Kini Bola Penegakan Hukum di Institusi Kejaksaan Ada Di Tangan ST Burhanuddin, Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan Segeralah Diusut Tuntas

Kini Bola Penegakan Hukum di Institusi Kejaksaan Ada Di Tangan ST Burhanuddin, Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan Segeralah Diusut Tuntas. (Foto: Ketua Minut Connection, Sulut, Yohan Noldi Awuy dan Davi, di Gedung Bundar Jampidsus, Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Jakarta, Senin 13 Januari 2020-Ist)
Kini Bola Penegakan Hukum di Institusi Kejaksaan Ada Di Tangan ST Burhanuddin, Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan Segeralah Diusut Tuntas. (Foto: Ketua Minut Connection, Sulut, Yohan Noldi Awuy dan Davi, di Gedung Bundar Jampidsus, Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Jakarta, Senin 13 Januari 2020-Ist)

Sejak pagi, perwakilan masyarakat daerah Minahasa Utara sudah di Gedung Bundar. Demikian pula para awak media yang sedang menunggu proses-proses penyelidikan dan penyidikan, sudah menunggu berjam-jam. Belum ada sahutan dari Jampidsus maupun para petinggi Kejaksaan Agung.

Kasubbid Penerangan Hukum dan Media Massa di Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Puspenkum) Sony Adhyaksa menyampaikan, ada sejumlah perkara kakap yang sedang ditangani Kejaksaan Agung di Jampidsus.

Namun, dirinya belum bisa memastikan, apakah pengumpulan sejumlah pimpinan Kejaksaan dari daerah itu dalam rangka ekspose besar-besaran sejumlah perkara kakap di daerah-daerah tersebut.

“Yang pasti, saat ini yang sedang gencar digarap adalah kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Jadwal pemanggilan saksi terhadap tujuh orang sudah dilakukan hari ini,” tutur Sony Adhiyaksa, Senin (13/01/2020).

Sony mengatakan, dirinya akan mencari informasi ke dalam Pidsus, mengenai pertemuan besar-besaran sejumlah Kepala Kejaksaan Tinggi dari daerah dengan Jampidsus itu. “Nanti saya minta informasinya dulu ke dalam,” ujarnya.

Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus (Jampidsus) M Adi Toegarisman, belum merespon dan belum memberikan tanggapan. Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta (Kajati DKI) ini diinformasikan akan mengalami masa purna tugas atau pensiun pada bulan Februari 2020 nanti.

Sejak menjadi Jampidsus, M Adi Toegarisman diketahui belum pernah menuntaskan satu pun perkara kakap. Masih banyak tumpukan perkara di Pidsus yang menantikan pengusutan tuntas. Apakah di sisa masa tugasnya yang sebentar lagi ini Jampidsus M Adi Toegarisman mau dan mampu menuntaskan sejumlah perkara itu? M Adi Toegarisman belum memberikan respon.

Sekitar Pukul 16.00 WIB, semua rombongan para Kajati dari daerah itu keluar dari Gedung Bundar. Tanpa memberikan keterangan yang memadai. Mereka mengaku sedang diminta untuk datang ke ruangan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Nanti, nanti. Nanti saja. Kami semua dipanggil ke ruangan Pak Jaksa Agung sekarang,” tutur salah seorang Jaksa dari rombongan yang keluar Gedung Bundar itu.

Sedangkan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum) Hari Setiyono, juga tidak merespon. “Nampaknya lagi sibuk rapat staf,” ujar salah seorang pegawai Puspenkum Kejaksaan Agung.(JR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*