Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta: Indonesia Butuh Kader GAMKI Yang Bukan Sontoloyo

Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta Jhon Roy P Siregar: Minta Merdeka dan Terus Memanas, Sebaiknya Ibukota Negara Dipindahkan ke Papua Saja.
Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta Jhon Roy P Siregar: Minta Merdeka dan Terus Memanas, Sebaiknya Ibukota Negara Dipindahkan ke Papua Saja.

Jelang perhelatan Kongres Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) ke-11, harapan akan munculnya kepemimpinan baru di tingkat nasional terus bergulir.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPD GAMKI) DKI Jakarta, Jhon Roy P Siregar berharap, organisasi kepemudaan Kristen terbesar di Indonesia ini mampu memilih kader terbaiknya untuk membawa organisasi kembali pada roh perjuangannya.

Selain sosok yang mumpuni, kemampuan organisatoris yang bagus, kepemimpinan dan manajerial yang oke, GAMKI juga sangat membutuhkan konsolidasi yang solid.

“Sehingga, kita tidak mau asal-asalan memilih nama-nama yang muncul, yang kebanyakan numpang tenar, berpikiran sempit, yang hanya mementingkan diri sendiri. GAMKI tidak butuh itu. GAMKI harus kembali ke roh perjuangannya. Kembali ke-khittah-nya, begitu istilah saudara-saudara kita di Nahdatul Ulama. GAMKI harus mau dan bisa melayani gereja. Jangan pilih yang sontoloyo,” tutur Jhon Roy P Siregar, di Jakarta, Kamis (10/08/2019).

Ketika ditanyakan mengapa pesimis dengan sejumlah nama yang beredar sebagai bakal calon Ketua Umum DPP GAMKI untuk periode berikutnya, Jhon Roy P Siregar enggan menyampaikannya. Sebab, satu per satu nama-nama yang ngotot mencalonkan diri itu, tidak layak.

“Ada yang kepedean dan ambisius. Masa hanya karena baru bisa bikin sebiji lembaga, terus merasa diri sudah bisa jadi Calon Ketum GAMKI? Kan sontoloyo itu namanya. Juga, ada yang sudah udzur usianya, masih aja kepengen memimpin organisasi kaum muda. Tidak akan terjadi kaderisasi dong. Ada juga yang gagal memimpin organisasi mahasiswa, namun kepedean pula mau calon Ketum. Ada yang meninggalkan tumpukan utang organisasi, kepengen juga jadi caketum. Mau jadi apa GAMKI ke depan jika orang-orang begitu yang mau dipilih?” tutur mantan Aktivis Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) ini.

Meski begitu, mantan fungsionaris Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) ini mengatakan, masih ada satu dua bakal calon Ketua Umum DPP GAMKI dan calon Sekretaris Umum DPP GAMKI yang masih mau kembali ke-khittah-nya.

Oleh karena itu, dia berharap, para peserta Kongres GAMKI ke-11 jangan sampai salah pilih. “Dari DPD GAMKI DKI Jakarta saja, ada beberapa nama yang direkomendasikan, dan yang kami uji bisa dan mampu menjadi Ketum dan Sekum DPP GAMKI ke depan. Pokoknya bukan yang sontoloyo deh,” tutup Siregar.

Sebelumnya, Mantan Ketua DPP GAMKI Pendeta Saut Hamonangan Sirait menegaskan, GAMKI adalah gereja yang tidak berbentuk fisik sebagaimana gereja yang selama ini dikenal orang. GAMKI, menurut Pdt Saut Hamonangan Sirait, adalah gerakan Kristiani yang mengedepankan Cinta Kasih dan pelayanan umat manusia, tanpa sekat-sekat, yang tidak terjebak pada sektarianisme.

“GAMKI dan gereja-gereja di Indonesia, harus melayani. Menjadi social gospel di masyarakat, di Bangsa dan Negara ini,” tutur Pdt Saut Hamonangan Sirait.

Hal itu pun telah ditegaskan mantan Komisioner Bawaslu RI ini, ketika berbicara pada Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPD GAMKI) DKI Jakarta Periode 2019-2022, di Grha Oikumene PGI, Jalan Salemba Raya 10, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 27 Juli 2019 lalu,.

“Spirit Kristiani seharusnya ada di GAMKI ya social gospel tadi. Spirit yang seperti itulah yang dibutuhkan oleh masyarakat kita,” ujar Pdt Saut Hamonangan Sirait.

Kongres GAMKI ke-11 digelar pada 1-4 Agustus 2019, di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Rencananya, sekitar 32 Dewan Pengurus Daerah (DPD) GAMKI seluruh Indonesia akan hadir untuk mengevaluasi kinerja selama 3 tahun GAMKI. Kongres ini juga akan menentukan gerak dan langkah GAMKI untuk 3 tahun ke depan.

Jelang Kongres, sudah beredar nama-nama calon Ketua Umum DPP GAMKI yang akan menggantikan Michael Wattimena. Politisi Partai Demokrat ini sudah dua periode menduduki jabatan Ketua Umum.

Beberapa nama yang beredar, diantaranya, Anggota DPR RI PDIP Dapil Sumut 3 Bob Andika Mamana Sitepu, Anggota DPR RI PDIP Dapil Jakarta Timur Sondang Debora Tiar Tampubolon, Fungsionaris DPP PDIP Sandi Ebenezer Situngkir, Mantan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Sumatera Utara Putri Badikenita Sitepu, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) terpilih dari Papua Barat, Mamberob Yosephus Rumakiek, Mantan Ketua Umum GMKI Sahat Martin Philip Sinurat, Ketua DPD GAMKI Sumatera Utara Landen Marbun, Ketua Bidang OKK DPP GAMKI Dikson Siringo-ringo dan Fungsionaris DPP GAMKI Sherley Wattimena.(Nando)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan