Kurangi Beban Operasional Nelayan, PT Perta Daya Gas Bagi-Bagi Konverter Gratis, Anggota Pengarah Dewan Perubahan Iklim Nasional, Siswaryudi Heru: Nelayan Dukung Penggunaan Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Kurangi Beban Operasional Nelayan, Perta Daya Gas Bagi-Bagi Konverter Gratis, Anggota Pengarah Dewan Perubahan Iklim Nasional, Siswaryudi Heru: Nelayan Dukung Penggunaan Bahan Bakar Ramah Lingkungan.
Kurangi Beban Operasional Nelayan, Perta Daya Gas Bagi-Bagi Konverter Gratis, Anggota Pengarah Dewan Perubahan Iklim Nasional, Siswaryudi Heru: Nelayan Dukung Penggunaan Bahan Bakar Ramah Lingkungan.

Penggunaan bahan bakar yang ramah terhadap lingkungan harus terus digalakkan. Untuk lingkungan dan biota laut, konversi BBM ke gas perlu terus dilanjutkan.

Dalam rangka mengurangi beban operasional nelayan, PT Perta Daya Gas (PDG), yang merupakan gabungan perusahaan BUMN yakni PT Pertaminas Gas, Perusahaan Gas Negara dan Indonesia Power, akan membagi-bagikan konverter gas gratis kepada nelayan Indonesia.

Anggota Pengarah Dewan Perubahan Iklim Nasional, Siswaryudi Heru mengatakan, langkah Perta Daya Gas untuk membantu nelayan Indonesia berupa pembagian converter kits gratis patut diacungi jempol.

Proses konversi BBM ke gas masih terus dilakukan. “Memang kalau pakai BBM, Solar misalnya, polusinya sangat tinggi. Konversi BBM ke gas perlu terus didukung, agar nelayan kita juga turut menjaga kelestarian lingkungan,” tutur Siswaryudi Heru, di Jakarta, Jumat (01/11/2019).

Sebanyak 5000 converter kits tengah disediakan PT Perta Daya Gas untuk dibagi-bagikan kepada nelayan secara gratis. Selain mengurangi beban operasional nelayan, dikatakan Siswaryudi Heru yang juga Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan Pengurus Pusat Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT), pembagian konverter itu akan sangat membantu nelayan untuk mengatasi perubahan iklim dan merawat lingkungan laut.

“Untuk tahap awal, pembagian dilakukan kepada saudara-saudara kita nelayan yang di Bali. Bali sebagai percontohan. Sebab, Bali yang merupakan tempat kunjungan wisatawan manca Negara, juga harus menjaga kelestarian lingkungan laut kita,” tutur Siswaryudi Heru.

Koordinator Bidang Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) ini mengatakan, ke depan, seluruh nelayan di Indonesia perlu mengalihkan penggunaan BBM ke gas.

“Dan pembagian konverter gratis dari Perta Daya Gas akan memacu teman-teman nelayan untuk beralih. Selain itu, akan mengurangi beban operasional mereka,” ujarnya.

Wakil Ketua Komite Tetap (Wakomtap) Hubungan Antar Lembaga Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin)  ini mengatakan, untuk konsumsi gas sebagai bahan bakar melaut, nelayan tetap mempergunakan gas elpiji 3 kilogram.

Siswaryudi Heru berharap, kegiatan-kegiatan seperti yang dicanangkan PT Perta Daya Gas itu juga akan juga dilakukan perusahaan-perusahaan lainnya, lembaga-lembaga lainnya, dan juga instansi-instansi lainnya.

“Supaya nelayan kita terbantu. Lingkungan laut kita terjaga, dan meningkatkan tangkapan nelayan untuk juga meningkatkan kesejahteraan nelayan Indonesia,” ujar Siswaryudi Heru.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan