Kisah Fredy Napitupulu, Mundur Dari PNS Untuk Buka Startup Pendidikan

Kisah Fredy Napitupulu, Mundur Dari PNS Untuk Buka Startup Pendidikan. – Foto: Fredy Napitupulu. (Ist)
Kisah Fredy Napitupulu, Mundur Dari PNS Untuk Buka Startup Pendidikan. – Foto: Fredy Napitupulu. (Ist)

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang merupakan impian sebagian orang. Bagaimana tidak, memiliki pekerjaan yang dianggap terpandang, gaji yang cukup serta mendapatkan tunjangan yang cukup besar, merupakan hal yang paling diidamkan.

Tetapi itu semua ditinggalkan pria kelahiran Jakarta Selatan, 10 Oktober 1993 ini yakni Fredy Napitupulu.

Fredy yang merupakan lulusan Kampus Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) dengan Program Studi Pendidikan Diploma 1, Kepabeanan dan Cukai Tahun 2013, memilih mengorbankan jabatannya dengan mengundurkan diri dari PNS, demi mengembangkan usaha yang sedang ia rintis sejak di bangku perkuliahan.

Menurutnya, menjadi seorang pegawai negeri merupakan zona ternyaman. Bahkan sebelum mundur dari PNS ia pun mengaku kesulitan saat membuat keputusan tersebut. Sebab ia harus mempertimbangkan baik dan buruk saat ingin mengembangkan usahanya.

Pada akhirnya, Fredy memilih tetap untuk mengembangkan bisnisnya dan mengundurkan diri dari PNS pada tahun 2016.

Bisnis usaha yang ia rintis saat itu ialah Lembaga Pendidikan Non Formal di Luar Sekolah yaitu Bimbingan belajar untuk Persiapan Masuk Kampus PKN STAN dengan Brand Stanbrain Pendidikan Indonesia.

Setelah mengundurkan diri dari PNS, Fredy pun mulai fokus mengembangkan beberapa cabang di beberapa kota di Indonesia. Pada tahun 2018, Fredy berhasil menggandeng Mantan Direktur STAN sebagai penasehat dan pembimbing di Perusahaan miliknya. Hingga pada akhirnya bisnis yang ia geluti saat ini sudah memiliki 42 Cabang di seluruh wilayah Indonesia.

Fredy mengatakan kendala terbesar menjadi pengusaha, di mulai dari titik pertama saat ia memutuskan untuk memulai bisnis tersebut.

“Kendala terbesar saat itu ya kesiapan diri sendiri, percaya atau tidaknya dengan bisnis yang akan digeluti. Dan mau gak nih mengambil risiko yang dihadapi” katanya.

Semenjak itu, banyak perubahan yang terjadi pada bisnis usahanya. Sebelumnya ia hanya memfokuskan bisnisnya bertujuan untuk membantu dan melatih calon mahasiswa baru untuk persiapan masuk kampus PKN STAN.

Saat ini, Fredy telah mengembangkan bisnisnya menjadi perusahaan Startup melalui Bimbingan Belajar UTBK, CPNS, Masuk Kampus PKN STAN dan Kedinasan lainnya. Dengan Brandnya yang benama Stanbrain.

Saat ini, selain ia sudah memiliki 42 Cabang di Indonesia, ditangannya kini sudah lebih dari 3000 siswa berhasil masuk ke kampus favorit dan ia sudah memiliki 1000 karyawan yang bekerja di Perusahaan miliknya PT Stanbrain Pendidikan Indonesia.

“Melalui pendidikan, kami percaya dapat mewujudkan impian impian anak Indonesia,” tandasnya.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan