00 WIB | AS Roma vs Salzburg

03.00 WIB | Rennes vs Shakhtar Donetsk

03.00 WIB | Man United vs Barcelona.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Pemerintah Beri WIUPK Kepada Ormas Keagamaan; KIARA: Praktik Penciptaan Konflik Horizontal Antar Masyarakat Yang Menolak Tambang dengan Ormas Keagamaan!

Pada tanggal 30 Mei 2024, Presiden Joko Widodo