Lakukan Pertemuan Khusus, Pemerintahan Jokowi Tawarkan 9 Proyek Raksasa Ke Cina

Sebanyak Sembilan Proyek Infrastruktur Raksasa Ditawarkan Pemerintah Kepada Cina.

Pemerintahan Jokowi menawarkan Sembilan proyek raksasa dalam pembangunan infrastruktur ke Cina.

Penawaran itu dilakukan dalam pertemuan pemerintah Indonesia ke pemerintah China. Dalam pertemuan dua delegasi negara dalam The 2nd High Level Economic Dialogue RI-RRT, kepada Negeri Tirai Bambu itu ditawarkan sebanyak sembilan proyek infrastruktur, di Jakarta, Senin (9/5/2016).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, melalui Asian Infrastructure Investtment Bank (AIIB) akan membantu membiayai proyek Infrastruktur.

“Ada sejumlah proyek infrastruktur yang akan dibiayai melalui AIIB,” ujar Darmin Nasution selaku Ketua Delegasi Indonesia, usai pertemuan.

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional, Rizal Affandi Lukman mengungkapkan, kesembilan proyek yang ditawarkan pemerintah Indonesia ke Negara Tirai Bambu itu, merupakan proyek khusus yang tidak dikerjasamakan dengan negara lain.

“Jadi ditawarkan khusus dengan China. Karena dengan Jepang kita sudah punya daftar proyek, Korea sudah ada. Nah, sekarang dengan China,” papar Rizal.

Pemerintah China, lanjut Rizal, merespon dengan sangat baik atas tawaran tersebut. Ke depan, tambah dia, pemerintah Indonesia siap menawarkan lagi proyek yang perencanaannya sudah matang ke pemerintah China.

“Bantuan (dari China) dalam bentuk pinjaman, Preferential Buyers Credit,” pungkas Rizal.

Selain itu, Pelaksana Tugas Deputi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Wahyu Utomo menambahkan, nilai dari sembilan proyek yang ditawarkan mencapai 2,5 miliar dollar AS.

“Ini kan pinjaman (kerjasamanya), jadi mungkin ada sebagian proyek yang Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), ada sebagian yang harus kita biayai dengan konstruksinya supaya kelayakan proyeknya meningkat,” ujar Wahyu.(Jimmi)

Adapun kesembilan proyek yang ditwarkan pemerintah tersebut adalah :

1. Jalan tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan Seksi I

2. Terowongan Balinka–Matur–Ngarai Sianok

3. Pengadaan material untuk pembangunan dan perawatan jembatan

4. Dam Multifungsi Pelosika

5. Dam Jenelata

6. Dam Rokan Hilir/Lompatan Harimau

7. Dam Multifungsi Jambo Aye

8. Dam Bonehulu

9. Pengadaan material rel kereta api

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan