Kendalikan dan Manfaatkan, Transfer Teknologi dari TKA Terus Dilakukan

Kendalikan dan Manfaatkan, Transfer Teknologi dari TKA Terus Dilakukan

- in DAERAH, DUNIA, EKBIS, NASIONAL
358
0
Kendalikan dan Manfaatkan, Transfer Teknologi dari TKA Terus Dilakukan. - Foto: Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, Direktur Pengendalian Penggunaan Tenaga Kerja Asing Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Direktorat PPTKA), Haryanto bersama Bupati Morowali, serta jajaran Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia mengikuti peletakan batu pertama Pembangunan Training Ground di Kawasan Industri Nikel, di Morowali, Sulawesi Tengah, pada Kamis (25/11/2021).(Ist)Kendalikan dan Manfaatkan, Transfer Teknologi dari TKA Terus Dilakukan. - Foto: Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, Direktur Pengendalian Penggunaan Tenaga Kerja Asing Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Direktorat PPTKA), Haryanto bersama Bupati Morowali, serta jajaran Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia mengikuti peletakan batu pertama Pembangunan Training Ground di Kawasan Industri Nikel, di Morowali, Sulawesi Tengah, pada Kamis (25/11/2021).(Ist)

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia wajib melakukan pengendalian kehadiran Tenaga Kerja Asing (TKA) di Tanah Air.  

Selain itu, kehadiran TKA itu juga harus mampu meningkatkan kualitas Tenaga Kerja Indonesia lewat transfer knowledge atau pengetahuan dan keahlian. 

Direktur Pengendalian Penggunaan Tenaga Kerja Asing Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Direktorat PPTKA), Haryanto, menyampaikan, selain harus dikendalikan, kehadiran Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia harus bisa dimanfaatkan bagi kemajuan masyarakat dan bangsa. 

Menurut Haryanto, pemanfaatan Tenaga Kerja Asing (TKA) serta fungsi dan peran pengendalian harus dilakukan, termasuk pengendalian dari segi jumlah mau pun aspek pengendalian jabatan. 

Hal itu ditegaskan Haryanto, saat mengikuti peletakan batu pertama Pembangunan Training Ground di Kawasan Industri Nikel, di Morowali, Sulawesi Tengah, pada Kamis (25/11/2021). 

“Pengendalian TKA merupakan tugas pokok kami. Di dalamnya terdapat kontrol terhadap pengendalian jumlah TKA yang akan bekerja, pengendalian terhadap jabatan yang akan diduduki. Semua dilakukan hak uji melalui penilaian kelayakan seraya memperhatikan penyerapan pekerja dan implementasi transfer teknologi,” tutur Haryanto. 

Selain fungsi pengendalian TKA, Direktorat PPTKA juga memiliki peran pengendalian alih teknologi dan ahli keahlian. 

Haryanto menegaskan, salah tujuan utama penggunaan TKA yakni transfer knowledge. 

“Pemerintah menargetkan pengetahuan serta teknologi maju yang dimiliki TKA dapat disalurkan dan diserap oleh Tenaga Kerja Indonesia melalui Program Tenaga Kerja Pendamping,” tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah bersama Haryanto mengikuti peletakan batu pertama untuk pembangunan Training Ground di Kawasan Industri IMIP.  

Hal itu menjadi salah satu langkah dalam proses alih keahlian dan alih teknologi kepada Tenaga Kerja Indonesia. 

Sedangkan Chief Executive Officer (CEO) PT IMIP, Alexander Barus mengatakan, pembangunan Training Ground itu sangat diperlukan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. 

“Program training ini dibangun sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM. Selain untuk meningkatkan keahlian, juga pengembangan pemahaman teknologi di dunia industri,” tutur CEO PT IMIP Alexander Barus. 

Peletakan batu pertama pembangunan Training Ground di Kawasan Industri Nikel IMIP Morowali Sulawesi Tengah dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, bersama Bupati Morowali, serta jajaran Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.(J-RO) 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Aroma Money Politics Sangat Terasa di Bangka Belitung, Tokoh Masyarakat Ingatkan Petugas Awasi Lapas dan Pelosok Pada Pencoblosan Pemilu 2024

Salah seorang Tokoh Masyarakat Bangka Belitung, Bujang Musa,